Monas Dibuka untuk Umum Mulai Hari Ini

Oleh Winda Nelfira pada 16 Jun 2022, 21:21 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 21:21 WIB
Monas Kembali Dibuka Secara Bertahap
Perbesar
Warga saat berkunjung pada hari perdana uji coba pembukaan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Kamis (16/6/2022). Pemprov DKI Jakarta melakukan uji coba pembukaan kawasan wisata Monas secara bertahap dan terbatas denggan jam operasional dimulai pukul 06.00 hingga 16.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta kembali membuka Monumen Nasional (Monas) mulai hari ini, Kamis (16/6/2022). Monas sempat ditutup untuk kunjungan wisatawan selama dua tahun sejak pandemi Covid-19. 

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria membenarkan informasi tersebut. Riza menyebut, Monas dibuka kembali untuk umum setelah ada kebijakan pelonggaran yang sudah ditetapkan pemerintah pusat.

"Ya Monas dibuka. Kan sudah lama, karena ada pelonggaran sekarang Monas dibuka mulai hari ini ke depan," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (16/6/2022) malam.

"Mudah-mudahan sudah bisa dimanfaatkan oleh warga, apalagi Eco Park Tebet kan ditutup untuk sementara ada beberapa perbaikan termasuk kita memperhatikan untuk parkir untuk kuliner kaki lima dan lain-lain," tutur dia.

Kendati, Riza menolak jika dibukanya kembali kawasan Monas disebut sebagai alternatif lain karena Tebet Eco Park ditutup sementara. Namun, dia tetap mengimbau masyarakat untuk kembali berwisata ke Monas.

"Sebenarnya bukan alternatif, memang sudah waktunya dibuka. Tapi juga temen-temen yang sekarang di Eco Park bisa pindah ke Monas sementara, artinya ada tempat juga," ujar Riza Patria.

Riza menjelaskan Monas dibuka kembali dengan mempertimbangkan sejumlah hal. Di antaranya sudah ditetapkannya Jakarta sebagai wilayah dengan status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 1.

"Pertama memang sudah pelonggaran sudah PPKM (level) 1, perbaikan sudah dilakukan di Monas sekalipun belum selesai semua," katanya.

Namun, pembukaan kembali wisata Monas ini dilakukan secara bertahap dan terbatas. Pembukaan dimulai dari kawasan luar tugu saja.

Sementara layanan untuk naik ke puncak tugu Monas belum dibuka. Kawasan Monas akan dibuka untuk umum setiap hari dari pukul 06.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

     


Upacara HUT Jakarta Akan Digelar di Monas

FOTO: Sambut Tahun Baru, Kawasan Monas Dihiasi Kembang Api
Perbesar
Kembang api menghiasi malam pergantian tahun baru 2018 di kawasan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/1/2018). Monas menjadi salah satu lokasi pilihan Warga Jakarta untuk merayakan malam pergantian tahun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Ibu Kota di Monumen Nasional (Monas). Dikutip dari akun Instagram resmi @dkijakarta Upacara itu akan diadakan pada 22 Juni 2022 pada pukul 07.00 WIB.

Perayaan HUT Jakarta ini dapat diikuti secara online dengan mendaftar terlebih dahulu.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan kuota bagi 10 pendaftar pertama yang berkesempatan mengikuti upacara langsung bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara itu, ada 90 kuota virtual yang akan diberikan bagi pendaftar untuk mengikuti upacara melalui Zoom.

Sebelumnya, Monas ditutup untuk umum sejak 2020 akibat pandemi COVID-19. Selain itu, penutupan dilakukan karena Monas tengah direvitalisasi.

Sehingga Pemprov DKI berencana membuka kembali kawasan Monas dalam pekan ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan warga dapat berkunjung kembali ke Monas dalam waktu dekat setelah direvitalisasi.

"Monas segera akan kita buka dalam waktu dekat ini. Ya, dibuka dalam minggu ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 15 Juni 2022.

 

Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Sirkuit Formula E Dilarang di Monas. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya