Sukses

Buka Seminar APSSI, Anies Tekankan Pentingnya Integrasi Nasional 

Anies menyebut di sisi lain Pemerintah Provinsi (Pemprov) menjadi garda depan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah.

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membuka secara resmi Seminar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Gedung Raya Semarak, Bengkulu, Minggu malam 19 Juni 2022. Acara itu mengusung tema 'Menjaga dan Membangun Integrasi Nasional'.

Turut hadir Menkopolhukam Mahfud Md, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, serta para peserta yang terdiri dari utusan masing-masing Pemerintah Daerah.

Anies mengapresiasi Menkopolhukam serta Gubernur Bengkulu sebagai tuan rumah yang menyambut semua utusan dari seluruh anggota APPSI. Dia juga menilai tema yang diangkat strategis untuk perjalanan bangsa dan negara.

“Izinkan kami atas nama APPSI berterima kasih kepada Menkopolhukam dan jajaran yang telah hadir. Karena sebuah kehormatan bagi kami, serta kami terima kasih kepada Gubernur Bengkulu yang menjadi tuan rumah,” kata Anies.

Menurut Anies tema itu menjadi reflektif terkait tugas dan tanggung jawab para anggota APPSI. Tema yang diangkat juga mengingatkan peran dari APPSI yang di satu sisi memiliki tanggung jawab untuk menjalankan program pembangunan masing-masing wilayah dengan baik.

Anies menyebut di sisi lain Pemerintah Provinsi (Pemprov) menjadi garda depan bagi pemerintah pusat untuk menjalankan fungsi-fungsi yang harus dilaksanakan di tingkat daerah.

“Maka dari itu penting bagi kami melihat dinamika yang terjadi dan bagaimana kita bisa memastikan bahwa integrasi nasional benar-benar berjalan dengan baik," ujarnya.

Anies juga menjelaskan pentingnya integrasi nasional yang menempatkan persatuan sebagai unsur utama. Pada saat ini, kata Anies, berbagai sektor mengalami kemajuan. Namun, ada yang kemajuannya pesat dan ada yang lambat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buka Munas JATTI

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghadiri acara Silahturahmi dan Musyawarah Nasional (Munas) pertama Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI). Anies dijadwalkan membuka secara resmi acara Silahturahmi dan Munas JATTI tersebut bersama Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani.

Anies Baswedan datang pukul 15.02 WIB dengan mengenakan jas warna hitam dipadu kemeja warna biru muda. Dia juga mengenakan peci hitam senada dengan tamu lainnya yang hadir.

Dalam sambutannya, Anies mengucap syukur telah diberkahi kesehatan sehingga dapat hadir di acara yang sudah direncanakan cukup lama itu. Dia menyebut JATTI memberikan kesempatan untuk dapat berpahala karena tidak adanya sponsor yang diikutsertakan dalam kegiatan tersebut.

"Saya lihat tadi spanduknya tidak ada sponsor lain selain JATTI, jadi kita dikasih kesempatan berpahala oleh JATTI," kata Anies di Hotel Grand Cempaka, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Setiap kali mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini menyelesaikan kalimat dalam sambutannya, selalu diiringi tepuk tangan riuh dari seluruh tamu yang hadir.

 

3 dari 3 halaman

Pesan Perubahan Umat

Dalam kesempatan ini, Anies juga menyebut acara Silahturahmi dan Munas JATTI telah mengirimkan pesan perubahan bagi umat.

"Kami ucapkan selamat kepada JATTI yang telah menyelenggarakan Silahturahmi dan Musyawarah Nasional Pertama di Jakarta, mudah-mudahan acara ini berjalan dengan lancar dan InsyaAllah ini akan makin memberikan manfaat dalam mendorong kemajuan umat, bisa menjaga persatuan dan menguatkan persatuan," kata Anies.

Dia berharap nantinya JATTI dapat berkontribusi dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik. Terutama bagi dunia pendidikan masyarakat Indonesia.

"Harapannya nantinya akan bisa membuat Indonesia makin tenang, aman, damai sehingga kita bisa membuat pembangunan dengan baik memberikan manfaat kepada seluruh masyarakat. Selamat untuk JATTI dan InsyaAllah kita di Jakarta senang bisa menyambut, kita senang bisa menjadi tuan rumah," tutur Anies.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.