Sukses

Saat Jokowi Lupa Sapa Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto di Sidang Kabinet Paripurna

Presiden Jokowi hampir lupa mempunyai dua menteri baru di kabinetnya, yakni Zulkifli Hasan dan Hadi Tjahjanto. Momen itu terjadi pada Sidang Kabinet Paripurna yang perdana diikuti oleh dua menteri baru tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi hampir lupa memiliki menteri baru di kabinetnya, yakni Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto.

Momen ini terjadi saat Jokowi memimpin sidang kabinet paripurna pada hari ini, Senin (20/6/2022). Ini juga menjadi sidang kabinet paripurna perdana bagi Zulhas --sapaan Zulkifli Hasan-- dan Hadi Tjahjanto yang baru dilantik menjadi menteri belum lama ini.

Presiden Jokowi mengawali arahannya dengan menyinggung soal efisiensi terhadap bantuan yang diberikan Kementerian Keuangan (Kemenkeu). 

“Jangan hanya berharap terus pada subsidi Menteri Keuangan tanpa ada usaha efisiensi di PLN, di Pertamina,” kata Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (20/6/2022).

Di antara jajaran pembantunya yang hadir, pandangan Jokowi kemudian tertuju pada dua sosok baru yang duduk di kursi menteri Kabinet Indonesia Maju sejak Rabu pekan kemarin. Dia pun menyapa Zulhas dan Hadi sebelum melanjutkan arahannya. 

“Oh iya saya lupa. Selamat datang pada menteri baru Pak Zulhas Mendag, Pak Hadi Menteri ATR. Maaf lupa, ngelihat baru ingat,” ucap Jokowi.

Jokowi kemudian melanjutkan arahannya dengan menegaskan pentingnya peningkatan produksi. Sehingga Indonesia tidak bergantung pada impor sumber minyak yang ada agar harga di masyarakat tetap terjangkau.

“Yang jelas yang paling penting solusi pendeknya menjaga harga di masyarakat bawah agar stabil dan terjangkau,” ucap Jokowi menegaskan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jokowi Lantik Zulhas dan Hadi

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinetnya. 

Dia kemudian melantik Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan (Mendag) dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Pelantikan dilakukan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Adapun Zulhas dilantik menjadi Mendag menggantikan posisi M Luthfi yang terkena reshuffle. Sementara Hadi menggantikan posisi Sofyan Djalil yang juga terkena reshuffle kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 64/P Tahun 2022 tentang pemberhentian dan pengangkatan menteri negara Kabinet Indonesia Maju periode tahun 2019-2024.

"Saudara Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan. Kedua Haji Tjahjanto sebagai Menteri Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional," ucap Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.