Sukses

Wali Kota Hendi Ajak Seluruh CPNS di Pemkot Semarang Perkuat Wawasan Kewilayahan

Pentingnya CPNS di Pemerintah Kota Semarang memiliki wawasan kewilayahan diutarakan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi.

Liputan6.com, Semarang Pentingnya CPNS di Pemerintah Kota Semarang memiliki wawasan kewilayahan diutarakan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Baginya, pemahaman akan hal tersebut menjadi landasan yang paling penting dalam menjalankan tugas pengabdiannya. Hendi pun, sapaan akrab Wali Kota Semarang mengajak seluruh CPNS di bawah struktur birokratisnya untuk memetakan masalah perkotaan melalui kegiatan Latihan Dasar CPNS, beberapa waktu yang lalu.

Hendi pun mencontohkan bagaimana dirinya merancang prioritas anggaran melalui pemetaan masalah yang dilakukannya.

“Sebagai contoh, orang tidak bisa apa-apa, kalau sakit, maka sebelum mendorong pembangunan yang lainnya, kesehatan harus jadi prioritas awal," papar Hendi.

"Lalu apa permasalahan di kesehatan? Biaya, karena kalau orang sakit, mau miskin mau kaya bisa jadi tidak mampu karena tidak siap. Oke kita fokus di situ, dan Alhamdulillah Semarang sekarang punya program UHC (Universal Health Coverage), mau kaya mau miskin semua bisa gratis," imbuhnya.

Wali Kota Semarang pun menegaskan jika pemetaan dilakukan secara rinci maka akan melahirkan banyak inovasi dari berbagai sudut pandang pendekatan masalah.

“Contoh lain ketika Kota Semarang ingin mendapatkan Piala Adipura. Apa yang dilakukan? dari camat hingga lurah setiap hari turun ke lapangan, memandori sedulur-sedulur petugas kebersihan. Hasilnya? Kita tetap tidak pernah dapat," pungkas Hendi.

"Setelah itu kita coba ubah caranya. Saya ajak para pimpinan dan teman-teman di lapangan, yuk kita tunjukkan bahwa kita sama-sama cinta Kota Semarang dengan menjaga kebersihan, dan tegaskan kepada masyarakat bahwa kalau hanya pemerintah saja yang berupaya, tidak akan pernah cukup. Alhasil kebersihan Kota Semarang saat ini bisa terus kita jaga,” tuturnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Luntur Idealisme

Di sisi lain, meski mematok ekspektasi yang tinggi pada hasil kinerja, dirinya menegaskan menghargai keunikan cara bekerja yang mungkin dimiliki oleh masing-masing pribadi.

"Rileks saja, saya lihat kok kebanyakan pada tegang. Kalau belum apa-apa sudah takut duluan begini biasanya malah tidak banyak ilmu yang terserap,” ujar Hendi.

Hendi pun berharap agar anak muda yang saat ini menjadi CPNS tidak luntur idealismenya, karena hal itu yang diharapkannya dapat menjadi kekuatan baru Pemerintah Kota Semarang.

“Anak muda itu kekuatannya di semangat, idealisme, juga kreatifitas. Kelemahannya, karena kurang pengalaman, biasanya masih grogi. Kalau melihat kekuatan dan kelemahan, harusnya itu menumbuhkan motivasi untuk menunjukkan versi terbaik dari diri kita,” lanjut Hendi.

Namun, Hendi mengingatkan agar pola kerja yang dilakukan harus sesuai koridor yang berlaku, dan tidak melanggar ketentuan. Untuk itu Hendi meminta seluruh CPNS memanfaatkan kegiatan pelatihan dasar untuk benar-benar memahami aturan dan regulasi yang ada dalam melakukan pekerjaan.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini