Sukses

Surya Paloh Sebut Kemungkinan Berkoalisi dengan Demokrat Cukup Besar

Surya Paloh mengungkapkan, chemistry antara Nasdem dan Demokrat sudah terbangun. Hal itu menjadi modal untuk agenda politik ke depan.

 

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengungkapkan, peluang koalisi dengan Partai Demokrat cukup besar. Namun proses NasDem dan Demokrat untuk berkoalisi tak perlu terburu-buru.

"Kemungkinan (koalisi) itu ada. Cuma kan belum pada hari ini. Tapi kemungkinan itu ada," kata Paloh di NasDem Tower, Jakarta, Kamis (23/6/2022).

"Cukup besar (koalisi dengan Demokrat)," tambahnya.

Paloh mengungkapkan, chemistry antara Nasdem dan Demokrat sudah terbangun. Hal itu menjadi modal untuk agenda politik ke depan.

"Chemistry itu ada. Itu modal dasar yang bisa dikapitalisasi untuk sesuatu," ucap Paloh.

Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku hubungan partainya dengan Partai NasDem semakin hangat dan merekat. Menurut dia, hal itu dibuktikan dengan ruang yang diberikan oleh NasDem untuk membedah lebih dalam lagi soal politik.

“Kami terasa nyaman semakin hari semakin kuat. Kita bisa membedah lebih leluasa peta politik hari ini,” kata AHY saat jumpa pers usai bertemu Surya Paloh di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Kamis (23/6/2022).

Meski arah kedua partai ini semakin positif, AHY tetap mengingat pesan Surya Paloh untuk tidak terlalu terburu-buru. Sebab situasi politik saat ini masih sangat dinamis.

“Beliau (Surya Paloh) sering mengingatkan kita tidak boleh terburu-buru semuanya harus di update dengan baik karena memang inilah nature dari politik kita, begitu dinamis begitu penuh dengan kejutan misterius kadang-kadang. Tetapi Insya Allah dengan semakin dekat dan juga semakin sering kami bisa berkomunikasi dan bersilaturahmi maka akan semakin kuat lagi,” yakin AHY

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bahas Banyak Hal

Selain itu, AHY juga mengingat pesan dari Surya Paloh jika yang biasanya terburu maka akan berujung bubar. Karena itu, AHY memahami betul segala proses yang saat ini tengah coba dibangun antara partainya dengan NasDem.

“Kalau beliau (Surya Paloh) mengatakan, buat apa buru-buru? kemudian buru-buru bubar juga, lebih baik kita enjoy berproses kita semangat sekali makin lama makin hangat makin harmonis dalam arti semangatnya itu makin bertemu dan Insya Allah tentu ketika ada ruang dan momentum yang baik,” kata AHY.

Dia menambahkan, pertemuan dengan Surya Paloh dan jajaran fungsionaris Partai NasDem selama dua jam ini turut mendiskusikan berbagai hal. Salah satunya soal tantangan global dunia dan masa depan Indonesia agar bisa tetap survive sebagai negara yang kuat.

“Kita juga bicara politik yang dinamis dan kita juga membangun visi misi yang memiliki kesamaan di sana-sini. Pada akhirnya jika semakin intensif yang kami lakukan mudah-mudahan terbuka ruang yang lebih luas antara NasDem dan Demokrat,” AHY memungkasi.

 

 

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.