Sukses

Survei LSP: Prabowo dan Puan Punya Elektabilitas Tertinggi Sebagai Capres Elite Parpol

Lingkaran Suara Publik (LSP) menyampaikan hasil survei terkait kecenderungan elektabilitas calon presiden dari elite partai politik jelang Pemilu 2024.

Liputan6.com, Jakarta Lingkaran Suara Publik (LSP) menyampaikan hasil survei terkait kecenderungan elektabilitas calon presiden dari elite partai politik jelang Pemilu 2024.

Hasilnya, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Ketua DPR Puan Maharani mendominasi perolehan suara responden.

"Prabowo Subianto ada di urutan pertama (32,7%), diikuti oleh Puan Maharani (20,1%), lalu Agus Harimurti Yudhoyono (16,8%), Muhaimin Iskandar (10,9%), dan Airlangga Hartarto (8,8%). Sedangkan responden yang mengaku belum memiliki pilihan sebesar 10,7%," kata Peneliti Senior LSP Indra Nuryadin saat jumpa pers daring, Senin (20/6/2022).

Meski mendominasi, namun saat pertanyaan terhadap responden diputar dengan pilihan sosok calon presiden yang tidak khusus berasal dari elite partai, hasilnya nama Puan tidak lebih besar ketimbang Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hingga Gubernur Jawa Timur Ridwan Kamil.

"Nama Pak Prabowo masih di urutan satu (27,7%), diikuti Pak Anies (16,8), lalu Ganjar Pranowo (16,5%), kemudian Ridwan Kamil (5,9%)," jelas Indra.

Indra menambahkan, nama Puan dalam skema pertanyaan tersebut berada di persentase 5,3% atau di bawah Agus Harimurti yang memiliki persentase suara responden sebesar 5,7%.

Indra berkesimpulan, Prabowo menjadi calon presiden 2024 terkuat dalam skema khusus eliter partai politik dan secara umum.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Sudah Cukup Kuat

Dia meyakini, angka Prabowo sudah cukup kuat bahkan mendekati suara pada hasil Pemilu 2019. Padahal, Prabowo belum menunjukkan intensinya menjadi calon presiden 2024 secara gamblang melalui deklarasi.

Selain elektabilitas Prabowo, dua calon presiden pesaing terdekat Anies dan Ganjar berada pada selisih angka yang sangat tipis.

"Perolehan hanya berjarak 0,3% saja. Tapi yang menarik adalah mulai naiknya elektabilitas Puan. Secara perlahan ia berhasil memangkas selisih dengan calon lain dan mendekati AHY dengan selisih hanya 0,4%," Indra menutup.

 

3 dari 3 halaman

Terkait Survei

Sebagai informasi, temuan saat survei dilaksanakan pada 29 Mei-9 Juni 2022 dengan jumlah sampel 1230 responden, margin of error 2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Sampel tersebut merupakan penduduk yang berusia 17 tahun keatas dan disebar secara proporsional di 34 provinsi di Indonesia.

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan bantuan kuesioner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.