Sukses

Sederet Ucapan dan Untaian Doa di Hari Ulang Tahun ke-61 Jokowi

Presiden Joko Widodo atau Jokowi merayakan ulang tahun pada hari ini, Selasa (21/6/2022). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kini genap berusia 61 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi merayakan ulang tahun pada hari ini, Selasa (21/6/2022). Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kini genap berusia 61 tahun.

Sejumlah ucapan dan untaian doa pun bergema untuk Jokowi. Salah satunya disampaikan Kementerian Sekretariat Negara melalui akun media sosial Instagram resminya @kemensetneg.ri.

"Selamat Ulang Tahun Presiden RI, Bapak @jokowi, senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan, serta keselamatan dalam memimpin bangsa," tulis akun Kementerian Sekretariat Negara @kemensetneg.ri, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (21/6/2022).

Bahkan, Kementerian Sekretariat Negara pun menyelipkan ucapan pantun jenaka kepada politikus kelahiran Solo tahun 1961 ini.

"Pulang kampung pakai tol Jagorawi,

Tiba di rest area membeli daging semur

Selamat ulang tahun Bapak Jokowi,

Semoga bahagia dan panjang umur," tutup akun tersebut.

Tak mau ketinggalan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga mengucapkan selamat dan mendoakan sang kepala negara.

"Selamat ulang tahun yang ke-61. Ada banyak sekali doa dari warga bangsa yang mengharapkan bapak selalu sehat mendoakan bapak selalu kuat untuk memimpin negeri ini, sehat selalu," kata Ganjar melalui media sosial Instagramnya @ganjarpranowo, seperti dikutip Liputan6.com.

Bahkan Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP. Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan Politikus PDIP Krisdayanti, PDIP membawakan dua tumpeng untuk Jokowi.

Tak ketinggalan, para menteri di kabinet Jokowi juga menyampaikan ucapan selamat dan menguntai doa-doa indah untuk suami dari Iriana ini.

Misalnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno yang menyampaikannya dalam sebuah unggahan cuplikan video yang menampilkan foto-foto Jokowi, di akun Instagram pribadinya, @sandiuno.

"Selamat ulang tahun Bapak Presiden RI @jokowi yang ke-61 tahun, barakallah fii umrik," tulis Sandiaga Uno.

Berikut sederet ucapan selamat serta untaian doa untuk ulang tahun ke-61 Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Gubernur Jawa Tengah dan Mantan Wapres RI

Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia 61 tahun pada hari ini, Selasa, 21 Juni 2022. Pantauan dari media sosial, untaian ucapan selamat mengalir dengan doa-doa terbaik untuk sang kepala negara. Salah satunya dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Selamat ulang tahun yang ke-61. Ada banyak sekali doa dari warga bangsa yang mengharapkan bapak selalu sehat mendoakan bapak selalu kuat untuk memimpin negeri ini, sehat selalu," kata Ganjar melalui media sosialnya, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (21/6/2022).

Selain dari Ganjar, ucapan senada juga datang dari tokoh nasional lainnya, seperti Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla. Dia mendoakan agar Jokowi terus diberi petunjuk dari Yang Maha Esa untuk selalu diberi kekuatan memimpin NKRI.

"Selamat Ulang Tahun yang ke 61, Bpk Ir. H. Joko Widodo (@jokowi ). Semoga sehat selalu dan panjang umur serta senantiasa diberi kekuatan dan petunjuk dalam memimpin bangsa kita. Aamiin YRA," tutur Jusuf Kalla yang juga ditulis melalui akun Instagramnya.

Meski mendapat ucapan dan harapan di hari ulang tahunnya, Jokowi sendiri belum menuliskan apa pun terkait hari ulang tahunnya di media sosial.

 

3 dari 7 halaman

2. PDIP

Ucapan dan doa mengalir dari pejabat hingga masyarakat untuk Jokowi. Saat menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDIP, Jokowi mendapat kejutan oleh Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Diiringi musik Selamat Ulang Tahun yang dinyanyikan Politikus PDIP Krisdayanti, PDIP membawakan dua tumpeng untuk Jokowi.

Megawati nampak bertepuk tangan sambil ikut bernyanyi selamat ulang tahun, Jokowi nampak tersenyum dari balik masker nya.

Jokowi lantas memotong dan memberikan potongan pertama tumpeng untuk Megawati. Selanjutnya Mega memotong tumpeng kedua dan memberikan kepada Jokowi.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (PDIP) dijadwalkan memberi sambutan di kegiatan tersebut.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto menjelaskan bahwa Rakernas PDIP kali ini mengusung tema "Desa Kuat, Indonesia Maju dan Berdaulat". Dengan sub tema "Desa Taman Sari Kemajuan Nusantara".

Hasto menjelaskan, Indonesia memiliki kepentingan yang besar untuk memastikan pembangunan desa. Bahwa pembangunan Indonesia ke depan, dimulai dari desa.

 

4 dari 7 halaman

3. Kementerian Sekretariat Negara dan Kementerian Keuangan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) genap berusia 61 tahun pada hari ini, Selasa, 21 Juni 2022. Pantauan dari media sosial, untaian ucapan selamat mengalir dengan doa-doa terbaik untuk sang kepala negara.

"Selamat Ulang Tahun Presiden RI, Bapak @jokowi, senantiasa diberikan kesehatan dan kekuatan, serta keselamatan dalam memimpin bangsa," tulis akun Kementerian Sekretariat Negara @kemensetneg.ri, seperti dikutip Liputan6.com, Selasa (21/6/2022).

Bahkan, Kementerian Sekretariat Negara pun menyelipkan ucapan pantun jenaka kepada pria kelahiran Solo tahun 1961 ini.

"Pulang kampung pakai tol Jagorawi,

Tiba di rest area membeli daging semur

Selamat ulang tahun Bapak Jokowi,

Semoga bahagia dan panjang umur," tutup akun tersebut.

Senada, Kementerian Keuangan juga menyampaikan ucapan selamat. Selain dengan kata-kata, kementerian yang dikomandoi oleh Sri Mulyani ini juga memberikan tayangan visual grafis mobil berplat RI-1.

"Selamat ulang tahun ke-61 Presiden Republik Indonesia @jokowi. Senantiasa diberikan kemudahan dalam memimpin bangsa demi tercapainya Indonesia Maju," tulis Kemenkeu.

 

5 dari 7 halaman

4. Menparekraf

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, menjadi salah satu menteri dalam kabinet presiden yang turut menyampaikan harapan dan doanya di hari ulang tahun Jokowi.

Ucapan dan doa ulang tahun itu Sandiaga Uno sampaikan dalam sebuah unggahan cuplikan video yang menampilkan foto-foto Jokowi, di akun Instagram pribadinya, @sandiuno.

"Selamat ulang tahun Bapak Presiden RI @jokowi yang ke-61 tahun, barakallah fii umrik," tulis Sandiaga Uno, dikutip Selasa (21/6/2022).

"Saya, keluarga serta juta-an masyarakat Indonesia akan selalu mendoakan Bapak, semoga Allah SWT melimpahkan sebanyak-banyaknya rahmat, karunia, nikmat sehat, rezeki berlimpah yang barokah, terus-menerus selalu dalam lindungan Allah SWT Aamiin Ya Rabbal’alamin," tuturnya.

Selain itu, Sandiaga Uno juga memuji sosok Jokowi dengan kerja kerasnya membangkitkan perekonomian Indonesia, yang sempat menghadapi tantangan berat di masa pandemi Covid-19.

"Saya melihat sosok Pak Jokowi yang tidak kenal lelah dan terus semangat demi membangkitkan perekonomian Indonesia, mulai dari pandemi covid-19 yang melanda di tahun 2020, beliau terus bergerak bersama-sama, berkolaborasi dan bersinergi untuk bangkitkan ekonomi & ciptakan lapangan kerja seluas-luasnya," ujar Sandiaga Uno.

"Pantang menyerah untuk membangun Indonesia, sehat dan sukses selalu, Pak!," tutupnya.

 

6 dari 7 halaman

5. Menko Marves

Kemudian, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan juga mengucapkan selamat dan mendoakan orang nomor satu di Indonesia itu.

"Selamat Ulang Tahun ke-61, Presiden Joko Widodo. Tetap penuh semangat dan inspirasi meskipun ujian datang silih berganti. Semoga Tuhan YME selalu memberikan berkat kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam memimpin Ibu Pertiwi," tulis Luhut melalui akun Instagramnya @luhut.pandjaitan.

Dia pun mengungkapkan 8 tahun pengalamannya di dalam pemerintahan yang diberi kepercayaan oleh Jokowi. Menurutnya, tidak mudah mencari pemimpin sejati seperti mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Tidak mudah mencari pemimpin seperti Presiden Joko Widodo. Delapan tahun lamanya sejak saya diberikan kepercayaan untuk menjalankan tugas sebagai menteri di bawah kepemimpinan Presiden @jokowi, saya menyadari bahwa ada rasa percaya yang cukup besar ketika melihat keteladanan dalam memimpin yang beliau tunjukkan," tuturnya.

Menurutnya, ketika ia mengenal Jokowi dari belasan tahun lalu sosok eks Wali Kota Solo itu tidak berubah.

Dia mengatakan, Jokowi tidak pernah memiliki kepentingan pribadi dalam jabatannya sebagai Kepala Negara Republik Indonesia ini.

Luhut lalu bercerita mengenai para pemimpin negara yang ia temui memiliki rasa hormat kepada Jokowi. Dia pun bangga bekerja sungguh-sungguh untuk Jokowi.

"Pun demikian hal nya para pemimpin negara yang saya temui, mereka semua selalu menyampaikan apresiasi dan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo. Saya berpikir apakah apresiasi dan rasa hormat itu muncul karena keteladanan "leadership" beliau, atau karena mereka melihat Indonesia saat ini termasuk negara yang perekonomiannya tetap tahan terhadap goncangan meski di tengah gempuran krisis global yang melanda seluruh dunia ? Apapun itu, bagi saya yang paling penting adalah saya bahagia bisa bekerja dan mengabdi secara "all out" untuk beliau," ungkap Luhut.

Luhut merasa Jokowi adalah seorang pemimpin dan sahabat yang saling percaya satu sama lain. Menurutnya, Jokowi telah berupaya berkali-kali melindungi dirinya dengan memindahkan dirinya ke beberapa posisi.

"Sebagai seorang pimpinan sekaligus sahabat yang saling percaya satu sama lain, saya seringkali merasa bahwa beliau berkali-kali berupaya melindungi saya dengan memindahkan saya ke beberapa posisi, mungkin beliau tidak pernah sampaikan secara eksplisit maksud dari sikap beliau, tetapi saya tahu maksudnya," jelas Luhut.

 

7 dari 7 halaman

6. Menko Perekonomian dan Menteri Keuangan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyambut ulang tahun Jokowi dengan menyampaikan doa untuk sang presiden.

"Selamat ulang tahun ke-61 Bapak Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo @jokowi. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, keberkahan dan perlindungan. Aamiin YRA," tulis Airlangga dalam postingannya di Instagram pada Selasa (21/6/2022).

Doa dan harapan di hari ulang tahun Jokowi juga datang dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.

"Selamat ulang tahun Bapak Presiden @jokowi," tulis Sri Mulyani, dalam postingan Instagram yang menampilkan cuplikan video kebersamaannya dengan Jokowi saat bertugas.

"Semoga Allah SWT senantiasa melindungi dan melimpahkan karunia usia panjang yang penuh berkah, keselamatan, kebijaksanaan dan kesehatan serta kekuatan dalam memimpin Indonesia di tengah ujian pandemi, perjuangan pemulihan ekonomi, memajukan kesejahteraan rakyat yang adil dan merata, dalam lingkungan ketegangan geopolitik yang makin meningkat," tuturnya.

"Semoga Allah SWT membalas jasa Bapak Presiden dengan kebaikan," tambah Sri Mulyani.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.