Top 3 News: Berlakunya 26 Titik Ganjil Genap Jakarta pada Selasa 21 Juni 2022

Oleh Muhammad AliDevira PrastiwiDelvira Hutabarat pada 22 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 22 Jun 2022, 08:00 WIB
Penindakan Perluasan Ganjil Genap
Perbesar
Anggota polisi melakukan penindakan kepada sebuah kendaraan saat ganjil genap di kawasan Jalan D.I Panjaitan, Jakarta, Senin (6/6/2022). Perluasan ganjil genap Jakarta tersebut dilakukan karena volume kendaraan meningkat di Ibu Kota RI tersebut ditiadakan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait masih terus berlakunya skema aturan ganjil genap di Jakarta. Termasuk pada Selasa 21 Juni 2022, ada 26 wilayah berlakukan ganjil genap di jalanan Jakarta.

Semula, ada 13 titik ganjil genap Jakarta. Namun kini bertambah 13 dan menjadi 26 titik wilayah ganjil genap Ibu Kota Jakarta. Sanksi tilang juga sudah berlaku terhitung sejak Senin 13 Juni 2022 lalu.

Penerapan aturan ganjil genap di Jakarta juga sejalan dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Kemudian, pada Senin 20 Juni 2022, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengubah 22 nama jalan di wilayah Ibu Kota tersebut. Puluhan nama jalan itu diambil dari para tokoh-tokoh Betawi, seperti komedian Mpok Nori dan Haji Bokir.

Menurut Anies, penggunaan nama tokoh Betawi sebagai nama jalan, gedung, dan zona akan menjadi penanda kehadiran mereka di Jakarta. Dia menyebut, Betawi otomatis akan menjadi sebuah museum.

Anies lantas bersyukur karena penetapan nama jalan, gedung, dan zona ini juga bertepatan dengan rangkaian acara HUT DKI atau Jakarta Hajatan ke-495.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah pada Selasa 21 Juni 2022, Presiden Joko Widodo atau Jokowi merayakan ulang tahun ke-61.

Tepat di hari ulang tahunnya, diselenggarakan pula Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP. Dan dalam kesempatan itu, Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan Politikus PDIP Krisdayanti, PDIP membawakan dua tumpeng untuk Jokowi. Dia lantas memotong dan memberikan potongan pertama tumpeng untuk Megawati. Selanjutnya Mega memotong tumpeng kedua dan memberikan kepada Jokowi.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 21 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Cek Seluruh 26 Titik Ganjil Genap Jakarta, Selasa 21 Juni 2022

Ganjil Genap di DKI Jakarta Kembali Diberlakukan
Perbesar
Kendaraan melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Senin (9/5/2022). Pembatasan kendaraan roda empat dengan sistem Ganjil Genap (GaGe) di wilayah DKI Jakarta mulai Senin, 9 April 2022, seiring dengan berakhirnya cuti bersama libur Lebaran 2022 atau Idul Fitri 1443 H. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Skema penerapan aturan ganjil genap di jalanan Jakarta tetap terus dijalankan. Bahkan kini, terjadi perluasan wilayah ganjil genap.

Semula, ada 13 titik ganjil genap Jakarta. Namun kini bertambah 13 dan menjadi 26 titik wilayah ganjil genap Ibu Kota Jakarta. Termasuk pada hari ini, Selasa 21 Juni 2022, ganjil berlaku di Jakarta.

Sanksi tilang juga sudah berlaku terhitung sejak Senin 13 Juni 2022 lalu. Sebelum akhirnya diterapkan sanksi tilang, sosialisasi perluasan ganjil genap dari 13 menjadi 26 titik tersebut telah dilakukan sejak Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Penerapan aturan ganjil genap di Jakarta juga sejalan dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Bahkan kini, pemerintah mengubah durasi penerapan PPKM di Indonesia. PPKM yang biasa diberlakukan selama dua pekan, kini berlangsung sebulan ke depan, yaitu mulai 7 Juni hingga 4 Juli 2022.

Seperti hari-hari sebelumnya, jadwal aturan penerapan gage di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

 

Selengkapnya...


2. Deretan Jalan di Jakarta yang Diganti Namanya oleh Anies Baswedan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Liputan6.com/Winda Nelfira)
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah mengubah 22 nama jalan di wilayah DKI Jakarta, Senin, 20 Juni 2022. Puluhan nama jalan itu diambil dari para tokoh-tokoh Betawi, seperti komedian Mpok Nori dan Haji Bokir.

Menurut Anies, penggunaan nama tokoh Betawi sebagai nama jalan, gedung, dan zona akan menjadi penanda kehadiran mereka di Jakarta. Dia menyebut, Betawi otomatis akan menjadi sebuah museum.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu bersyukur karena penetapan nama jalan, gedung, dan zona ini juga bertepatan dengan rangkaian acara HUT DKI atau Jakarta Hajatan ke-495. Anies berharap kegiatan ini menjadi ikthiar semua masyarakat Betawi dalam menciptakan perubahan.

"Izinkan saya dalam kesempatan ini menutup dengan rukunnya sebuah penetapan. Bismillahirrahmanirrahim Senin, 22 Juni 2022 peresmian penetapan nama jalan, gedung, zona dengan nama tokoh Betawi, dengan nama tokoh Jakarta di Provinsi DKI Jakarta secara resmi dibuka," kata Anies di Kantor Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

 

Selengkapnya...


3. Megawati Beri Kejutan dan Tumpeng Ultah ke Jokowi

FOTO: Megawati Buka Rakernas PDIP, Jokowi Beri Paparan
Perbesar
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri (kanan) mengangkat tumpeng pemberian Presiden Joko Widodo atau Jokowi (kiri) saat Rakernas II PDIP di Jakarta, Selasa (21/6/2022). Rakernas PDIP kali ini mengusung tema 'Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat'. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-61 pada Selasa 21 Juni 2022. Ucapan dan doa mengalir dari pejabat hingga masyarakat untuk Jokowi.

Saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. 

Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan Politikus PDIP Krisdayanti, PDIP membawakan dua tumpeng untuk Jokowi.

Megawati nampak bertepuk tangan sambil ikut bernyanyi selamat ulang tahun, Jokowi nampak tersenyum dari balik masker nya.

Jokowi lantas memotong dan memberikan potongan pertama tumpeng untuk Megawati. Selanjutnya Mega memotong tumpeng kedua dan memberikan kepada Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (PDIP) dijadwalkan memberi sambutan di kegiatan tersebut.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa Rakernas PDIP kali ini mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara".

Hasto menjelaskan, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Bahwa pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa.

 

Selengkapnya...

Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya