Sukses

Patung Jenderal Sudirman Dicoret-coret, Polisi Buru Pelaku

Patung Jenderal Sudirman yang berdiri di tengah-tengah jalan protokol Jakarta menjadi sasaran aksi vandalisme orang tak bertanggung jawab. Polisi pun turun tangan memburu pelaku.

Liputan6.com, Jakarta - Aksi vandalisme terhadap patung Jenderal Sudirman yang ada di Jalan Jenderal Sudirman, Setibudi, Jakarta Selatan (Jaksel) ini menjadi perhatian serius aparat kepolisian.

Pemandangan patung Jenderal Sudirman usai dicoret-coret oleh tangan-tangan orang tak bertanggung jawab ini sempat diabadikan oleh seorang netizen. Foto vandalisme itu pun dibagikan ke akun media sosial.

Seperti terlihat, bahwa pelaku mencoret-coret bagian bawah keramik dengan gambar grafiti. Namun, kini coretan tersebut telah dibersihkan oleh petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) DKI Jakarta.

Terkait hal ini, Kapolsek Metro Setiabudi, Kompol Agung Permana menyatakan, pihaknya telah membentuk tim untuk mencari pelaku vandalisme di Patung Jendral Sudirman tersebut.

"(Pelakunya) masih kami lidik," kata Agung saat dihubungi, Rabu (22/6/2022).

Selain itu, anggota juga diminta untuk menggencarkan patroli di sekitar lokasi. Hal ini untuk mengantisipasi supaya kejadian vandalisme serupa tak terulang kembali di kemudian hari.

"Kita lakukan upaya preventif ke depan anggota patroli sekitaran supaya tidak terulang," ujar dia.

Sementara itu, Agung melaporkan Patung Jenderal Sudirman saat ini sudah terlihat seperti sediakala. Tim PPSU kecamatan telah membersihkan bekas coretan.

"Sudah bersih (dari coretan) patungnya," ujar dia

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Vandalisme Tugu Sepatu

Sebelumnya, Tugu Sepatu yang merupakan salah satu ikon baru di Jakarta ternodai vandalisme oleh oknum tidak bertanggung jawab.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku prihatin dengan adanya aksi tersebut. Riza menyebut Pemprov DKI tak pernah melarang adanya kreativitas anak-anak muda. Namun, harus tahu tempat.

"Tentu kami prihatin kreativitas itu baik dan penting kami berikan kesempatan seluas-luasnya bagi generasi muda khususnya untuk meningkatkan kreativitas. Namun demikian, harus tahu tempatnya," kata Riza di Jakarta, Minggu (19/9/2021).

Dia pun tak akan tinggal diam.

"Ya tentu nanti aparat akan mengusut tuntas siapa yang melakukannya," ucap Riza.

Untuk diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membangun tugu sepatu di pinggir Jalan Sudirman. Instalasi sepatu raksasa itu berada persis di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria menjelaskan bahwa tugu sepatu tersebut dibangun hasil kolaborasi sejumlah pihak, termasuk BUMD DKI, PT Jakarta Tourisindo.

"Kita ingin mempercantik Kota Jakarta, di antaranya dengan tugu sepatu. Itu hasil kolaborasi. Itu tanyakan sama Jaktour ya detailnya," kata Riza di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis, 16 September 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.