Ketika Megawati dan Puan Maharani Ditanya soal Nama Capres 2024 dari PDIP

Oleh Liputan6.com pada 24 Jun 2022, 07:35 WIB
Diperbarui 24 Jun 2022, 07:35 WIB
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri
Perbesar
Ketua Umum PDIP Megawati memesan semangkok bakso Malang kepada penjual dan duduk santai di sebuah kursi yang berada di depan penjual bakso usai menutup Rakernas II Partai. (Foto:Liputan6/Delvira)

Liputan6.com, Jakarta PDIP telah selesai menyelesaikan rangkaian Rapat Kerja Nasional atau Rakernas II 2021 yang diadakan tiga hari.

Namun, sang ketua umum Megawati Soekarnoputri masih menyembunyikan nama yang akan diusung partainya sebagai calon presiden untuk Pilpres 2024.

Usai penutupan, Megawati bersama Ketua DPP PDIP Puan Maharani serta Prananda Prabowo, dan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyantap bakso di halaman Sekolah Partai, tempat dilangsungkannya Rakernas II PDIP 2021.

Di sela-sela menyantap bakso, Puan dan Megawati kembali ditanya soal nama Capres 2024. Di mana sebelumnya, saat pidato penutupan Rakernas II PDIP, Megawati mengatakan masih menyembunyikan namanya.

Puan menyebut nama calon presiden PDIP sudah ada di hati ketua umum. Hanya saja belum waktunya dibuka ke publik.

"Ya udah ada dong pastinya cuma kan ada di dalem hati ibu ketum, belum bisa disampaikan," kata ketua DPR RI ini.

Saat ditanya wartawan lagi, Puan pun langsung meminta Megawati menjawabnya.

"Ibu ketum udah ada belum DPP yang tahu isi hati ibu soal capres?," tanya Puan melanjutkan pertanyaan para wartawan yang menanyakan soal pencapresan, Kamis 23 Juni 2022.

Mendengar hal tersebut, Megawati hanya menjawab singkat. "Coba tanya sama DPP-DPP-nya," jawab Megawati singkat.

Saat ditanya apakah Puan yang selaku jajaran DPP sudah tahu nama capres di hati Megawati, ia mengaku juga belum diberitahu.

"Tadi kan saya malah nanya," kata Puan.

 


Perhitungan Belum Selesa

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkap alasannya yang memilih tidak mau mengumbar nama Capres 2024 dari PDIP sejak dini.'

Megawati menyatakan bahwa ia sebagai Ketum memiliki banyak pertimbangan dan masih mengalkulasikan sosok capres-cawapres. Dan perhitungan itu belum selesai dilakukan saat ini.

"Saya sebagai ketua umum harus menghitung begitu, lho. Jadi, perhitungan saya belum selesai," kata Mega di Sekolah Partai PDIP, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Ketua DPP PDIP Puan Maharani yang mendampingi Mega lantas menimpali ucapan ibunya. "Masih pakai kalkulator, ya," ujar Puan.

 


Masih Disembunyikan

Sebelumnya, Megawati mengaku banyak menerima pertanyaan soal kapan dirinya bisa mengumumkan nama Capres-Cawapres 2024 dari PDIP.

Ketua Dewan Pengarah BPIP itu meminta semua pihak bisa bersabar tentang pengumuman sosok capres-cawapres dari PDIP.

Megawati mengatakan itu ketika berpidato saat penutupan Rekernas II 2021 di Sekolah Partai, Jakarta Selatan, Kamis.

"Ya, sabar sedikit. Orang waktunya masih dua tahun, lah. Ya, boleh, dong, saya umpetin terus," kata dia

Presiden Kelima RI itu kemudian mengaku sudah dari 1986 terjun ke politik, menurutnya mencari sosok presiden lebih mudah namun mencari pemimpin lebih sulit.

"Namun, yang sering saya renungkan adalah mencari sosok pemimpin," kata Megawati.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya