Sukses

Didukung NasDem, PDIP Tegaskan Ganjar Tegak Lurus dengan Megawati

Nama Ganjar Pranowo masuk dalam daftar dua besar tokoh yang diusulkan kader Partai NasDem untuk diusung pada Pilpres 2024. PDIP pun angkat suara soal munculnya dukungan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto memastikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan tetap setia pada partai berlambang Banteng.

Hasto menyebut Ganjar telah menegaskan dirinya adalah kader PDIP, meski banyak lamaran atau tawaran dari parpol lain yang ingin mengusungnya sebagai Calon Presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Pak Ganjar menegaskan saya adalah PDI Perjuangan, tegak lurus pada disiplin partai dan terkait dengan calon presiden dan wakil presiden itu kewenangan Ibu Ketua Umum,” kata Hasto di Sekolah Partai PDIP, Kamis (16/6/2022).

Terkait Rakernas Partai NasDem yang mendukung sejumlah tokoh termasuk Ganjar untuk Pilpres 2024, Hasto menyatakan bahwa PDIP berbeda. Parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri ini hanya akan mengusung kader sendiri.

“PDI Perjuangan ya tentu saja kita tidak campur tangan rumah tangga partai lain. hanya saja kami punya prinsip bahwa menjadi partai politik itu punya tugas untuk menyiapkan kader-kader pemimpin yang digembleng dari anggota partai,” tegasnya.

Oleh karena itu, Hasto menyebut alasan Rakernas digelar di sekolah partai sebab menjadi pengingat hanya kader yang akan jadi pemimpin dari PDIP.

“Karena itulah Rakernas Perjuangan nanti diadakan di sekolah partai sebagai suatu pengingat bahwa kepemimpinan itu lahir melalui proses sekolah partai dan kemudian penugasan penugasan kader partai,” ucap Hasto Kristiyanto memungkasi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Anies dan Ganjar Dominasi Usulan Capres dari NasDem

Sebelumnya, Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya mengatakan, Sidang Pleno Pertama Rakernas Partai NasDem sudah selesai digelar. Hasilnya, sebanyak 34 Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) partai NasDem di 34 provinsi sudah menyetorkan tiga sampai lima nama calon presiden 2024.

Menurut daftar nama yang diterima redaksi Liputan6.com, nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendominasi suara 34 DPW Partai NasDem sebagai rekomendasi calon presiden 2024. 

“Anies Baswedan mendominasi, hanya 2 provinsi (Papua Barat dan Kalimantan Timur) yang tidak mengusulkan nama Anies. Berikutnya juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo hanya 5 provinsi (Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku utara, DKI) yang tidak mengusulkan Ganjar,” kata Willy saat jumpa pers dalam Rakernas Partai NasDem di JCC, Jakarta, Kamis (16/6/2022).

Selain dua nama itu, lanjut Willy, masih ada sosok lain yang berasal dari eksternal Partai NasDem seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

“Beredar serta ada Jenderal Dudung ini nama-nama yang tadi muncul ini menunjukkan bahwasanya sesuai dengan pidato ketua umum tadi malam adalah bentuk komitmen kebangsaannya yang menjadi hal pokok,” Willy menutup.

3 dari 3 halaman

Belum Tentu NasDem Akan Usung Anies - Ganjar

Sementara itu, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh menegaskan partainya tidak memilih calon presiden berdasarkan hasil voter terbanyak dari DPW.

“Belum tentu, karena pada dasarnya pembobotan yang dicalonkan itu sama, siapa pun itu,” tegas Paloh saat ditemui secara terpisah di Hotel Sultan Jakarta usai menghadiri Seminar Rakernas Partai NasDem di hari yang sama.

Meski demikian, secara pribadi, Surya Paloh belum memiliki pertimbangan khusus terkait 25 nama dari DPW yang sudah muncul. Menurut dia semua akan dibahas dalam rapat internal partai yang akan dilangsungkan malam ini dan diumumkan besoknya.

“Belum-belum (ada nama yang dipilih khusus), tapi pada waktunya, besok malam akan diumumkan (tiga nama rekomendasi NasDem untuk Pilpres 2024),” kata Paloh memungkasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.