Sukses

Rotasi Jabatan Polri, Dirlantas Polda Metro Jaya Dijabat Kombes Pol Latif Usman

Kombes Sambodo yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Metro Jaya akan menjadi Karojakstra Srena Polri.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merombak sejumlah posisi strategis di tingkat perwira menengah (pamen) hingga perwira tinggi (pati), salah satunya jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya.

Rotasi ini sebagaimana tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan nomor ST/1214/VI/KEP./2022 tertanggal 20 Juni 2022 yang ditandatangani oleh AS SDM Polri Irjen Pol Wahyu Widada.

"Hari ini Pak Kapolri keluarkan TR mutasi jabatan Kapolda, Pati, PJU tingkat Polda, Kapolres, dan jabatan penguatan lainnya," kata Dedi kepada wartawan saat jumpa pers di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (21/6/2022).

Dalam surat tersebut, jabatan Dirlantas Polda Metro Jaya saat ini dijabat Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo akan diganti oleh Kombes Pol Latif Usman yang menempati posisi sebagai Dirlantas Polda Jawa Timur (Jatim).

Sedangkan, Kombes Sambodo akan mendapatkan kenaikan pangkat menjadi jenderal bintang satu atau brigjen sebagai posisi baru Kepala Biro Kebijakan Strategis pada Deputi Perencanaan Anggaran Kapolri (Karojakstra Srena Polri).

"TR mutasi merupakan hal alamiah dalam organisasi tour of duty dan tour of area serta penyegaran organisasi," lanjutnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perkuat Pusdokkes

Brigjen Pol Asep Hendradiana akan mendapati kenaikan pangkat menjadi bintang dua selaku Kepala Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Kapusdokkes) Mabes Polri. Hal itu sebagaimana tertuang dalam surat Telegram Kapolri (TR).

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan jika kenaikan pangkat kepada jabatan Pusdokkes dilakukan sebagai langkah penguatan terhadap struktur bidang kesehatan Polri.

"Pusdokkes akan dipimpin oleh pati bintang dua yaitu sekarang diduduki oleh Brigjen Dokter Asep naik menjadi kapusdokkes beliau akan mendapat pangkat bintang dua," sebut Dedi kepada wartawan, Selasa (21/6).

Selain itu, adapula sejumlah jabatan yang sebelumnya diduduki posisi sebagai komisaris besar (kombes), lalu mendapatkan promosi menjadi bintang satu atau brigjen.

"Kemudian, Sesdokkes, dokter farid akan mendapat penugasan diluar struktur untuk menduduki jabatan bintang satu,"kata Dedi.

"Nanti akan digantikan, Kombes didit akan menduduki jabatan bintang satu. Dan nanti dibawahnya tambahan tiga karo akan menduduki jabatan bintang satu," lanjutnya.

Adapun Rotasi jabatan itu dituangkan dalam lima surat telegram yakni, NOMOR: ST/1213/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1214/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1215/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1216/VI/KEP./2022, NOMOR: ST/1217/VI/KEP./2022.

Reporter: Bachtiarudin Alam/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.