Jalur Kereta Bogor-Sukabumi Tertimbun Longsor, Perjalanan KA Pangrango Dibatalkan

Oleh Achmad Sudarno pada 20 Jun 2022, 20:05 WIB
Diperbarui 20 Jun 2022, 20:05 WIB
Kereta Api (KA) Pangrango relasi Bogor-Sukabumi akan kembali beroperasi mulai Minggu 10 April 2022
Perbesar
Kereta Api (KA) Pangrango relasi Bogor-Sukabumi akan kembali beroperasi mulai Minggu 10 April 2022. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Bogor - Jalur kereta api (KA) lintas Bogor-Sukabumi tertimbun longsor di KM 38+5 antara Stasiun Cibadak-Parungkuda, Senin (20/6/2022). Akibatnya, jadwal KA Pangrango dari Stasiun Sukabumi menuju Bogor maupun sebaliknya dibatalkan.

"Selama perbaikan, terdapat 2 perjalanan KA yang dibatalkan, yakni KA 217B relasi Sukabumi - Bogor jadwal keberangkatan pukul 17.25 WIB dan KA 214C relasi Bogor - Sukabumi jadwal keberangkatan pukul 19.50 WIB," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa dalam keterangan tertulisnya.

Menurutnya, longsor yang menutup jalur rel tersebut terjadi sekitar pukul 16.42 WIB. Hingga kini tim PT KAI Daop 1 Jakarta masih terus melakukan upaya perbaikan dan sterilisasi jalur dari longsoran agar lintasan tersebut dapat kembali dilalui kereta api.

"Kami mengucapkan permohonan maaf atas pembatalan perjalanan KA Pangrango lintas Sukabumi - Bogor (PP) akibat longsor tersebut," ucapnya.

Para pengguna jasa KA Pangrango diimbau agar menggunakan alternatif transportasi lainnya. Bagi pengguna jasa yang telah membeli tiket dan terdampak pembatalan dapat melakukan pengembalian tiket dengan penggantian bea 100 persen sesuai harga tiket.

Pengembalian bea tiket dapat dilakukan di loket stasiun terdekat yang melayani perjalanan KA Pangrango. Proses pengembalian dapat dilakukan hingga 14 hari ke depan, sehingga pengguna jasa yang telah membeli tiket tidak perlu terburu-buru menuju stasiun untuk proses pembatalan.

"Kepada para pengguna jasa KA Pangrango untuk mengikuti arahan dari petugas yang ada di stasiun," kata dia.


Stasiun Bogor Layani Penumpang KA Pangrango

Stasiun Bogor
Perbesar
Suasana Stasiun Bogor setelah kejadian KRL anjlok. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Sebelumnya diberitakan, Stasiun Bogor telah melayani penumpang kereta api (KA) Pangrango mulai 1 Juni 2022. Dengan begitu, penumpang yang hendak menuju Sukabumi bisa naik dari stasiun tersebut.

"Layanan ini khusus penumpang KA Pangrango dengan pemesanan tiket melalui aplikasi KAI Access atau tiket online dan minimarket yang sudah bekerja sama dengan KAI," ujar Kahumas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa, Senin (30/5/2022).

Menurutnya, dibukanya layanan di Stasiun Bogor untuk memberikan alternatif dan kemudahan bagi calon penumpang Kereta Api Pangrango yang akan menuju Sukabumi.

"Jadi bagi calon penumpang KA Pangrango yang sudah membeli tiket melalui jalur online kini diberikan pilihan dapat naik dari Stasiun Bogor ataupun Stasiun Paledang," terangnya.

Adapun jadwal keberangkatan KA Pangrango dari Stasiun Bogor, yakni:

- Berangkat 08.20 WIB tiba di Sukabumi 10.30 WIB

- Berangkat 14.20 WIB tiba di Sukabumi 16.30 WIB

- Berangkat 19.50 WIB tiba di Sukabumi 22.00 WIB

Rangkaian KA Pangrango terdiri dari 2 kereta eksekutif dan 4 kereta ekonomi. Penumpang dapat melakukan pemesanan tiket melalui Aplikasi KAI Access atau pembelian go show 3 jam sebelum jadwal keberangkatan di loket stasiun.

Tarif tiket KA Pangrango untuk kelas eksekutif Rp80.000 dan kelas ekonomi yakni Rp40.000.

KA Pangrango juga melayani naik turun penumpang di sejumlah stasiun pemberhentian lainnya seperti, Stasiun Batutulis, Maseng, Cigombong, Cicurug, Parungkuda, Cibadak, Karangtengah, Cisaat dan Sukabumi.

[INFOGRAFIS] Menakar Kehebatan 4 Kereta Tercepat Sejagat -
Perbesar
belum
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya