Rencana Grand Launching JIS di Perayaan Jakarta Hajatan ke-495 Batal

Oleh Winda Nelfira pada 22 Jun 2022, 02:29 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 07:32 WIB
Jakarta International Stadium di Malam Hari
Perbesar
Foto udara yang diambil pada 17 April 2022 ini menunjukkan Jakarta International Stadium (JIS) yang baru didirikan untuk pertandingan sepak bola dan konser musik, di Jakarta. Stadion termegah di Indonesia tersebut mampu menampung 82.000 penonton. (ADEK BERRY/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto mengatakan grand launching Jakarta International Stadium (JIS) yang dijadwalkan bersamaan dengan malam puncak perayaan Jakarta Hajatan ke-495 dibatalkan.

"Enggak. Puncaknya (Jakarta Hajatan) kan tanggal 25 ya," kata Widi di DPRD DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Kamis (21/6/2022).

Namun, Widi tidak menjelaskan alasan pasti kenapa grand launching atau peresmian JIS tersebut dibatalkan. Dia menyebut JIS jadinya bakal diresmikan pada Juli mendatang.

"Enggak, mudah-mudahan di bulan Juli," kata Widi.

Sebelumnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan memindahkan puncak acara ke Jakarta International Stadium (JIS) bersamaan dengan peluncuran atau grand opening JIS pada 25 Juni 2022.

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi DKI Jakarta Marullah Matali, pemilihan JIS sebagai lokasi puncak HUT ke-495 DKI juga untuk mengenalkan stadion itu kepada masyarakat luas.

"Kami memang sekarang ini beberapa bulan belakangan ini memperkenalkan JIS sebagai sebuah tempat yang berhasil dibangun oleh Pemprov DKI pada beberapa tahun dan bisa kami selesaikan tahun ini," kata Marullah saat konferensi pers di Ruang Balairung, Balai Kota, Senin, 23 Mei 2022.

Sementara itu, Kepala Biro DKI Jakarta Andriansyah menyatakan pelaksanaan malam puncak perayaaan HUT DKI Jakarta di JIS akan mempertimbangkan sejumlah hal.


Museum Gratis

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @disbuddki, menyebut akan menggelar kunjungan gratis ke sejumlah museum di Ibu Kota pada Rabu, 22 Juni 2022 besok.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan hari ulang tahun (HUT) atau Jakarta Hajatan ke-495.

Masyarakat dapat mengunjungi 11 museum yang dikelola Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Adapun 11 museum tersebut antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, dan Museum Tekstil.

Lalu ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Unrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

"Halo sobat budaya,

Ada kabar gembira buat kamu nih!

Seperti yang kita tahu, Jakarta akan berulang tahun ke 495. Dalam menyemarakkan #JakartaHajatan kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak sanak saudara untuk mengunjungi museum-museum ini. Jangan sampai terlewat yaa !," dikutip melalui Instagram resmi @disbuddki, Selasa (21/6/2022).

Diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Ibu Kota di Monumen Nasional (Monas).

Dikutip dari akun Instagram resmi @dkijakarta, upacara dalam rangka Jakarta Hajatan itu akan diadakan pada 22 Juni 2022 pada pukul 07.00 WIB.

Perayaan HUT DKI Jakarta ini juga dapat diikuti secara online dengan mendaftar terlebih dahulu.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menyiapkan kuota bagi 10 pendaftar pertama yang berkesempatan mengikuti upacara langsung bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara itu, ada 90 kuota virtual yang akan diberikan bagi pendaftar untuk mengikuti upacara melalui Zoom.

Selain itu, kawasan Monas telah dibuka secara bertahap pada Kamis, 16 Juni 2022 lalu. Sebelumnya Monas sempat ditutup untuk kunjungan wisatawan selama dua tahun sejak pandemi Covid-19.

Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI
Perbesar
Infografis Jakarta Bangkit di HUT Ke-494 DKI (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya