Sukses

Jemaah Calon Haji Wafat Bertambah Menjadi 9 Orang

Jemaah calon haji yang meninggal di Arab Saudi kembali bertambah. Ada sembilan jemaah dilaporkan meninggal dunia hingga Rabu (22/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta Jemaah calon haji yang meninggal di Arab Saudi kembali bertambah. Ada sembilan jemaah dilaporkan meninggal dunia hingga Rabu (22/6/2022).

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Mukhammad Khanif mengatakan, jemaah tersebut bernama Suharno Bin HM Sudjin berusia 63 tahun. Jemaah kloter JKG 10 asal Jakarta Utara tersebut meninggal di RS An Noor pada Rabu 21 Juni 2022.

"Terjadi henti jantung. Dinyatakan meninggal 22.28 WAS," kata Khanif di Daker Makkah, Rabu.

Dia menjelaskan, jemaah tersebut masuk KKHI pada 20 Juni 2022 pukul 14.30 dengan komorbid berat. Kemudian pada 21 Juni 2022 pukul 21.00 terjadi henti jantung, diberikan pertolongan CPR dan obat emergency, kemudian dirujuk ke RS Al Noor Makkah.

"Tindakan pertolongan kemudian dilanjutkan oleh tim RS Al Noor dan Tim rujuk KKHI. Setelah upaya maksimal, pasien dinyatakan wafat," kata dia.

Sebelumnya, jemaah haji khusus Rochma Erviana Prastyawati (62) dilaporkan meninggal dunia pada 21 Juni 2022. Berdasarkan laporan Kepala Bidang Pengawas Haji Khusus PPIH Arab Saudi 1443 Mujib Roni, Rochma mengalami serangan jantung. Almarhumah mengalami sesak napas saat berada di dalam bus dalam rencana mau melakukan city tour Madinah sekitar pukul 07.40 Waktu Arab Saudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jemaah Lain yang Meninggal

Pertolongan pun diberikan dengan memberi bantuan oksigen dan resusitasi. Namun ketika diperiksa lebih lanjut, oleh tim ambulance emergency yang datang, jemaah telah meninggal.

"Setelah berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait (Kepala Daker Madinah, Konsul Haji, dan KKHI) sampai keluar CoD (Certificate of Death) dan kemudian oleh KKHI dibuatkan surat pengantar untuk proses penguburan jenazah," kata Roni.

Jenazah almarhumah pada pukul 11.30 dibawa ke RSAS dibantu oleh Tim Dokter KKHI untuk dilakukan proses pemakaman. Pukul 12.00 WAS jenazah jemaah tersebut dimakamkan di Pemakaman Uhud Kota Madinah.

Jemaah lainnya yang meninggal yaitu Sugiansyah Basuni M Yamin dari Kloter BDJ-3, Purnomo Sokariyo Sastro dari Kloter SOC-15, Hasbullah Burlian Myim dari Kloter JKS-16, Muslim Abdul Wahab dari BTJ-1, Bawuk Karso Samirun dari Kloter SUB-4, Bangun Lubis Wahid dari Kloter PDG-4, dan Suhati Rahmat Ali dari Kloter JKG-1.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.