Khusus Besok Rabu 22 Juni 2022, Naik Transjakarta Hanya Bayar Rp 1

Oleh Winda Nelfira pada 21 Jun 2022, 19:46 WIB
Diperbarui 21 Jun 2022, 19:46 WIB
FOTO: Menjajal Bus Listrik Transjakarta saat PPKM Level 1
Perbesar
Penumpang menaiki bus listrik Transjakarta di Terminal Blok M, Jakarta, Kamis (4/11/2021). Layanan uji coba bus listrik Transjakarta berpelanggan rute Blok M-Balai Kota beroperasi lebih awal mulai pukul 05.00-21.30 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menerapkan tarif spesial dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun (HUT) atau Jakarta Hajatan ke-495, besok Rabu, 22 Juni 2022. Cukup dengan bayar Rp 1, masyarakat bisa naik Transjakarta seharian mulai pukul 00.00-23.59 WIB.

Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan Transjakarta Anang Rizkani Noor mengatakan, ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Nomor e-0076 Tahun 2022 Tentang Penugasan Tarif Layanan Khusus Transportasi Umum Transjakarta, MRT Jakarta dan LRT Jakarta dalam Rangka HUT DKI Jakarta ke-495.

Anang mengatakan, kebijakan tarif Rp 1 ini berlaku pada seluruh layanan Transjakarta, kecuali Royaltrans dan Mikrotrans. Kedua layanan tersebut beroperasi dengan tarif normal yakni Royaltrans Rp 20 ribu dan Mikrotrans Rp 0.

“Tarif spesial ini merupakan bentuk cinta kami kepada pelanggan dan juga Ibu Kota DKI Jakarta, di mana tempat Transjakarta mengaspal setiap hari. Terima kasih kepada Pemprov DKI yang sukses menjaga Jakarta dan tumbuh dengan baik hingga saat ini,” kata Anang melalui keterangan tertulis, Selasa (21/6/2022).

Kendati mengalami perubahan tarif, pelanggan tetap diwajibkan melakukan tap in dan tap out baik pada mesin gate maupun alat Tap on Bus (TOB) yang tersedia di dalam armada.

Selain itu, dia mengimbau pelanggan bus Transjakarta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan (Prokes) yang berlaku di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1.

“Ayo cintai Ibu Kkota DKI dengan naik transportasi publik. Menjadi saksi pertumbuhan Transjakarta menjadi moda transportasi kebanggan warga DKI Jakarta yang lebih baik dalam melayani masyarakat,” kata Anang.


Ancol Bagi-Bagi Tiket Gratis

FOTO: PPKM Level 2, Tempat Hiburan Anak Kembali Dibuka
Perbesar
Anak-anak didampingi orangtua saat berwisata di Pantai Lagoon, Ancol, Jakarta, Kamis (21/10/2021). Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyesuaikan sejumlah aturan kegiatan dengan adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 2. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Destinasi wisata Taman Impian Jaya Ancol membagikan tiket masuk gratis bagi masyarakat yang ingin rekreasi ke Ancol khusus pada 22 Juni 2022. Pemberian tiket gratis ini sebagai bentuk turut serta Ancol dalam memeriahkan Jakarta Hajatan ke-495.

“Semua Gembira Jakarta Bangga merupakan tema yang diangkat oleh Ancol untuk turut memeriahkan acara Jakarta Hajatan kali ini, sesuai dengan slogan Gubernur Jakarta yaitu Maju Kotanya, Bahagia Warganya. Kami turut berpartisipasi untuk bisa membahagiakan warga Jakarta dalam momen ulang tahun ke-495 Kota Jakarta.” kata Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali, Jumat (17/6/2022).  

Bagi masyarakat yang ingin memeperoleh tiket gratis wajib melakukan reservasi online melalui website resmi Ancol yaitu www.ancol.com. Satu akun bisa klaim maksimal dua tiket gratis.

Masyarakat diimbau untuk reservasi tiket gratis ini secepatnya karena kuota yang disiapkan terbatas. Proses reservasi tiket gratis ini sudah bisa diakses mulai tangal 15 hingga 21 Juni 2022 mendatang.

Berikut syarat dan ketentuan tiket gratis masuk Ancol dalam rangka memeriahkan Jakarta Hajatan:

1. Wajib melakukan reservasi sebelum kedatangan maksimum H-1 sebelum kunjungan.

2. Dapatkan tiket gratis orang masuk Ancol - Spesial Jakarta Hajatan 495th, hanya di www.ancol.com

3. Tiket gratis bisa didapatkan mulai tanggal 15 - 21 Juni 2022.

4. Tiket berlaku untuk kunjungan pada tanggal 22 Juni 2022 pukul 06.00 - 18.00 WIB.

5. 1 orang hanya dapat klaim tiket gratis maksimal 2 tiket

6. Tiket gratis belum termasuk tiket masuk kendaraan dan unit rekreasi (Dufan, Sea World, Ocean Dream Samudra, dan Atlantis Water Adventure)   


Gratis Masuk 11 Museum di Jakarta

Dekorasi Jakarta Hajatan 495 di Bundaran HI
Perbesar
Pekerja dan petugas Dinas Pertamanan dan Kehutanan (Tamhut) DKI Jakarta melalukan persiapan dekorasi Jakarta Hajatan 495 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (20/6/2022). Dekorasi berupa logo Jakarta Hajatan 495 dan peletakan bunga warna-warni di pinggir kolam Bundaran HI untuk memeriahkan HUT ke-495 Kota Jakarta. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dinas Kebudayaan (Disbud) DKI Jakarta melalui akun Instagram resminya @disbuddki, menyebut akan menggelar kunjungan gratis ke sejumlah museum di Ibu Kota pada Rabu, 22 Juni 2022 besok.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka menyemarakkan hari ullang tahun (HUT) atau Jakarta Hajatan ke-495.

Masyarakat dapat mengunjungi 11 museum yang dikelola Dinas Kebudayaan DKI Jakarta. Adapun 11 museum tersebut antara lain Museum Sejarah Jakarta, Museum Joang 45, Museum Prasasti, Museum MH Thamrin, dan Museum Tekstil.

Lalu ada Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Wayang, Museum Bahari, Taman Arkeologi Unrust, Rumah Si Pitung, dan Museum Betawi Setu Babakan.

"Halo sobat budaya,

Ada kabar gembira buat kamu nih!

Seperti yang kita tahu, Jakarta akan berulang tahun ke 495. Dalam menyemarakkan #JakartaHajatan kamu bisa kunjungi museum yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta secara gratis pada Rabu, 22 Juni 2022.

Jadi tunggu apalagi, yuk ajak sanak saudara untuk mengunjungi museum-museum ini. Jangan sampai terlewat yaa !," dikutip melalui Instagram resmi @disbuddki, Selasa (21/6/2022).

Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Perbesar
Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya