Sukses

DPD Golkar Jatim: Peluang Airlangga Diusung KIB Jadi Capres 2024 Sangat Terbuka

Dia yakin jika sudah mulai masa kampanye, elektabilitas Airlangga bisa berada di puncak.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPD Golkar Jawa Timur, Sarmuji mengungkapkan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) berpeluang besar dan optimistis Airlangga Hartarto memenangkan Pilpres 2024.

Sarmuji menyampaikan, pembicaraan terkait capres dari KIB merupakan kewenangan tiga ketua umum partai. Yakni Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum PPP Suharso Monoarfa, termasuk Ketum Golkar Airlangga Hartarto.

“Ketua umum di KIB membicarakan bertiga saja, Pak Airlangga, Pak Suharso, Pak Zulhas, membicarakan siapa di antara mereka yang dicalonkan jadi presiden,” kata Sarmuji saat ditemui wartawan di Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

“Peluang Pak Airlangga diusung KIB menjadi presiden itu jadi sangat terbuka,” sambung dia.

Sarmuji menyampaikan, pihaknya memiliki keyakinan bisa memenangkan Pilpres 2024 jika muncul empat poros dalam Pemilu 2024.

“Kalau urusan menang kami punya keyakinan. Kesempatan menang juga besar apalagi kalau calonnya empat,” ujar Sarmuji.

Terkait elektabilitas Airlangga Hartarto yang masih rendah, menurutnya karena belum melakukan persiapan menuju 2024. Dia yakin jika sudah mulai masa kampanye, elektabilitas Airlangga bisa berada di puncak.

“Kenapa sekarang kelihatan surveinya rendah, ya karena memang belum prepare,” ungkapnya.

Menurutnya, baik PPP maupun PAN juga senada dengan Golkar untuk urusan elektabilitas. Sarmuji juga mengaku pihaknya tak ingin terburu-buru melakukan mendeklarasikan capres-cawapres dalam waktu dekat.

“Kalau nanti deklarasi dan terutama memang pak Airlangga maju sebagai capres, suara pileg yang 12 persen itu otomatis sebagian besar akan terkonversi menjadi suara Airlangga,” kata Sarmuji.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bukan Usung Ganjar

Sementara itu Ketua DPP PPP Syarifah Amelia menegaskan bahwa Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) dibangun bukan untuk mengusung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) di pemilu 2024.

"Tentu tidak benar. Karena yang pertama, marwah kita adalah mendukung kader-kader internal," kata Amelia, saat diwawancarai di Jakarta Selatan, Jumat (24/6).

Lebih lanjut, Amelia mengatakan, di dalam KIB memiliki sosok terbaik yang siap diusung untuk menjadi capres diantaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua PPP Suharso Monoarfa.

"Kemudian juga beberapa waktu lalu PDIP menegaskan bahwa kader-kadernya itu tidak membukakan pintu untuk diusung oleh koalisi atau partai lain, sehingga ini jawaban dari kedua belah pihak sudah menutup pintu untuk itu," ungkapnya.

Nama Ganjar Pranowo sendiri saat ini masuk pengusungan Partai NasDem sebagai bakal calon presiden di 2024.

Tak hanya Ganjar, Partai NasDem juga mengusungkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

 

Alma Fikhasari/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.