Sukses

Puan soal Ada Nama Ganjar Jadi Bakal Capres NasDem: Biasa Saja

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menghormati mekanisme penjaringan calon presiden yang dilakukan oleh partai politik lain.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menghormati mekanisme penjaringan calon presiden yang dilakukan oleh partai politik lain.

Diketahui, Partai NasDem baru saja mengumumkan nama bakal capres untuk diusung pada Pilpers 2024.

Satu nama kader PDIP Ganjar Pranowo masuk dalam daftar yang diusung partai pimpinan Surya Paloh itu.

Puan pun memastikan PDIP punya mekanisme sendiri dalam memutuskan nama capres-cawapresnya dan diusung pada Pemilu 2024 nanti.

"Ya, kalau PDI Perjuangan kan punya mekanisme tersendiri juga untuk menentukan bakal capres dan bakal cawapres. Jadi, ya silakan saja itu berarti mekanisme setiap partai politik berbeda-beda. Jadi menurut saya sah-sah saja," kata dia di Gedung Sekolah Partai, di Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (18/6/2022).

Puan menerangkan, bakal Capres sesuai dengan amanat Kongres partai PDI merupakan hak prerogratif dari ketua umum.

"Jadi semua kader partai yang nantinya akan diberikan amanah ibu ketua umum sesuai dengan hasil kongres, itulah yang akan menjadi capres dan cawapres dari PDI Perjuangan sesuai dengan mekanismenya. Kita berpegang pada hal itu saja," ujar Puan.

Lebih lanjut Puan menerangkan, pihaknya sama sekali tak merasa terganggu dengan manuver Partai NasDem. Sebab hal itu menjadi urusan internal masing-masing partai politik, yang memiliki mekanisme masing-masing dalam membuat keputusan.

"Jadi biasa saja," imbuh Puan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Koalisi dengan Siapa Saja

Sementara itu, terkait koalisi dengan partai lain menuju Pilpres 2024, termasuk dengan NasDem, Puan mengatakan bahwa PDIP bisa berkoalisi dengan siapa saja.

Dia lalu menekankan bahwa kata yang tepat bukanlah koalisi, melainkan kerja sama.

"Bisa saja kita bekerja sama untuk membangun bangsa ke depan. Membangun bangsa itu tak bisa sendirian, harus bersama-sama dengan seluruh elemen bangsa. Dan ini masih lama, masih hampir kurang lebih 1 tahun setengah lagi. Jadi masih ada kesempatan kita untuk bisa mematangkan kerja sama yang kongkrit untuk bangsa dan negara," kata Puan.

 

3 dari 3 halaman

Tiga Nama

Partai Nasdem telah menyelesaikan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diselenggarakan selama tiga hari, mulai 15 Juni sampai dengan 17 Juni 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Hasilnya, partai besutan Surya Paloh itu siap mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Andika Perkasa untuk maju Pilpres 2024.

"Maka saya akan bacakan penetapan rekomendasi bakal calon presiden Republik Indonesia pada Pemilu 2024. Pertama Anies Rasyid Baswedan, kedua Muhammad Andika Perkasa, ketiga Ganjar Pranowo," tutur Ketua Umum (Ketum) Partai Nasdem Surya Paloh di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.