Top 3 News: Ganjil Genap Jumat 17 Juni 2022, Sanksi Tilang Berlaku

Oleh Devira PrastiwiAdy Anugrahadi pada 18 Jun 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 18 Jun 2022, 08:00 WIB
Penindakan Perluasan Ganjil Genap
Perbesar
Anggota polisi melakukan penindakan kepada sebuah kendaraan saat ganjil genap di kawasan Jalan D.I Panjaitan, Jakarta, Senin (6/6/2022). Perluasan ganjil genap juga sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait peraturan ganjil genap di Ibu Kota Jakarta yang diberlakukan pada Jumat 17 Juni 2022. Keberadaan titik ganjil genap pun diperluas, semula hanya 13 kini menjadi 26.

Bagi pelanggar ganjil genap, mereka sudah mulai diterapkan sanksi tilang. Sanksi tilang di seluruh wilayah mulai berlaku terhitung sejak Senin 13 Juni 2022 lalu.

Penerapan aturan ganjil genap di Jakarta juga sejalan dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Kemudian, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil masih terus membagikan cerita kebaikan putra sulungnya Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril meski sudah dimakamkan sejak Senin 13 Juni 2022 lalu.

Ridwan Kamil pun menceritakannya dan memberikan nama '#JejakEril' melalui unggahan di Instagram miliknya @ridwankamil. Salah satu kebaikan yang diceritakan Ridwan Kamil adalah Eril pernah membelikan sepatu dari Spanyol untuk satpam sekolahnya di SMAN 3 Bandung, Jawa Barat.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sepatu itu dibeli Eril saat sedang liburan di Kota Sevilla, Spanyol. Eril meminta sang ayah utuk membelikan sepatu pilihannya tersebut.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kecelakaan lalu lintas yang terjadi di ruas jalan Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada Jumat 17 Juni 2022.

Dijelaskan Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya AKBP Jamal, kecelakaan terjadi diduga akibat pengemudi mengalami serangan jantung sehingga tak bisa mengendalikan kendaraan.

Jamal melanjutkan, kendaraan Mercedes-Benz itu pun menghantam sepeda motor yang dikendarai NA. Pada saat itu, melintas di traffic light depan Restoran Batik Kuring.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Jumat 17 Juni 2022:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


1. Cek Titik Perluasan Ganjil Genap Jakarta Hari Ini Jumat 17 Juni 2022

Penindakan Perluasan Ganjil Genap
Perbesar
Anggota polisi mengatur lalu lintas saat ganjil genap di kawasan Jalan D.I Panjaitan, Jakarta, Senin (6/6/2022). Perluasan ganjil genap juga sesuai dengan Pergub DKI Jakarta Nomor 88 Tahun 2019. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Pada hari ini, Jumat 17 Juni 2022, peraturan ganjil genap di Ibu Kota Jakarta diberlakukan. Titik ganjil genapnya pun diperluas, semula 13 kini menjadi 26.

Sanksi tilang juga sudah berlaku terhitung sejak Senin 13 Juni 2022 lalu. Sebelum akhirnya diterapkan sanksi tilang, sosialisasi perluasan ganjil genap dari 13 menjadi 26 titik tersebut telah dilakukan sejak Senin 6 Juni hingga Minggu 12 Juni 2022.

Penerapan aturan ganjil genap di Jakarta juga sejalan dengan diperpanjangnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Jawa-Bali.

Bahkan kini, pemerintah mengubah durasi penerapan PPKM di Indonesia. PPKM yang biasa diberlakukan selama dua pekan, kini berlangsung sebulan ke depan, yaitu mulai 7 Juni hingga 4 Juli 2022.

Perpanjangan PPKM didasarkan pada arahan Presiden Joko Widodo agar tetap adanya pelaksanaan PPKM di seluruh wilayah Indonesia, termasuk di wilayah luar Jawa-Bali.

Sementara itu, seperti hari-hari sebelumnya, jadwal aturan penerapan gage di jalanan Jakarta terbagi dalam dua sesi. Pada pagi hari dimulai pada pukul 06.00 WIB-10.00 WIB. Sementara sore hari berlaku pada pukul 16.00 WIB-21.00 WIB.

 

Selengkapnya...


2. Enam Kisah Kebaikan Eril Anak Ridwan Kamil yang Dibagikan Sang Ayah Sendiri

Ikhaskan Kepergian Eril, Ini 6 Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya
Perbesar
Potret Hangat Keluarga Ridwan Kamil dan Atalia Praratya. (Sumber: Instagram/emmerilkahn)

Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril anak Ridwan Kamil sudah dimakamkan pada Senin 13 Juni 2022 di pemakaman keluarga daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meski begitu, sang ayah Ridwan Kamil masih terus membagikan segala kebaikan yang pernah dilakukan Eril semasa hidup. Ia pun menceritakannya dan memberikan nama '#JejakEril'.

Salah satu kebaikan yang diceritakan sang Gubernur Jawa barat itu adalah Eril pernah membelikan sepatu dari Spanyol untuk satpam sekolahnya di SMAN 3 Bandung, Jawa Barat.

Menurut Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, sepatu itu dibeli Eril saat sedang liburan di Kota Sevilla, Spanyol. Eril meminta sang ayah utuk membelikan sepatu pilihannya tersebut.

"SUATU WAKTU,

saat Eril masih SMA, kami sekeluarga pergi umroh dan lanjut trip ke Spanyol.

Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, “Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.”

Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda.

Tarnyata seminggu kemudian, saya baru tau, kalo Eril beli sepatu itu bukan buat dia.

Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yg jadi teman baiknya, karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya.

Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil “Masbro”, untuk pake sepatu keren buatan Spanyol.

#JejakEril," tulis Kang Emil melalui unggahan di Instagram miliknya @ridwankamil.

 

Selengkapnya...


3. Tabrakan dengan Ojol di Kawasan SCBD, Pengemudi Marcedes-Benz Meninggal Dunia

Kecelakaan
Perbesar
Kecelakaan di kawasan SCDB yang melibatkan mobil marcedes-benz dengan ojol. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Kecelakaan lalu lintas terjadi di ruas jalan Kawasan SCBD, Jakarta Selatan, pada Jumat 17 Juni 2022. Pengemudi mobil Mercedes-Benz inisial RD dilaporkan meninggal dunia.

Kasubdit Bin Gakkum Polda Metro Jaya, AKBP Jamal menerangkan, kecelakaan diduga akibat pengemudi mengalami serangan jantung sehingga tak bisa mengendalikan kendaraan.

Jamal melanjutkan, kendaraan Mercedes-Benz itu pun menghantam sepeda motor yang dikendarai NA. Pada saat itu, melintas di traffic light depan Restoran Batik Kuring.

"Pengemudi Mercedes-Benz inisial RD mengalami sakit dada yang mendadak hingga tidak bisa menguasai kemudi berakibat mengalami kecelakaan lalu lintas," kata dia dalam keterangan tertulis, Jumat 17 Juni 2022.

Akibat kejadian itu, pengemudi Mercedes-Benz meninggal dunia. Diduga karena serangan jantung. Sementara itu, pengendara sepeda motor mengalami luka ringan.

"Kedua korban dibawa ke RS TNI AL Mintoharjo," ujar dia.

 

Selengkapnya...

Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya