Sukses

Monas Akan Dibuka untuk Umum Pekan Ini

Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan, pihaknya berencana membuka kembali Monas untuk masyarakat umum mulai pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta merencanakan akan membuka kembali kawasan wisata Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat mulai pekan ini.

Monas akan dibuka lagi untuk umum setelah dua tahun ditutup akibat pandemi virus corona Covid-19.

"Monas segera akan kita buka dalam waktu dekat ini. Ya, dibuka dalam minggu ini," kata Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria kepada wartawan, Rabu (15/6/2022).

Meski belum menyebut kapan waktu pastinya, Riza Patria mengatakan bahwa penutupan Monas selama ini dilakukan untuk proses perbaikan atau revitalisasi.

"Ya itu kan terus direvitalisasi ya," katanya.

Menurutnya, proses revitalisasi untuk taman-taman di Jakarta, termasuk Monas sangat diperlukan melihat tingginya animo masyarakat yang datang.

"Jadi semua taman-taman di Jakarta ini kan terus dilakukan revitalisasi ya, namanya warga kan wajar penasaran," tuturnya.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan bahwa Pemprov berharap bisa segera membuka kembali kawasan Monas untuk masyarakat umum. Namun dia belum bisa memastikan kapan Monas akan dibuka untuk umum.

"Pokoknya Pemprov akan mengupayakan sebaik mungkin, secepat mungkin berbagai fasilitas yang ada yang dimiliki oleh Pemprov yang dapat dipergunakan untuk kepentingan masyarakat yang positif ya," kata Wagub DKI Riza Patria, di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (24/5/2022).

Riza menuturkan, kenginannya itu terkait dengan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Dia menambahkan, sejumlah kegiatan yang melibatkan masyarakat banyak masih dalam tahap penyesuaian oleh Pemprov DKI Jakarta, salah satunya terkait pariwisata.

"Penyesuaian-penyesuaian, silakan nanti tanya dinas-dinas terkait ya. Pokoknya tanya sama dinas terkait, umpamanya tadi pariwisata ini sedang dirumuskan, ya segera," jelas Riza.

 

Reporter: Bachtiarudin Alam

Merdeka

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Kecewa Monas Masih Tutup

Momen libur nasional dalam rangka memperingati Kenaikan Isa Almasih pada hari ini, Kamis (26/5/2022) dimanfaatkan sebagian masyarakat yang tak merayakan untuk berlibur ke tempat wisata. Salah satunya ke Tugu Monumen Nasional (Monas).

Kawasan wisata Monas yang terletak di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat ini selalu menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mengisi waktu libur. Tak hanya oleh warga lokal, ikon Ibu Kota ini juga sangat diminati oleh wisatawan dari luar Jakarta.  

Namun sayangnya, hingga saat ini kawasan Monas masih ditutup untuk masyarakat umum akibat pandemi Covid-19.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, sejumlah wisatawan yang sudah terlanjur datang ke kawasan Monas hanya bisa berkeliling dan berfoto di depan gerbang pintu masuk.

Laini, salah satu wisatawan dari Tanjung Priok, Jakarta Utara mengaku tidak mengetahui informasi bahwa Monas masih ditutup untuk kunjungan wisata. 

"Iya tidak tahu, padahal saya datang jauh-jauh cuma buat liburan, bawa anak liburan, ternyata tutup," kata Laini kecewa saat ditemui di kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis siang.

Begitu pula dengan Hafid. Wisatawan asal Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang datang bersama istrinya ini mengaku kecewa karena Monas masih ditutup untuk kunjungan wisata. Padahal sejumlah tempat wisata di Ibu Kota sudah kembali beroperasi sejak lama.

"Saya kecewa ya karena yang saya tahu itu Covid-19 sudah menurun kondisinya. Ini saja saya buka masker, saya ingin merdeka, bebas," kata Hafid.

Hafid mengaku baru mengetahui informasi Monas ditutup setelah bertanya pada petugas Pembinaan dan Pengamanan Dalam (PAMDAL).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.