Sukses

Semangat Kopassus dan BPIP Kuatkan Jiwa dan Raga

Olahraga juga dimanfaatkan sebagai seni diplomasi, pembentukan identitas dan budaya bangsa.

 

Liputan6.com, Jakarta Olahraga bukan hanya menyehatkan jiwa dan raga. Olahraga memiliki kontribusi yang besar bagi pembentukan identitas nasional dan rasa kebangsaan. Semangat ini mengemuka dalam 'Silaturahmi Dan Olahraga Bersama Kopassus (Komando Pasukan Khusus) Dan BPIP (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)' di Gedung Nanggala Kopassus, Cijantung-Jakarta Timur, Selasa (21/6) pagi.

Dalam sambutannya, Kepala BPIP Yudian Wahyudi menilai pandemi Corona berangsur membaik. Oleh karena itu, dia mengimbau kepada para prajurit Kopassus untuk menggelorakan kembali semangat berolahraga.

"Olahraga menjaga tubuh dan jiwa tetap kuat," ujarnya.

Yudian mengingatkan, sudah sejak lama olahraga juga dimanfaatkan sebagai seni diplomasi, pembentukan identitas dan budaya bangsa.

"Presiden Soekarno dengan semangat nasionalisme berani menentang hegemoni Barat melalui arena olahraga. Di Asian Games 2018, Presiden Jokowi juga sukses memperkenalkan tari-tarian Nusantara," beber eks Rektor UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta ini.

Yudian berharap pula spirit olahraga bisa meningkatkan solidaritas, kerja sama, dan kreatifitas pihaknya dengan Kopassus dalam penanaman nilai-nilai Pancasila. Di tempat yang sama, Wakil Danjen Kopassus Brigjen TNI Deddy Suryadi mengapresiasi semangat silaturahmi dan olahraga bareng BPIP.

"Kami berharap acara silaturahmi ke depan pada bidang lain yang lebih bermanfaat bagi keutuhan NKRI. Menanamkan nilai Pancasila pada generasi muda khususnya di keluarga besar Kopassus. Ini komitmen demi tegaknya kesatuan Republik Indonesia," ucap Deddy mewakili Danjen Kopassus Mayjen TNI Iwan Setiawan.

Usai pembacaan sambutan dan foto bersama, jajaran BPIP dan Kopassus melakukan senam bersama dan berbagai cabang olahraga. Memakai kostum olahraga, mereka tampak ceria dan energik.

Hadir pula antara lain Sekretaris Dewan Pengarah BPIP Mayjen TNI (Pur) Wisnu Bawa Tenaya, Wakil Kepala BPIP Karjono, Sestama BPIP Adhianti serta ratusan jajaran lain dan prajurit Kopassus.Usai senam bareng dan ramah tamah, acara dilanjutkan dengan penanaman pohon di Lapangan Gatot serta fun shooting di Lapangan Tembak IGP Danny Nugraha Karya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini