Sukses

Belum Ada Capres yang Diusung, KIB Ibarat Pemain Tanpa Bola

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, strategi KIB dengan terlebih dulu membuat koalisi dengan partai tanpa sosok calon presiden diibaratkan pemain tanpa bola.

Liputan6.com, Jakarta - Teka-teki siapa sosok diusung sebagai calon presiden dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) masih tanda tanya. Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno menilai, strategi KIB dengan terlebih dulu membuat koalisi dengan partai tanpa sosok calon presiden diibaratkan pemain tanpa bola.

“KIB itu seperti orang main bola yang bergerak tanpa bola. Mereka berkoordinasi, belum ketahuan siapa yang akan bikin gol,” kata Adi saat Talkshow Komunikasi Informasi (LKI) yang dihelat oleh Partai Golkar di Jalan Cikajang, Jakarta Selatan, Jumat (24/6/2022).

Namun, strategi diusung KIB menurut Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta ini adalah hal yang baik.

Sebab, jika masing-masing dari mereka malah menonjolkan sosok kadernya masing-masing untuk menjadi calon presiden, maka KIB dipastikan segera bubar.

“Jika masing-masing meng-endorse masing-masing dari Capresnya, maka akan bubar jalan,” yakin Adi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Matangkan Strategi

Kembali pada permainan bola, Adi mengibaratkan saat ini partai selain koalisi KIB tengah berusaha menentukan siapa pencetak gol untuk Pilpres 2024.

Namun terhadap KIB, justru sebaliknya, mereka tengah mematangkan strategi pada masing-masing posisi baik itu gelandang, pemain bertahan atau pun menyerang agar siapa pun dapat mencetak gol.

“KIB bergerak tanpa bola mereka sulit dibaca, karena ke depan orang akan lihat bagaimana KIB mengurai isu-isu besar, seperti politik identitas dan pengentasan pengangguran,” Adi memungkasi.

3 dari 3 halaman

Siapa Capres KIB?

Seperti diketahui, hingga hari ini koalisi yang digawangi oleh tiga partai yakni Golkar, PPP dan PAN belum mendapuk sosok calon presiden yang akan diusung untuk Pemilu 2024.

Kendati, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan mengumumkan hal tersebut pada waktu yang tepat.

"Belum untuk sekarang," ucapnya di Jakarta, Minggu malam 19 Juni 2022.

Pernyataan itu disampaikan Airlangga saat menanggapi Partai NasDem yang mengusung tiga nama sebagai bakal kandidat capres.

"(Capres) KIB diumumkan nanti pada waktunya," dia memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.