Sukses

Rekomendasi Lengkap Rakernas II PDIP untuk Pemilu 2024

Rakernas II PDI Perjuangan menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai.

Liputan6.com, Jakarta PDI Perjuangan (PDIP) telah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) II 2021, Kamis (23/6/2022) sore. Sejumlah rekomendasi dihasilkan dari rakernas kali ini. 

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran membacakan rekomendasi untuk pemenangan Pemilu 2024. 

Yang pertama, rekomendasinya adalah Rakernas II PDI Perjuangan menetapkan strategi pemenangan Pemilu 2024 dengan semangat gotong royong berbasis teritorial yang bertumpu pada kekuatan mesin partai dengan melibatkan seluas-luasnya petani, buruh, nelayan, pemuda-mahasiswa, perempuan, pemilih milenial, dan pemilih pemula.  

"Kedua, Rakernas II Partai merekomendasikan penyempurnaan sistem rekrutmen dan seleksi calon anggota DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota serta pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Partai," kata Sugianto di Aula Sekolah Partai PDIP, Jakarta. 

Penyempurnaan kualitas kader, lanjut Sugianto dilakukan melalui seleksi calon berdasarkan psikotes, kaderisasi di Sekolah Partai, dan penugasan kader Partai.

"Atas dasar hal tersebut, maka proses penjaringan, penyaringan dan penetapan Daftar Calon Anggota Legislatif di seluruh tingkatan dimulai pada bulan Agustus 2022," jelasnya. 

Sugianto membacakannya dihadapan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan para ketua DPP PDIP. Termasuk Kepala Pusat Analisa dan Pengendali Situasi PDIP M Prananda Prabowo serta Ketua DPP PDIP bidang politik Puan Maharani, Sekjen Hasto Kristiyanto, dan Bendahara Umum Olly Dondokambey.

Ada pun rekomendasi ketiga Rakernas PDIP menegaskan komitmen seluruh jajaran Dewan Pimpinan Partai (DPP) untuk terlibat secara aktif mengikuti seluruh ketentuan tahapan Pemilu secara detail dan bersungguh-sungguh, dimulai dari tahap pendaftaran hingga verifikasi. 

"Dan penetapan partai politik sebagai peserta pemilu hingga pemungutan, penghitungan, rekapitulasi, dan penetapan hasil Pemilu Serentak 2024," jelas Sugianto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

5 Agenda Strategis Hasil Rakernas PDIP

Yang keempat, Rakernas II Partai mendorong peningkatan kualitas pemilu. Berkaitan dengan hal tersebut, sistem dan pelaksanaan pemilu wajib menjamin terpenuhinya hak konstitusional warga negara untuk memilih melalui peningkatan integritas penyelenggara pemilu.  

"Rakernas II Partai juga menegaskan tahapan pemilu dilaksanakan secara efisien, efektif, dan akuntabel dengan mengedepankan keselamatan penyelenggara pemilu. Karenanya para penyelenggara pemilu diwajibkan membuat aturan terkait dengan integritas dan komitmen peserta pemilu bagi terwujudnya pemilu yang aman dan damai demi tetap tegaknya NKRI, Persatuan dan Kesatuan Bangsa," kata Sugianto. 

Sementara itu, Bendahara DPD PDIP Bali Dewa Made Mahayadnya membacakan lima agenda strategis partai hasil Rakernas II. 

Pertama adalah Rakernas II PDI Perjuangan menegaskan pentingnya pangan sebagai pilar kedaulatan perekonomian negara. 

"Berkaitan dengan hal tersebut, Rakernas II Partai merekomendasikan kepada pemerintah untuk mempercepat terwujudnya kedaulatan pangan, dimulai dari pengembangan benih unggul, peningkatan kualitas produksi, sistem distribusi yang berkeadilan, pencegahan konversi lahan pertanian produktif, dan hilirisasi industri pangan yang meningkatkan nilai tambah perekonomian nasional guna meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan," kata Mahadyadnya. 

Yang kedua, Rakernas II Partai mendukung Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) di dalam melakukan pengembangan benih unggul, dan makanan bergizi untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, dan keberdikarian di bidang pangan.

Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib mempercepat pembentukan Badan Riset Inovasi Daerah.

3 dari 4 halaman

Wajib Lakukan Gerakan Penghijauan

Adapun yang ketiga, Rakernas II Partai mencermati dampak pemanasan global dan kerusakan ekologi yang telah menyebabkan kenaikan permukaan air laut, bencana ekologi, krisis pangan, yang mengancam kelangsungan bumi dan seluruh kehidupan di dalamnya.   

"Berkaitan dengan hal tersebut, Tiga Pilar Partai wajib melakukan Gerakan Penghijauan secara berkesinambungan. Rakernas II Partai mendorong kebijakan afirmatif pemerintah di dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup melalui moratorium pembukaan hutan alam primer; pemberantasan ilegal logging dan reboisasi lahan-lahan kritis demi keberlanjutan ekologi," jelas Mahadyadnya. 

Yang keempat, lanjut dia, Rakernas II Partai mendorong Pemerintah untuk mengurangi ketergantungan impor di bidang kesehatan dan farmasi.

Berkaitan dengan hal ini, kegiatan riset dan inovasi, peningkatan kemampuan produksi obat-obatan dan alat-alat kesehatan dalam negeri, peningkatan kualitas tenaga kesehatan dan pembangunan infrastruktur kesehatan harus menjadi skala prioritas bagi kemandirian sistem kesehatan nasional. 

Sedangkan yang kelima, kata Mahadyadnya, Rakernas II Partai menempatkan pentingnya kedaulatan energi nasional.  

Berkaitan dengan hal tersebut, Rakernas II Partai mendorong pemerintah untuk mengakselerasi transisi energi dari ketergantungan pada energi fosil yang kotor ke pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan, seperti energi matahari, air, angin, dan bioenergi.

"Untuk memenuhi komitmen global mitigasi perubahan iklim, pemerintah perlu secara konsisten melakukan penghentian secara bertahan PLTU Batubara sesuai dengan umur kontrak dan sebaliknya mendorong pengembangan sumber-sumber energi terbarukan di seluruh Indonesia demi mewujudkan net zero emission tahun 2060 sebagaimana telah menjadi komitmen pemerintah," pungkas Mahadyadnya. 

4 dari 4 halaman

Penetapan Capres Berada di Tangan Megawati

Sebelumnya, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membacakan rekomendasi eksternal hasil Rakernas II PDIP pada hari terkahir Rakernas hari ini, Kamis.  

Mulanya Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang membacakan pembukaan awal rekomendasi. Kemudian di hadapan Ketum Megawati Soekarnoputri dan Ketua DPP PDIP Puan Maharani dan Prananda Paloh yang berada di meja pimpinan Rakernas, Hasto meminta Ganjar membacakan rekomendasi pada bagian Ideologi Pancasila, sistem politik, dan Pemilu 2024. 

"Karena sifatnya gotong royong 784 dan 5 untuk rekomendasi selanjutnya berkaitan ideologi Pancasila, sistem Politik dan Pemilu, kami minta Bapak Ganjar Pranowo ke depan membacakan rekomendasi," kata Hasto. 

Salah satu dari tujuh poin yang dibacakan Ganjar adalah penetapan capres PDIP berada di tangan Mega. 

"Rakernas II Partai menegaskan bahwa penetapan pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan diusung PDIP pada Pemilu 2024, berdasar keputusan kongres V, AD/ART, tradisi demokrasi partai adalah hak prerogatif ketua umum partai, Prof. DR (HC) Megawati Soekarnoputri," kata Ganjar membagikan poin keempat. 

Sesaat sebelum ganjar menyelesaikan pembacaan rekomendasi, para kader PDIP bertepuk tangan. 

Tepuk tangan kian meriah saat Ganjar menyebut nama Megawati. Nampak Puan, Prananda, Sekjen ikut bertepuk tangan, sementara Mega tidak ikut bertepuk tangan. 

Adapun rekomendasi rakernas PDIP terbagi tiga bagian dengan total 24 poin. Sementara, poin menyangkut capres hanya satu poin yang dibacakan Ganjar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.