Monas Kembali Dibuka untuk Umum, Pengelola Tak Batasi Pengunjung

Oleh Muhammad Ali pada 19 Jun 2022, 06:06 WIB
Diperbarui 19 Jun 2022, 06:06 WIB
Monas Kembali Dibuka Secara Bertahap
Perbesar
Warga saat berkunjung pada hari perdana uji coba pembukaan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata Monas secara bertahap dan terbatas denggan jam operasional dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

 

Liputan6.com, Jakarta - Pengelola bangunan ikonik kota Jakarta, Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, tidak membatasi jumlah pengunjung selama periode uji coba pembukaan kembali untuk umum.

"Tidak dibatasi, hanya waktu saja yang dibatasi. Kita mulai buka gerbang jam 6 pagi, nanti ditutup jam 4 sore," kata Humas Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Monas, Nursamin saat ditemui di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Sabtu 18 Juni 2022.

Nursamin menjelaskan, UPK Monas hanya membatasi waktu kunjungan, yakni pukul 06.00-16.00 WIB. Monas ditutup untuk umum setiap Senin untuk dilakukan perawatan.

Pengunjung dapat masuk melalui satu-satunya gerbang, yakni melalui Pintu Lenggang Jakarta dengan memastikan sudah melengkapi vaksinasi, melakukan skrining aplikasi PeduliLindungi dan mencuci tangan.

Jika ada pengunjung belum melengkapi vaksinasi, UPK Monas menyediakan gerai vaksinasi di Pintu Lenggang Jakarta.

Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan untuk berada di area kawasan Taman Medan Merdeka atau lingkar luar Monas. Sedangkan Tugu Monas masih ditutup.

Adapun alasan Monas kembali dibuka karena tingginya animo masyarakat setelah bangunan bersejarah kebanggaan Ibu Kota tersebut harus ditutup selama dua tahun terakhir akibat pandemi COVID-19.

"Setelah dua tahun, tentunya karena animo masyarakat cukup besar dan kita juga kemarin masih menunggu instruksi dari pemprov," kata Nursamin, seperti dilansir dari Antara.

Pada hari pertama dibuka Kamis (16/6), Monas dikunjungi lebih dari 3.000 pengunjung. Jumlah tersebut diperkirakan meningkat pada akhir pekan ini.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Monas Dibuka

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuka Monumen Nasional (Monas) mulai hari ini, Kamis (16/6/2022). Monas sempat ditutup untuk kunjungan wisatawan selama dua tahun sejak pandemi Covid-19. 

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan informasi tersebut. Riza menyebut, Monas dibuka kembali untuk umum setelah ada kebijakan pelonggaran yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.  

"Ya Monas dibuka. Kan sudah lama, karena ada pelonggaran sekarang Monas dibuka mulai hari ini ke depan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/6/2022) malam.

"Mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga, apalagi Eco Park Tebet kan ditutup untuk sementara ada beberapa perbaikan termasuk kita memperhatikan untuk parkir untuk kuliner kaki lima dan lain-lain," tutur dia.

Kendati, Riza menolak jika dibukanya kembali kawasan Monas disebut sebagai alternatif lain karena Tebet Eco Park ditutup sementara. Namun, dia tetap mengimbau masyarakat untuk kembali berwisata ke Monas.

"Sebenarnya bukan alternatif, memang sudah waktunya dibuka. Tapi juga temen-temen yang sekarang di Eco Park bisa pindah ke Monas sementara, artinya ada tempat juga," ujar Riza Patria.

 


Pertimbangan Monas Dibuka Kembali

Riza menjelaskan Monas dibuka kembali dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Di antaranya sudah ditetapkannya Jakarta sebagai wilayah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

"Pertama memang sudah pelonggaran sudah PPKM (level) 1, perbaikan sudah dilakukan di Monas sekalipun belum selesai semua," katanya.

Namun, pembukaan kembali wisata Monas ini dilakukan secara bertahap dan terbatas. Pembukaan dimulai dari kawasan luar tugu saja.

Sementara layanan untuk naik ke puncak tugu Monas belum dibuka. Kawasan Monas akan dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Infografis Formula E 2020 Boleh di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Formula E 2020 Boleh di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya