Sukses

Puan Maharani Sebut Gibran Didorong Maju di Pilgub 2024

Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub 2024.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDIP Puan Maharani mengakui Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka untuk maju di Pemilihan Gubernur atau Pilgub 2024.

Putra sulung Presiden Joko Widodo atau Jokowi itu didorong maju oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.

"Tentu saja mas Wali Kota Solo (Gibran) jadi salah satu kader sesuai dengan mekanisme kami pertimbangkan maju di Pilkada 2024," ujar Puan saat Haul Bung Karno di Masjid At-Taufiq, Lenteng Agung, Jakarta, Senin (20/6/2022).

Namun, dia belum mau mengungkap apakah Gibran didorong maju di Pilgub DKI Jakarta atau Jawa Tengah. Dirinya mengatakan, Pilkada serentak masih terlalu jauh sehingga belum ada keputusan.

"Masih jauh banget kita Pilpres dulu bulan Februari karena Pilkada masih bulan November setelah persiapan Pilpres mateng, setelah kita selesai Pilpres bulan Februari baru kita persiapan Pilkada," ujar ketua DPR RI ini.

Puan meminta Gibran untuk saat ini fokus bekerja memimpin Kota Solo hingga masa jabatannya berakhir di 2024.

"Sekarang lebih baik semua kepala daerah itu fokus kepada wilayah masing-masing sampai masa jabatan berkahir sehingga bermanfaat bagi daerahnya," kata dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Gibran

Sebelumnya, Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku banyak mendapatkan masukan saat bertandang ke kediaman Prabowo Subianto, Sabtu (18/6/2022).

Selain mengajari cara berkuda, Menteri Pertahanan itu juga memberikan nasihat dan pesan lainnya.

Namun, putra sulung Presiden Jokowi enggan membeberkan isi pesan dan nasihat dari Prabowo. Saat ditanyakan terkait dukungan untuk maju sebagai gubernur, Gibran tak menepisnya.

"Ya pasti, ya jelas di salah satu provinsi," ujar Gibran saat ditemui di Gor Sritex Arena, Minggu (19/6/2022).

Gibran enggan menyebutkan provinsi mana yang menjadi pilihan saat Pilgub nanti. Namun saat didesak apakah provinsi tersebut Jawa Tengah atau DKI Jakarta, Gibran hanya menganggukkan kepalanya.

 

3 dari 3 halaman

Ungkap Isi Pertemuan Prabowo dan Gibran di Hambalang

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebut kunjungan yang dilakukan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka ke Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto adalah kunjungan biasa.

"Ya, itu kan silaturahmi biasa. Pak Prabowo itu selalu membangun komunikasi dan silaturahmi sama siapa saja," ujar Riza di Gedung ACLC KPK, Rasuna Said, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Riza tak menjelaskan rinci isi pertemuan tersebut. Termasuk soal adanya pesan Prabowo kepada Gibran maju dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah.

Riza hanya menyebut partainya membuka kerja sama dengan berbagai pihak.

"Ya, pokoknya kita punya komitmen kuat lah untuk membangun kerjasama yang baik," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.