Sukses

Anies Baswedan Masuk Nominasi Capres 2024 PKS: Punya Peluang untuk Menang

Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk nominasi calon presiden 2024 yang akan diusulkan partainya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Al-Jufri mengatakan, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masuk nominasi calon presiden 2024 yang akan diusulkan partainya.

Disebutkan, Mantan Menteri Pendidikan era Presiden Jokowi ini dinilai memiliki peluang menang yang tinggi di Pemilu 2024.

"(Anies) masuk nominasi ya, masuk nominasi. Pasti lah yang popularitasnya tinggi, elektabilitasnya tinggi kan pasti nominasi. Punya peluang untuk menang," ujar Salim di kawasan JCC, Jakarta, Minggu (19/6/2022).

Meski demikian, PKS punya mekanisme sendiri untuk menentukan siapa calon presiden yang akan diusung di Pilpres 2024. Yaitu melalui pembahasan di majelis syuro.

Saat ini rapat majelis syuro tersebut belum digelar.

"Kita mungkin nanti mulai kita bahas di majelis syuro di lembaga tertinggi. Biasanya setahun sekali setahun dua kali," ujar Salim.

Salim mengatakan, paling dekat PKS akan mengambil keputusan mengenai calon presiden di majelis syuro sekitar bulan Agustus 2022.

"Paling dekat Agustus," katanya.

Dalam Rapimnas PKS 20-21 Juni, tidak menutup kemungkinan calon presiden yang akan diusulkan juga dibahas.

"Kemungkinan kalau udah Rapimnas pasti pembahasan tapi saya enggak yakin sih kalau akan ada menyebutkan nama itu lembaga tinggi partai," ujar Salim.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dibahas soal Koalisi

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Nabil Ahmad Fauzi mengatakan, PKS baru akan membahas arah koalisi dan intensif berkomunikasi dengan Parpol lain usai Rapimnas yang akan digelar 20-21 Juni besok.

"Pasca Rapimnas PKS pekan depan, kami juga siap berlari menuju 2024, termasuk dengan mengintensifkan komunikasi politik dengan parpol-parpol yang ada," ujar Nabil saat dikonfirmasi, Minggu (19/6/2022).

Nantinya keputusan final kemana PKS akan bergabung akan melalui Musyawarah Majelis Syuro.

"Kalau untuk finalnya PKS bergabung dengan koalisi mana, tentu akan ditentukan oleh keputusan Musyawarah Majelis Syuro PKS," ujar Nabil.

 

3 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih Anies

Diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan angkat bicara soal dirinya menjadi pilihan bakal calon presiden atau capres di Pemilu 2024 oleh partai NasDem.

"Ini adalah sebuah kehormatan. Jadi saya ingin sampaikan apresiasi terima kasih dan respek kepada DPW NasDem yang mengusulkan dan juga DPP partai NasDem," kata dia saat ditemui di Lapangan Sepak Bola TNI AU Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Anies menyampaikan apresiasi kepada seluruh DPW partai NasDem yang sudah memilih dirinya. Dia juga berterima kasih pada Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Kami sampaikan rasa hormat apresiasi dan respek pada ketua umum Pak Surya Paloh dan seluruh jajaran yang memulai sebuah terobosan yang cukup baru, yaitu memberikan ruang pada pimpinan wilayah untuk ikut menentukan, untuk ikut mengusulkan," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.