Pemprov DKI Bakal Gelar Upacara Perayaan HUT Jakarta ke-495 di Monas

Oleh Winda Nelfira pada 16 Jun 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 11:16 WIB
FOTO: Sambut Tahun Baru, Kawasan Monas Dihiasi Kembang Api
Perbesar
Kembang api menghiasi malam pergantian tahun baru 2018 di kawasan silang Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Senin (1/1/2018). Monas menjadi salah satu lokasi pilihan Warga Jakarta untuk merayakan malam pergantian tahun. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan menggelar upacara perayaan Hari Ulang Tahun ke-495 Ibu Kota di Monumen Nasional (Monas). Dikutip dari akun Instagram resmi @dkijakarta Upacara itu akan diadakan pada 22 Juni 2022 pada pukul 07.00 WIB.

Perayaan HUT Jakarta ini dapat diikuti secara online dengan mendaftar terlebih dahulu.

Pemprov DKI Jakarta menyiapkan kuota bagi 10 pendaftar pertama yang berkesempatan mengikuti upacara langsung bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Sementara itu, ada 90 kuota virtual yang akan diberikan bagi pendaftar untuk mengikuti upacara melalui Zoom.

Sebelumnya, Monas ditutup untuk umum sejak 2020 akibat pandemi COVID-19. Selain itu, penutupan dilakukan karena Monas tengah direvitalisasi.

Sehingga Pemprov DKI berencana membuka kembali kawasan Monas dalam pekan ini.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan warga dapat berkunjung kembali ke Monas dalam waktu dekat setelah direvitalisasi.

"Monas segera akan kita buka dalam waktu dekat ini. Ya, dibuka dalam minggu ini," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu 15 Juni 2022.

Riza mengatakan revitalisasi sangat diperlukan untuk taman-taman di Jakarta. Dia melihat dari banyaknya masyarakat yang datang menyambangi Monas dari waktu ke waktu.

"Jadi semua taman taman di Jakarta ini kan terus dilakukan revitalisasi ya namanya warga kan wajar penasaran," ujar Riza.


Konser Gratis

Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) berkolaborasi dengan Plus Jakarta menggelar konser secara gratis untuk memeriahkan HUT ke-495 Jakarta. 

Konser bertajuk Tenteram Jiwa dalam Suara rencananya diselenggarakan pada Sabtu, 11 Juni 2022 pukul 19.00 WIB di Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta Pusat. Pada konser ini akan hadir sejumlah musisi ternama, salah satunya Yura Yunita.

Kepala Dinas Parekraf DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, sebagai branding kota yang berfokus pada kolaborasi warga, Disparekraf DKI bersama Plus Jakarta dan para musikus mengangkat isu validasi diri sebagai sudut pandang dan pesan utama dalam konser berdurasi 150 menit ini.

"Kami menghadirkan beberapa musisi ternama seperti Yura Yunita, Sal Priadi, Dere, dan Mocca, yang secara spesifik akan membawakan karya-karya dengan narasi validasi diri dan siap mengajak penonton bersenandung dengan susunan lagu yang sudah dikurasi," kata Andhika dalam keterangan tertulis, Kamis (9/6/2022).

 


Tema

Sementara itu, Operational Director Plus Jakarta Wiliam Reynold menambahkan, konser ini menjadi aksi nyata dari semangat kolaborasi yang sudah digaungkan dari tema Jakarta Hajatan: Kolaborasi, Akselerasi, Elevasi.

"Konser ini menjadi bukti nyata adanya kolaborasi antara kota dengan antarelemen yang dalam konteks ini adalah seniman/musisi untuk ambil bagian memberi dampak positif kepada warga guna merayakan dan memiliki validitas diri," kata William.

"Sehingga, Jakarta yang sedang mengadakan ‘Hajatan’ bukan sekadar berorientasi mengelevasi kota, tetapi seluruh warga,” lanjut dia.

Pada konser ini akan ditampilkan tiga segmen yang mengajak penonton mengikuti perjalanan untuk “Kenali Diri”, “Hargai Diri”, serta “Sayangi Diri". Konser ini diharapkan dapat memberikan pengalaman penuh makna dan berbeda dalam rangkaian Jakarta Hajatan ke-495.


Rangkaian Acara

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menggelar perayaan HUT ke-495 Jakarta selama sebulan penuh mulai 24 Mei hingga 25 Juni 2022. Acara yang digelar bertajuk "Jakarta Hajatan" dengan tema Kolaborasi, Akselerasi, dan Elevasi.

Tema yang dipilih menurut Sekda Pemprov DKI Jakarta Marullah Matali memiliki makna selebrasi yang kental dengan nuansa Indonesia, seperti resepsi, selamatan, dan sejenisnya.

Rencananya, HUT Jakarta akan digelar selama satu bulan lamanya. Terhitung sejak Selasa besok, 24 Mei 2022 di Pulau Bidadari, Kepulauan Seribu. Di pulau itu nantinya akan dilakukan kegiatan diskusi dengan sejumlah tokoh.

"Acara besok akan diisi dengan kegiatan diskusi ultah Jakarta ke-495 bersama tokoh publik dunia. Saya tidak sampaikan di sini mudah-mudahan surprise besok. Dan juga tokoh dari digital Nomad Island yang akan tampil dalam acara itu," kata Marullah saat konferensi pers di Ruang Balairung, Balai Kota, Senin, 23 Mei kemari. 

HUT ke-495 Jakarta juga akan diisi dengan berbagai acara, seperti Jakarta Weekend Walking, Cycling and Running Tour, dan Jakarta International Java Jazz.

Rangkaian acara dilanjutkan dengan melakukan upacara ziarah ke Taman Makam Pahlawan, Upacara Peringatan HUT Ke-495 Kota Jakarta, Jakarta Concert di Taman Ismail Marzuki (TIM), Pekan Kolaborasi Daerah, Formula-E, Jakarta Awards, dan menggelar malam resepsi.  

Tak hanya itu, akan digelar pula aktivasi mural wilayah, instalasi, pertunjukkan musik, pameran, hingga acara rutin yakni upacara dan Sidang Paripurna DPRD.

Hajatan Jakarta ke-495 akan ditutup dengan closing ceremony bersamaan dengan grand launching Jakarta International Stadium pada 25 Juni 2022. Sejumlah penyanyi ternama di Indonesia direncanakan hadir untuk turut menyemarakkan acara ini.

Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya