Sukses

Anies Resmikan Penamaan Jalan hingga Gedung di Jakarta dengan Nama Tokoh Betawi

Anies bersyukur penetapan nama jalan, gedung, dan zona dengan nama tokoh-tokoh Betawi ini bertepatan dengan rangkaian acara Jakarta Hajatan ke-495.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara peresmian penetapan nama jalan dengan nama tokoh-tokoh Betawi di kantor Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Senin (20/6/2022).

Anies Baswedan hadir sekitar pukul 16.30 WIB dengan mengenakan baju dan celana hitam khas Betawi lengkap dengan kain hijau yang dikalungkan di leher. Dia juga mengenakan sendal khas Betawi.

Hadir pula Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta Suzi Marsitawati, Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin, dan sejumlah tokoh yang kompak mengenakan baju Betawi. Hadir juga perwakilan keluarga dari nama-nama tokoh yang diusulkan.

Saat datang Anies disambut oleh sejumlah tamu yang sudah lebih dahulu hadir. Secara bergantian mereka menyalami dan berbincang kecil dengan Anies. Di dalam gedung Unit Pengelola Perkampungan Budaya Betawi, Anies juga diberikan dua lukisan dengan ukuran besar.

Dalam sambutannya, Anies mengapresiasi usulan penggunaan nama tokoh-tokoh Betawi sebagai nama jalan, gedung, dan zona di Jakarta. Terlebih, kata Anies, beberapa nama yang diusulkan belum tercatat sebagai pahlawan nasional.

"Sebagaimana dalam hadist dikatakan sebaik manusia adalah yang bermanfaat pada sesama. Kita kenang ingat hidupnya dihibahkan untuk kemajuan. Ada yang sudah dikenang sebagai pahlawan nasional ada pula yang belum dicatat sebagai pahlawan nasional," kata Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bertepatan dengan Rangkaian Jakarta Hajatan ke-495

Menurut Anies, menggunakan nama tokoh sebagai nama jalan, gedung, dan zona akan menjadi penanda kehadiran para tokoh tersebut di Jakarta. Anies menyebut, Betawi otomatis akan menjadi sebuah museum.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu bersyukur karena penetapan nama jalan, gedung, dan zona ini juga bertepatan dengan rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) Kota Jakarta atau Jakarta Hajatan ke-495.

Anies berharap kegiatan ini menjadi ikthiar semua masyarakat Betawi dalam menciptakan perubahan.

"Izinkan saya dalam kesempatan ini menutup dengan rukunnya sebuah penetapan. Bismillahirrahmanirrahim Senin, 22 Juni 2022 peresmian penetapan nama jalan, gedung, zona dengan nama tokoh Betawi dengan nama tokoh Jakarta di Provinsi DKI Jakarta secara resmi dibuka," kata Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.