Sukses

Hasil Rakernas, NasDem Putuskan Tidak Usung Tokoh Internal Maju Pilpres 2024

Partai NasDem memutuskan tidak mengusung tokoh internal untuk maju di Pilpres 2024 mendatang. Hal ini berdasarkan hasil Rakernas NasDem yang digelar sejak Rabu kemarin di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem memasuki hari terakhir. Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membeberkan bahwa salah satu hasil rakernas adalah tidak ada sosok internal yang diusung untuk maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"NasDem kali ini tidak mengusungkan calon internal. Tiga-tiganya kader terbaik Republik Indonesia," tutur Willy di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

Menurut Willy, sejauh ini memang Partai NasDem telah mengantongi tiga nama untuk diusung maju Pilpres 2024. Lebih lanjut, arah koalisi pun akan mengikuti figur yang dijagokan tersebut.

"Itu keniscayaan, NasDem tidak bisa mengusung capres sendiri, NasDem baru memiliki separuh tiket, NasDem belum memiliki boarding pass. Maka kemudian kami akan berdialog, kami akan ta'aruf, kami akan bangun kesepahaman dengan partai-partai lain dengan tiga nama ini, siapa yang kira-kira mereka akan cocok. Atas dasar itulah kemudian koalisi dibangun," jelas dia.

Willy memastikan, ketiga sosok yang diusung Partai NasDem merupakan figur terbaik dan sesuai dengan aspirasi yang berkembang di masyarakat. Rencananya, malam ini Ketua Umum (Ketum) Partai NasDem Surya Paloh akan mengumumkan tiga nama tersebut ke publik.

"Ya kami juga sudah berkonsultasi dengan Pak Surya Paloh sebelum melakukan. Pak Surya bilang, ya kalian putuskan saja. Silakan, itu keputusan SC, keputusan Rakernas, nanti dibacakan, itu saja kata Pak Surya," Willy menandaskan.

Ikuti berita Pilpres 2024 di Merdeka.com

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies dan Ganjar Dominasi Usulan Capres dari NasDem

Sebelumnya, Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya membenarkan bahwa Sidang Pleno Pertama Rakernas Partai NasDem sudah selesai digelar. Hasilnya, sebanyak 34 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) partai NasDem di 34 provinsi sudah menyetorkan masing-masing tiga sampai lima nama rekomendasi calon presiden 2024.

Secara total, ada 25 nama berbeda dengan hasil jumlah suara tertinggi dipegang oleh Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Anies Baswedan mendominasi, hanya 2 Provinsi (Papua Barat dan Kalimantan Timur) yang tidak mengusulkan nama Anies. Berikutnya juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya 5 provinsi (Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku utara, DKI) yang tidak mengusulkan Ganjar," kata Willy saat jumpa pers dalam Rakernas Partai NasDem di JCC, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Menanggapi hasil tersebut, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan partainya tidak memilih calon presiden berdasarkan hasil voter terbanyak dari DPW.

"Belum tentu, karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama, siapa pun itu," tegas Paloh saat ditemui secara terpisah di Hotel Sultan Jakarta usai menghadiri Seminar Rakernas Partai NasDem di hari yang sama.

Meski demikian, secara pribadi, Surya Paloh belum memiliki pertimbangan khusus terkait 25 nama dari DPW yang sudah muncul. Menurut dia semua akan dibahas dalam rapat internal partai yang akan dilangsungkan malam ini dan diumumkan besoknya.

"Belum-belum (ada nama yang dipilih khusus), tapi pada waktunya, besok malam akan diumumkan (tiga nama rekomendasi NasDem untuk Pilpres 2024)," kata Paloh memungkasi.

 

3 dari 3 halaman

25 Nama Tokoh yang Diusulkan DPW NasDem

Berikut daftar nama dan jumlah vote dari 34 DPW Partai NasDem yang sudah diketahui berdasarkan hasil rapat pleno Rakernas Partai.

1. Anies Baswedan: 32

2. Ganjar Pranowo: 29

3. Erick Thohir: 16

4. Rachmat Gobel: 14

5. Andika Perkasa: 13

6. Syahrul Yasin Limpo: 7

7. Lestari Moerdijat: 6

8. Prananda Surya Paloh: 5

9. Ahmad Sahroni: 4

10. Ridwan Kamil: 4

11. Khofifah Indar Parawansa: 4

12. Dudung Abdurachman: 2

13. Mathius Awoitauw: 2

14. Ahmad Ali: 2

15. Viktor Laiskodat: 1

16. Siswono Yudo Husodo: 1

17. Herman Deru: 1

18. Surya Paloh: 1

19. Isran Noor: 1

20. Tuan Guru Bajang: 1

21. Sandiaga Uno: 1

22. Wahidin Halim: 1

23. Siti Nurbaya Bakar: 1

24. Sofyan Kalio: 1

25. Syarif Fasha: 1

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.