Sukses

Kabar Gembira! 20.700 Petani di Morowali Dapat Perlindungan Tenaga Kerja

Sinergi dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dengan Pemerintah Kabupaten Morowali.

Liputan6.com, Morowali Sinergi dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) dengan Pemerintah Kabupaten Morowali. Sinergitas ini menjadi pelopor dalam memberikan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi petani di wilayah Sulawesi Tengah. Sebanyak 20.700 petani mendapatkan perlindungan dua program dari BPJAMSOSTEK, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerjan (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM), jumlah tersebut merupakan yang paling banyak di seluruh Indonesia.

Kerja sama ini secara resmi diluncurkan oleh Direktur Kepesertaan BPJAMSOSTEK Zainudin dan Bupati Morowali Taslim dalam sebuah kegiatan yang digelar di kantor Bupati dan disaksikan oleh seluruh penyuluh pertanian di wilayah Kabupaten Morowali, Rabu (15/06). Ini menjadi bukti konkret, dukungan BPJS Ketenagakerjaan terhadap sektor pertanian yang menjadi salah satu motor penggerak perekonomian nasional.

Dalam sambutannya Taslim mengatakan bahwa kerjasama tersebut merupakan tindak lanjut atas Instruksi Presiden (Inpres) nomor 2 tahun 2021 tentang optimalisasi pelaksanaan program jaminan sosial ketenagakerjaan. Pihaknya pun berharap sinergi ini dapat terus terjalin demi mewujudkan visi Kabupaten Morowali yaitu sejahtera bersama.

Sementara itu Zainudin menyatakan apresiasinya kepada kabupaten morowali yang telah serius memperhatikan kesejahteraan para petani yang masuk dalam kategori pekerja rentan.

“Kami sangat mengapresiasi komitmen Bapak bupati beserta seluruh jajarannya yang sudah ikut berperan besar dalam mewujudkan universal coverage perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Tentu hal positif ini dapat menjadi inspirasi bagi Pemeritah Kabupaten atau Kota lainnyaa di Provinsi Sulawesi Tengah,” terang Zainudin.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Hanya Petani

Zainudin menambahkan bahwa tidak hanya petani, perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan juga diperuntukkan bagi seluruh pekerja di sektor Penerima Upah (PU) maupun Bukan Penerima Upah (BPU). Pihaknya turut mengimbau kepada seluruh pekerja untuk segera mendaftarkan dirinya menjadi peserta BPJAMSOSTEK karena dengan iuran yang cukup terjangkau, manfaat yang didapatkan sangat besar.

Zainudin mencontohkan bagi pekerja BPU, iurannya mulai dari Rp 16.800 per bulan untuk perlindungan 2 progam yaitu JKK dan JKM. Selain itu peserta juga dapat mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) dengan menambah iuran mulai dari Rp 20.000 per bulannya.

Adapun manfaat perlindungan yang akan didapatkan adalah perawatan tanpa batas biaya sesuai indikasi medis hingga sembuh bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja. Jika peserta tidak dapat bekerja untuk sementara waktu karena dalam masa pemulihan, BPJAMSOTEK juga akan memberikan santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100% upah yang dilaporkan selama 12 bulan pertama dan 50% untuk bulan selanjutnya hingga sembuh.

Tidak hanya itu, jika peserta meninggal dunia karena kecelakaan kerja, maka ahli waris berhak mendapatkan santunan JKK sebesar 48 kali upah terakhir yang dilaporkan. Sedangkan jika meninggal dunia bukan karena kecelakaan kerja maka santunan yang akan diterima adalah sebesar Rp 42 juta. Selain itu 2 orang anak dari peserta juga akan mendapatkan beasiswa dari jenjang pendidikan dasar hingga perguruan tinggi maksimal sebesar Rp 174 Juta.

“Dengan memiliki perlindungan dari BPJAMSOSTEK diharapkan para petani di Kabupaten Morowali ini lebih terjamin dari risiko kecelakaan kerja, sehingga hasil pertanian di wilayah ini terus meningkat dan mampu memperkuat perekonomian nasional,” tutup Zainudin.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.