Sukses

Penjelasan Kedua Kubu soal Memanasnya Cak Imin dan Yenny Wahid

Juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid menjelaskan, penjelasaan Yenny adalah terkait Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan Ketua Umum (Ketum) PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dengan anak Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid kembali memanas.

Terkait hal tersebut, juru bicara Yenny Wahid, Imron Rosyadi Hamid menjelaskan, penjelasaan Yenny adalah terkait Pilpres 2024.

Selain itu, mengingatkan bahwa keluar Gus Dur tak di dalam gerbong Cak Imin.

"Pernyataan Mbak Yenny tentang PKB Muhaimin dan PKB Gus Dur merupakan upaya memberikan pemahaman kepada masyarakat, terutama berkait pilpres 2024 bahwa Keluarga Gus Dur hingga saat ini tidak dalam gerbong Muhaimin," kata dia dalam keterangannya, Kamis (23/6/2022).

Menurut Imron, Cak Imin dan PKB mengeksploitasi nama besar Gus Dur. Padahal, Cak Imin pernah mengkudeta Gus Dur dan merebut kursi kepemimpinan PKB dari pamannya sendiri.

"Selama ini PKB Muhaimin Iskandar tetap mengeksploitasi nama ataupun gambar Gus Dur meskipun Gus Dur adalah paman yang dia lawan secara hukum di pengadilan," jelas dia.

Imron mengingatkan, PKB pernah mengalami penurunan suara signifikan pada Pemilu 2009. Salah bila Cak Imin bilang PKB tidak terpengaruh gerakan Yenny.

Suara PKB saat ini yaitu sebesar 9,69 persen tidak bisa melebihi persentase perolehan PKB pada Pemilu 1999 yang mencapai 1999.

"Membandingkan angka perolehan 13,57 juta suara di Tahun 2019 dengan 13,2 juta suara di dua dekade sebelumnya (1999) menjadi tidak relevan dan manipulatif karena variabel kenaikan jumlah penduduk Indonesia seolah-olah tidak diperhitungkan," kata Imron.

Ia pun menanggapi sindiran Cak Imin terhadap Yenny yang dianggap gagal mendirikan partai. Kata Imron, kegagalan itu bukan hanya urusan teknis verifikasi. Tetapi ada upaya penggagalan dari beberapa pihak.

"Saya Yakin Cak Imin tidak akan mampu buat partai karena PKB saat ini berhasil didirikan Tahun 1998 dengan menggunakan jaringan NU di bawah Kepemimpinan Gus Dur," tegas Imron.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penjelasan PKB

Sementara, Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid, Muhaimin meluruskan dan memberikan penegasan kepada konstituen serta kader PKB. Dan mengingatkan agar semua mengerti posisi masing-masing.

"Apa yang disampaikan Gus Muhaimin itu upaya meluruskan sekaligus penegasan kepada konstituen, kader dan pengurus PKB agar mengerti posisi masing-masing," kata dia kepada merdeka.com, Kamis (23/6/2022).

Jazilul meminta Yenny tidak ikut campur urusan internal PKB. "Urus saja apa yang menjadi urusannya, jangan campur aduk," imbuhnya.

 

3 dari 3 halaman

Disebut Membuat PKS Solid

Gus Muhaimin juga berhasil membuat PKB solid. Jazilul menegaskan, pihaknya akan melawan memecah belah soliditas PKB.

"Gus Muhaimin berhasil membuat PKB solid dan kompak. Kita lawan siapapun yang ingin memecah belah soliditas PKB," ujar wakil ketua MPR RI ini.

Namun, Jazilul menegaskan tidak ada masalah antara Gus Muhaimin dengan keluarga Gus Dur.

"Gak ada masalah, itu urusan masing masing," katanya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.