Kabar Kesehatan Tjahjo Kumolo yang Terbaring Sakit dan Dirawat Intensif di RS

Oleh Maria Flora pada 25 Jun 2022, 15:30 WIB
Diperbarui 25 Jun 2022, 15:30 WIB
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo Raker dengan Komisi II DPR
Perbesar
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja bersama Komisi II DPR di Komplek Parlemen, Jakarta, Kamis (8/4/2021). Dalam rapat tersebut membahas mengenai pandangan pemerintah atas penjelasan DPR terkait RUU tentang ASN serta pembentukan Panja RUU tersebut. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo dikabarkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit.

Terkait sakit yang diderita hingga kini belum ada informasi. Namun, politikus PDIP tersebut dilaporkan tengah dirawat di intensive cara unit (ICU).

"Mohon doanya agar beliau segera sehat dan bugar," kata Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat yang membenarkan kondisi terkini Tjahjo Kumolo tersebut, Jumat (24/6/2022).

Selama menjalani perawatan, pemerintah kini menunjuk Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md untuk menempati posisi Tjahjo sementara sebagai MenPAN RB ad interim. Hal ini diungkap oleh Sekretaris Menpan RB Rini Widyantini dalam keterangannya hari ini, Jumat.

"Betul, Pak Menko menjadi Menpan RB ad interim," kata dia.

Sebelumnya, Tjahjo Kumolo diketahui tidak hadir saat Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II PDIP yang di Lenteng Agung, Jakarta, Selasa, 21 Juni kemarin.

Ketidakhadiran Tjahjo saat itu dan melihat kondisinya saat ini seakan menjawab absennya politikus PDIP tersebut dalam pembukaan Rakernas yang digelar di Sekolah Partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut.

Menurut Rini, Tjahjo telah masuk rumah sakit sejak sepekan lalu.

"Kami mohon doa dari bapak dan ibu sekalian, teman-teman media dan seluruh masyarakat Indonesia terkait kondisi kesehatan Bapak Tjahjo Kumolo. Semoga beliau segera membaik," kata Rini.

Berikut sederet kabar kondisi kesehatan MenPAN RB Tjahjo Kumolo yang kini tengah terbaring sakit dan dirawat intensif di RS:

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Tidak Koma

Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo
Perbesar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo.(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Sekretaris Kementerian PAN-RB Rini Widyantini menegaskan bahwa kondisi Tjahjo Kumolo saat ini tidak koma. 

"Beliau tidak koma, namun harus menjalani perawatan secara intensif sampai kondisi keseluruhan stabil dan membaik," ujar Rini di Jakarta, Jumat (24/6/2022).

Namun, Rini mengaku belum dapat menjelaskan penyakit yang diderita oleh Tjahjo. Rini meminta didoakan agar Tjahjo bisa segera sembuh.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat membenarkan kabar Tjahjo masuk rumah sakit.

"Benar, beliau (Tjahjo) lagi dirawat dan perlu istirahat," ujar Djarot saat dikonfirmasi, Jumat.

Djarot tidak menjelaskan penyakit yang dialami oleh Tjahjo. Ia meminta mendoakan mantan Sekjen PDIP itu agar segera sehat.


Gantikan Tjahjo, Mahfud Md Jadi Menpan RB Ad Interim

FOTO: Tjahjo Kumolo dan DPR Bahas Rekrutmen CPNS Tahun 2021
Perbesar
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (24/3/2021). Rapat kerja tersebut membahas rekrutmen CPNS tahun 2021. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Rini melanjutkan, untuk sementara waktu kinerja Tjahjo Kumolo akan digantikan oleh Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md.

Rini meminta kesediaan masyarakat Indonesia untuk mendoakan agar kondisi kesehatan Tjahjo Kumolo segera membaik dan dapat kembali bekerja membantu pemerintahan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Sebelumnya, dalam Rakernas II PDIP, Tjahjo tidak terlihat saat pembukaan di Sekolah Partai, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa 21 Juni lalu.

Sementara, sejumlah menteri PDIP menghadiri pembukaan, seperti Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri PPA Bintang Puspayoga, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 6 Cara Dukung Anak dengan Long Covid-19 Kembali ke Sekolah. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya