Keluarga Berharap Usulan Nama Stadion MH Thamrin Diterima Anies Baswedan

Oleh Fadjriah Nurdiarsih pada 23 Jun 2022, 13:30 WIB
Diperbarui 23 Jun 2022, 13:30 WIB
MH Thamrin
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melihat pameran sejarah MH Thamrin di lapangan VIJ, Petojo, Jakarta, Sabtu (16/2). Acara ini rangkaian dari Festival 125 Tahun MH Thamrin. (Bola.com/Yoppy Renato)

Liputan6.com, Jakarta Sejarawan dan Direktur Komunitas Bambu, JJ Rizal, telah menyerahkan petisi perubahan nama Jakarta International Stadium kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada Rabu, 22 Juni 2022. Menanggapi hal tersebut, Anies menyatakan menerima namun belum tentu disetujui.

Cucu MH Thamrin, Astuti Ananta Toer atau yang akrab disapa Bu Titi, sangat bersyukur dengan adanya usulan perubahan tersebut. Menurut dia, jasa-jasa MH Thamrin sebagai seorang pahlawan nasional masih terus diingat, terutama dalam bidang sepak bola di Jakarta dan Indonesia.

“Kami mendukung dan menghargai usulan memberi nama JIS menjadi Stadion MH Thamrin tersebut. Apalagi melalui cara yang simpatik dengan menarik suara dukungan dari publik melalui petisi online. Syukur sudah sampai 5000 lebih penandatangan dalam sebulan,” ujar Titi dalam keterangan tertulis kepada media, Kamis (23/06/2022).

Tidak hanya itu saja, Titi juga menilai dukungan dari tokoh seperti budayawan Betawi Ridwan Saidi dan tokoh lainnya di Badan Musyawarah Betawi (Bamus) Betawi bisa memberikan dampak positif pada usulan ini.

"Semoga ada pihak-pihak, tokoh-tokoh Betawi yang cukup dikenal seperti tokoh-tokoh di Bamus Betawi misalnya, Ridwan Saidi atau tokoh-tokoh Betawi lainnya yang juga punya kecintaan terhadap MH Thamrin," ujar Titi kepada Liputan6.com.

Titi juga mengapresiasi cara menggalang dukungan mengganti nama JIS jadi stadion MH Thamrin lewat petisi online di situs change.org ini. Pasalnya, dalam waktu satu pekan, sudah lebih dari 5 ribu orang yang menandatanganinya.


Petisi sudah diserahkan ke Anies Baswedan

JJ Rizal
Perbesar
Sejarawan JJ Rizal menyerahkan berkas petisi usulan penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) dengan nama tokoh pahlawan Betawi Muhammad Husni Thamrin (MH Thamrin). (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Meskipun tidak mengikuti secara intens perkembangan sepak bola di Jakarta, Titi berharap dunia persepakbolaan di Jakarta makin meriah dan semakin berprestasi dengan dibangunnya stadion baru sebagaimana harapan dulu MH Thamrin.

“Pihak keluarga dulu pernah mendapat undangan saat Festival 125 Tahun MH Thamrin yang digagas JJ Rizal dan Pemprov DKI Jakarta pada 15-16 Februari 2019. Acara di Lapangan Sepak Bola VIJ Petojo yang bersejarah itu,” ujarnya.

Berdasarkan catatan media, saat itu ada pameran foto sejarah “MH Thamrin dan Sepak Bola Kebangsaan”, ada juga seminar di Balai Kota dengan tema "Dari Lapangan VIJ Menuju Stadion MH Thamrin".

JJ Rizal mengatakan, dalam acara festival itu, Pak Gubernur Anies Baswedan datang membuka. Malah ikut pertandingan persahabatan yang diselenggarakan panitia. “Sanak famili Thamrin yang datang disapa, disalami, dan berfoto bersama,” ucapnya kepada Liputan6.com, Kamis (23/6/2022).


Berharap usulan diterima

Gubernur Anies menyalami perwakilan keluarga MH Thamrin
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, melihat pameran sejarah MH Thamrin di lapangan VIJ, Petojo, Jakarta, Sabtu (16/2). Acara ini rangkaian dari Festival 125 Tahun MH Thamrin. (Bola.com/Yoppy Renato)

Rizal dan Kojek Rap Betawi kemudian menyerahkan maket foto-foto tersebut dengan harapan akan dibangun Museum Sepak Bola di stadion yang baru dibangun di Tanjung Priok, kini bernama Jakarta International Stadium.

Sebagai pihak keluarga, Titi mendukung petisi tersebut. Meski demikian, ia menyerahkan keputusan akhir kepada publik dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Thamrin menyerahkan hidupnya untuk mengabdi kepada warga dan pemerintah kota, maka wargalah yang paling pertama serta pemerintah kota menimbangnya,” ujar Titi menandaskan.

 


Tanggapan Gubernur Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka acara Jakarta Hajatan ke-495 di Kepulauan Seribu, Selasa (24/5/2022). Anies mengganti istilah Hari Ulang Tahun (HUT) Jakarta menjadi hajatan. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Sejarawan JJ Rizal menyerahkan petisi ganti nama Jakarta International Stadium (JIS) kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu (22/6/2022) siang. JJ Rizal datang langsung bertemu Anies di Balai Kota DKI Jakarta usai Upacara Perayaan Jakarta Hajatan di Monas.

Dia datang menyerahkan petisi usulan penggantian nama Jakarta International Stadium (JIS) dengan nama tokoh pahlawan Betawi Muhammad Husni Thamrin (MH Thamrin).

"Kami memberi usulan nama sama Pak Anies, nama yang menurut kami, nama yang paling cocok, Muhammad Husni Thamrin karena dia bukan hanya pahlawan nasional, putra Betawi, dan dia juga pahlawan sepak bola," ucap Rizal.

Anies menerima secara langsung berkas petisi yang dibawa JJ Rizal. Saat menerima berkas petisi, Anies mengatakan akan menampung terlebih dahulu usulan tersebut.

Namun, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu mengatakan belum tentu menyetujui usulan yang dibawa Rizal.

"Makasih ya, belum tentu disetujui ya. Diterima dulu ya. Tengkyu ya," kata Anies.

Atas jawaban Anies itu, Rizal menimpali dengan mengajukan kembali pertanyaan, meminta Anies untuk menampung aspirasinya.

Anies menjawab singkat. Dia menyebut akan mempertimbangkan usulan terkait dengan pergantian nama JIS jadi nama pahlawan nasional asli Betawi MH Thamrin

"Pasti ditampung, setuju atau tidak nanti pertimbangannya lain," ujar Anies menandaskan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya