Upacara Perayaan HUT ke-495 DKI Jakarta Berlangsung di Monas Hari Ini

Oleh Winda Nelfira pada 22 Jun 2022, 08:43 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 08:48 WIB
Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun Jakarta digelar di kawasan monumen nasional (Monas), Rabu (22/6/2022).
Perbesar
Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Jakarta digelar di kawasan monumen nasional (Monas), Rabu (22/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Upacara Perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Jakarta digelar di kawasan monumen nasional (Monas), Rabu (22/6/2022).

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, kawasan Monas dihias secantik mungkin dengan ornamen khas betawi, seperti kembang kelape. Dipajang pula dua ondel-ondel besar di sebelah kiri dan kanan tenda putih tempat duduk tamu dan undangan kehormatan. Dibentang pula karpet merah menutupi sebagian lapangan upacara.

Upacara Perayaan HUT ke-495 Jakarta ini dilaksanakan secara hybrid (luring dan daring). Disediakan satu layar ukuran besar dan satu layar ukuran kecil yang menampilkan rangkaian acara yang sedang berlangsung.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan datang pada pukul 07.18 WIB didamping istrinya Ferry Farhati. Hadir pula Wakil Gubernur DKI Jakarta beserta istri Ellisa Sumarlin.

Acara dimulai diawali dengan rombongan Pasukan Defile yang memasuki kawasan Monas. Pasukan Defile pertama yang memasuki kawasan Monas ialah abang none Jakarta, yakni sebanyak 98 abang none mengenakan baju adat betawi dan memberikan salam takzim pada tamu yang hadir.

Selanjutnya, Pasukan Defile dari Perwakilan Bapeda, Dinas Kebudayaan DKI, Perwakilan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai kota administrasi seperti dari Kepulauan Seribu, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Utara.

Kemudian, nampak memasuki kawasan upacara Pasukan Kuning, Pasukan Hijau, Pasukan Biru, Pasukan dan Oranye. Disusul oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Perwakilan Dinas Perhubungan, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan, Polri, dan diakhiri oleh pasukan TNI.

Para Pasukan Defile berkeling berkeling lapangan upacara sisi selatan Medan Merdeka Monas. Beberapa pasukan terlihat membawa bendera kecil sembari dikibarkan bertulis Jakarta Hajatan. Para Pasukan Defile ini kemudian berbaris di depan panggung menghadap tenda para tamu kehormatan.

Turut hadir siswa-siswi berprestasi, Qori dan Qoriah pemenang lomba tilawah nasional dan internasional, ASN teladan dan berprestasi, guru-guru, atlet, serta pemenang, pemuka agama, kepala daerah, dan pemenang lomba Jakarta Hajatan.

Acara dilanjutkan dengan dibacakannya sejarah Jakarta oleh Imam Priyono dan diilustrasikan oleh pelukis pasir Vina Candrawati.

Upacara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai Inspektur upacara Anies Baswedan, Asisten Pemerintahan DKI Sigit Wijatmoko selaku Komandan Upacara.

 


Semarakkan Jakarta Hajatan, 11 Museum Ini Gratis Dikunjungi pada Rabu 22 Juni 2022

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @disbuddki, menyebut akan menggelar kunjungan gratis ke sejumlah museum di Ibu Kota pada Rabu, 22 Juni 2022 besok.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan hari ullang tahun (HUT) atau Jakarta Hajatan ke-495.

Masyarakat dapat mengunjungi 11 museum yang dikelola Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Adapun 11 museum tersebut antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, dan Museum Tekstil.

Lalu ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Unrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

"Halo sobat budaya,

Ada kabar gembira buat kamu nih!

Seperti yang kita tahu, Jakarta akan berulang tahun ke 495. Dalam menyemarakkan #JakartaHajatan kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak sanak saudara untuk mengunjungi museum-museum ini. Jangan sampai terlewat yaa !," dikutip melalui Instagram resmi @disbuddki, Selasa (21/6/2022).

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Ibu Kota di Monumen Nasional (Monas).

Dikutip dari akun Instagram resmi @dkijakarta, upacara dalam rangka Jakarta Hajatan itu akan diadakan pada 22 Juni 2022 pada pukul 07.00 WIB.

Perayaan HUT DKI Jakarta ini juga dapat diikuti secara online dengan mendaftar terlebih dahulu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan kuota bagi 10 pendaftar pertama yang berkesempatan mengikuti upacara langsung bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara itu, ada 90 kuota virtual yang akan diberikan bagi pendaftar untuk mengikuti upacara melalui Zoom.

Selain itu, kawasan Monas telah dibuka secara bertahap pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu. Sebelumnya Monas sempat ditutup untuk kunjungan wisatawan selama dua tahun sejak pandemi Covid-19.

 


Rangkaian Jakarta Hajatan 20 - 25 Juni 2022

Sebelumnya, kemeriahan rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495 memasuki minggu terakhir 20 - 25 Juni 2022. Acara puncak pesta HUT Jakarta itu diketahui akan digelar di Jakarta International Stadium (JIS).

Dikutip dari laman Instagram resmi @jakartahajatan, Senin 20 Juni 2022, mulai dilangsungkan Pekan Gerakan Jakarta Sadar Sampah (PGSS) yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (LH) DKI Jakarta. Kegiatan ini diikuti seluruh RW di Jakarta hingga 25 Juni 2022 mendatang.

Lalu, pada 22 Juni 2022 Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Ibu Kota di Monumen Nasional (Monas). Upacara itu dijadwalkan berlangsung pada pukul 07.00 WIB.

Pada tanggal yang sama akan ada malam resepsi Jakarta Hajatan ke-495 di Balai Kota DKI Jakarta, sidang Paripurna DPRD, serta rapat kerja Gubernur Jabodetabekjur di Balai Kota DKI Jakarta.

Selanjutnya pada 23 Juni 2022 bakal ada Puskesmas Expo 2022 di Hotel Bidakara Pancoran. Selain itu, akan ada launching aplikasi Mobile Learning yang digelar secara daring.

Sementara itu, malam puncak Jakarta Hajatan ke-495 dan Jakarta Award akan digelar di JIS Jakarta Utara, pada Sabtu 25 Juni 2022.

Acara Jakarta Hajatan ke-495 yang mengusung tema Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi ini diawali selebrasi dan pencanangan digital nomad island di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu, Selasa 24 Mei 2022.

Kemudian dilanjutkan dengan berbagai rangkaian kegiatan lain seperti konser musik bertajuk Jakarta International Java Jazz Festival 2022, Formula E, kegiatan World Bycle Bike, peringatan Hari Lingkungan Hidup, Jakarta Fair atau Pekan Raya Jakarta, serta pameran Bulan Seni Rupa di Taman Ismail Marzuki.

 


Ancol Bagikan Tiket Gratis

Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol membagikan tiket masuk gratis bagi masyarakat yang ingin rekreasi ke Ancol khusus pada 22 Juni 2022. Pemberian tiket gratis ini sebagai bentuk turut serta Ancol dalam memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495.

“Semua Gembira Jakarta Bangga merupakan tema yang diangkat oleh Ancol untuk turut memeriahkan acara Jakarta Hajatan kali ini, sesuai dengan slogan Gubernur Jakarta yaitu Maju Kotanya, Bahagia Warganya. Kami turut berpartisipasi untuk bisa membahagiakan warga Jakarta dalam momen ulang tahun ke-495 Kota Jakarta,” kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali, Jumat 17 Juni 2022.

Bagi masyarakat yang ingin memeperoleh tiket gratis wajib melakukan reservasi online melalui website resmi Ancol yaitu www.ancol.com. Satu akun bisa klaim maksimal dua tiket gratis.

Masyarakat diimbau untuk reservasi tiket gratis ini secepatnya karena kuota yang disiapkan terbatas. Proses reservasi tiket gratis ini sudah bisa diakses mulai tangal 15 hingga 21 Juni 2022 mendatang.

Berikut syarat dan ketentuan tiket gratis masuk Ancol dalam rangka memeriahkan Jakarta Hajatan:

1. Wajib melakukan reservasi sebelum kedatangan maksimum H-1 sebelum kunjungan.

2. Dapatkan tiket gratis orang masuk Ancol - Spesial Jakarta Hajatan 495th, hanya di www.ancol.com

3. Tiket gratis bisa didapatkan mulai tanggal 15 - 21 Juni 2022.

4. Tiket berlaku untuk kunjungan pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 06.00 - 18.00 WIB.

5. 1 orang hanya dapat klaim tiket gratis maksimal 2 tiket

6. Tiket gratis belum termasuk tiket masuk kendaraan dan unit rekreasi (Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya