Sukses

Waspada Banjir Rob Jumat 24 Juni 2022 Malam Ini di Pesisir Utara Jakarta

BPBD mengeluarkan peringatan terjadinya pasang maksimum air laut yang dapat menyebabkan banjir rob di pesisir utara Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengeluarkan peringatan terjadinya pasang maksimum air laut yang dapat menyebabkan banjir rob di pesisir utara Jakarta. Banjir rob ini berpotensi terjadi pada pukul 19.00-22.00 WIB, Jumat (24/6/2022).

Warga pesisir DKI Jakarta, yakni di Pademangan, Penjaringan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu, diimbau waspada terhadap peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang berpotensi menyebabkan terjadinya banjir pesisir.

"Masyarakat pesisir pantai diimbau agar dapat mengantisipasi dampak pasang maksimum air laut," dikutip dari akun resmi Instagram @bpbddkijakarta, Jumat, (24/6/2022).

Hal tersebut berdasarkan informasi BMKG Stasiun Meteorolgi Kelas I Maritim Tanjung Priok tentang Peringatan Dini Banjir Pesisir (ROB) wilayah Jakarta Utara pada 23-24 Juni 2022.

Banjir rob ini diakibatkan adanya aktivitas pasang air laut dan potensi peningkatan tinggi gelombang serta kecepatan angin, mempengaruhi dinamika pesisir di wilayah utara Jakarta dan Kepulauan Seribu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bisa Cek ke BMKG

Masyarakat di wilayah tersebut diminta untuk memantau informasi terkini mengenai gelombang air laut pada laman bpbd.jakarta.go.id/gelombanglaut. Bila menemukan keadaan darurat yang membutuhkan pertolongan, dapat menghubungi Jakarta Siaga di 112.

Selain itu, masyarakat dapat mengecek perkembangan pasang air laut terkini melalui kanal informasi BMKG pada Call Center BMKG Maritim Tanjung Priok di 0813 1676 0711.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.
    Banjir rob adalah banjir di tepi pantai karena permukaan air laut yang lebih tinggi daripada bibir pantai atau daratan di pesisir pantai.

    Banjir ROB

  • Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.
    Jakarta adalah Ibu Kota Republik Indonesia.

    Jakarta