Sukses

Ridwan Kamil Bagi Kisah Kebaikan Sang Anak Eril Beli Sepatu untuk Satpam SMAN 3 Bandung

Meski jasad Eril sudah dimakamkan, sang ayah Ridwan Kamil masih membagikan kisah segala kebaikan yang pernah dilakukan Eril semasa hidup.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, istrinya Atalia Praratya, sang putri Camillia Laetitia Azzahra atau Zara, dan anak bungsunya Arkana Aidan Misbach masih dirundung duka usai kepergian Emmeril Kahn Mumtadz.

Seperti diketahui, Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa Eril sudah dimakamkan pada Senin, 13 Juni 2022 di pemakaman keluarga daerah Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Meski jasad Eril sudah dimakamkan, sang ayah Ridwan Kamil masih membagikan kisah segala kebaikan yang pernah dilakukan Eril semasa hidup. Ia pun menceritakannya dan memberikan nama '#JejakEril'.

Cerita itu dibagikan Kang Emil, sapaan akrabnya melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil. Menurut Ridwan Kamil, dulu sang anak pernah diminta belikan sepatu.

Sebagai ayah, tentunya ia membelikan sepatu untuk anak kesayangannya. Namun rupanya, baru diketahui beberapa wkatu kemudian, ternyata sepatu itu bukanlah untuk Eril.

"SUATU WAKTU,

saat Eril masih SMA, kami sekeluarga pergi umroh dan lanjut trip ke Spanyol.

Di Sevilla, kami mampir ke sebuah toko sepatu. Dan Eril bilang, “Pap, titip beliin sepatu yang ini ya.”

Tentulah saya belikan untuk anak kesayangan. Tapi dalam hati, saya bingung kenapa ukurannya beda.

Tarnyata seminggu kemudian, saya baru tau, kalo Eril beli sepatu itu bukan buat dia.

Sepatu itu untuk jadi hadiah buat seorang satpam SMA 3 Bandung yg jadi teman baiknya, karena suka mau dititipin sepeda dan rajin mengelapnya, katanya.

Mungkin sudah rejeki si satpam, yang Eril panggil “Masbro”, untuk pake sepatu keren buatan Spanyol.

#JejakEril," tulis Ridwan Kamil melalui akun Instagram miliknya @ridwankamil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ucapan Terima Kasih Ridwan Kamil

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan perhatian khusus terhadap pemberitaan seputar meninggalnya Emeril Kahn Mumtadz alias Eril. Pria yang kerap disapa Kang Emil itu pun berterima kasih kepada media yang memberitakan anaknya sesuai kaidah jurnalistik.

Pernyataan itu disampaikan Ridwan Kamil saat menerima kunjungan pengurus Forum Pemimpin Redaksi Indonesia (Forum Pemred).

"Media mainstream telah adil memberitakan Eril. Saya sangat berterima kasih," ujar Emil di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu 15 Juni 2022.

Emil mengaku menyesali munculnya berita-berita yang menonjolkan paranormal dalam pemberitaan Eril. Dia juga mengaku tidak berani melihat akun-akun media sosial yang menyebarkan informasi-informasi hoaks soal Eril.

Emil juga banyak bercerita mengenai proses evakuasi jasad putra sulungnya itu. Menurut dia, ada skenario indah yang disiapkan Sang Pencipta untuk memberi jeda 14 hari, dari mulai hilang hingga jasad Eril ditemukan.

Emil pun menceritakan banyak hal baik yang Eril lakukan di masa hidupnya. Menurut dia, ada banyak testimoni yang menceritakan kebaikan Eril. Bahkan, dia pun mengaku kaget setelah banyak orang yang menceritakan kebiasaan baik Eril.

"Ada sopir taksi yang mengaku pernah dibela Eril saat hendak dikeroyok," tutur Kang Emil.

Emil menambahkan, ada banyak pembelajaran yang bisa dipetik dari perjalanan hidup Eril. Dia pun mengaku banyak memetik hikmah dari kejadian itu.

"Eril sudah menjadi milik publik. Kami hanya memiliki sebagiannya saja," kata dia.

Dalam pertemuan itu Pengurus Forum Pemred diwakili oleh Ketua Forum Pemred Arifin Asydhad (Pemred Kumparan), Sekjen Forum Pemred Titin Rosmasari (Pemred CNN), Irfan Junaidi (Pemred Republika) dan Hery Trianto (Direktur Bisnis Indonesia). Pertemuan berlangsung sekitar satu jam.

Arifin mengungkapkan pemberitaan mayoritas media mainstream terkait Eril masih baik dan mempehatikan prinsip dan kode etik jurnalistik. Hanya sebagian kecil media mainstream yang mengembangkan pemberitaannya dengan cara-cara kurang tepat.

“Adanya pemberitaan sebagian kecil media yang tidak mengindahkan kode etik ini salah satunya disebabkan karena ekosistem media saat ini yang mementingkan klik dan views. Ini menjadi tantangan dan introspeksi untuk terus dibenahi,” kata Arifin.

Media mainstream, lanjut Arifin, seharusnya tidak semata-mata mengejar trafik. Karena itu, kata Arifin, Forum Pemred berkomitmen membangun ekosistem media yang lebih sehat untuk mendukung jurnalisme yang lebih baik.

 

3 dari 3 halaman

Eril Dimakamkan di Cimaung

Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril sudah dikebumikan di makam keluarga di Cimaung, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, siang tadi Senin 13 Juni 2022.

Sang ibu, Atalia Praratya menyebut sudah mengikhlaskan kepergian Eril.

"Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, a Eril," ujar Atalia dikutip dari akun Instgram pribadinya @ataliapr dikutip Senin (13/6/2022).

Atalia yakin Eril meninggal dengan husnul khotimah. Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu berharap Eril mendapatkan tempat terbaik di sisi Sang Pencipta.

"Semoga Aa tenang di surga dalam balutan kasih sayang Allah Subahanahu wa Ta'ala. Surga yang digambarkan begitu indah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai," kata Atalia.

Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Atalia Praratya memposting prosesi pemakaman sang anak, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Atalia berharap bisa kembali memeluk Eril.

"Izinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba," tulis Atalia dalam akun Instagram @ataliapr.

Atalia mengunggah sebanyak enam foto. Foto pertama memperlihatkan dirinya, Ridwan Kamil beserta dua anaknya mencium peti jenazah Eril yang sudah dibalut kain hijau berlafazkan nama Allah.

Foto selanjutnya memperlihatkan dirinya dan sang anak tengah melihat prosesi pemakaman. Terlihat juga foto Ridwan Kamil memasukkan tanah ke liang lahat.

"Tunggu ya sayang, insya Allah kita akan bersama lagi," kata Atalia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.