Sukses

Infografis Prediksi Perekonomian 60 Negara Bakal Ambruk

Merujuk Dana Moneter Internasional atau IMF, Presiden Jokowi mengatakan perekonomian 60 negara di dunia diperkirakan bakal ambruk pada 2022. Bahkan, 40 negara telah dipastikan merosot ekonominya.

Liputan6.com, Jakarta - Prediksi Dana Moneter Internasional atau IMF menjadi perhatian serius Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Merujuk IMF, Jokowi mengatakan perekonomian puluhan negara di dunia diperkirakan bakal ambruk pada 2022, bahkan lebih dari separuhnya telah dipastikan merosot.

"IMF menyampaikan akan ada kurang lebih 60 negara yang ambruk ekonominya, yang 40 diperkirakan pasti," ucap Jokowi di Jakarta, Selasa 14 Juni 2022.

Karena itu, Jokowi meminta seluruh kementerian dan lembaga negara peka terhadap kondisi perekonomian global tersebut. Terutama agar dapat mengantisipasi berbagai kemungkinan dari ketidakpastian global.

Jokowi menjelaskan, ketidakpastian terutama di sektor pangan dan energi. Hal itu kemudian akan berdampak pada kondisi perekonomian nasional atau dalam negeri.

Buktinya, sejumlah komoditas pangan mengalami kenaikan. Beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara atau APBN di sektor energi pun mengalami peningkatan yang sangat besar dibanding prediksi.

Selain IMF, bagaimana prediksi World Bank atau Bank Dunia terhadap ekonomi global? Bagaimana proyeksi perekonomian di setiap kawasan dunia, termasuk Indonesia? Bagaimana ragam tanggapan terhadap ancaman ekonomi global akan ambruk? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Infografis Prediksi Perekonomian 60 Negara Bakal Ambruk

3 dari 4 halaman

Infografis Bank Dunia Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Global Bakal Terjun Bebas

4 dari 4 halaman

Infografis Ragam Tanggapan Ancaman Ekonomi Global Akan Ambruk

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.