Sukses

Potret Keakraban Jokowi, Megawati, dan Ketum Parpol Koalisi Saat Pelantikan Menteri

Sebelum pelantikan menteri dan wamen baru, Presiden Jokowi sempat bertemu dan makan siang bersama para ketum parpol koalisi di Istana Kepresidenan Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Pelantikan menteri dan wakil menteri baru di Istana Negara Jakarta pada Rabu, 15 Juni 2022, menjadi momen para ketua umum partai politik (ketum parpol) koalisi pemerintah berkumpul. Ada wajah baru di koalisi pemerintah yakni, hadirnya Partai Amanat Nasional (PAN).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menjadi Menteri Perdagangan (Mendag). Dia menggantikan posisi Muhammad Luthfi yang terkena reshuffle atau perombakan kabinet.

Sebelum acara pelantikan, Jokowi mengajak para ketum parpol koalisi untuk makan siang bersama di Presidential Lounge atau ruang privat presiden. Ini kali pertamanya Jokowi menggunakan ruangan tersebut untuk menyambut tamunya.

"Artinya kebetulan hari ini ada ketum baru, kan gitu. Secara formal dikukuhkan. Makan siang ya makan siang, di tempat baru yang belum pernah dipakai oleh presiden untuk menyambut siapapun. Maka yang pertama diundang sebagai tamu-tamu adalah ketum-ketum partai," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu 15 Juni 2022.

Presiden Joko Widodo menerima para ketua umum partai politik koalisi pemerintah di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. Presiden menerima kehadiran para ketua umum parpol tersebut jelang pelantikan sejumlah menteri dan wakil menteri di Istana Negara. (Foto: Sekretariat Presiden)

Jokowi duduk di tengah, diapit oleh Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh. Di seberangnya, duduk Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Di sebelah kanan Prabowo, tampak duduk Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Sedangkan di sebelah kirinya, Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar dan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa juga hadir dalam jamuan makan siang bersama Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Keakraban di Meja Makan

Suasana pertemuan berlangsung hangat dan dalam suasana penuh keakraban. Jokowi dan para ketua umum parpol pun berbincang-bincang, diselingi tawa.

"Sekali-kali kita makan di sini," ucap Jokowi.

"Tempatnya bagus, Pak, lebih modern (desainnya)," ujar Airlangga.

Jokowi menyuguhkan sejumlah makanan khas nusantara hingga menu western dalam jamuan makan siang itu. Jamuan makan siang dimulai dengan appetizer, main course, hingga dessert.

Menu appetizer atau makanan pembuka yakni, salad putri dewi dan shabu-shabu soup. Kemudian, ada tiga menu pilihan makanan utama atau main course yaitu, beef tenderloin steak, salmon steak, hingga nasi goreng kecombrang yang disajikan dengan dendeng batokok ayam kari deli, oseng brokoli scallop, udang telur asin, tahu jamur, serta kerapu bakar.

Jamuan makan siang ditutup dengan dessert yang berbahan dasar buah-buahan tropis yang segar. Para ketua umum parpol disajikan pudding kelapa dan jus kedondong dan kelapa.

 

3 dari 4 halaman

Jalan Kaki Bersama

Usai santap siang, Jokowi berjalan kaki bersama para ketua umum partai politik menuju tempat pelantikan menteri dan wakil menteri baru. Jokowi berjalan diapit oleh Megawati Soekarnoputri dan Surya Paloh.

Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat memegang tongkat bewarna cokelat yang digunakan oleh Megawati.

Para ketum parpol bersama Jokowi pun tampak menyoroti tongkat berwarna cokelat yang dibawa Megawati itu.

Presiden Joko Widodo bersama Megawati Soekarnoputri, Prabowo Subianto, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, Surya Paloh, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa tiba untuk menghadiri pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 15 Juni 2022. (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Kehangatan hubungan Jokowi dan Megawati turut terlihat saat momen pelantikan tersebut. Jokowi tampak memegang tangan Megawati untuk membantunya menaiki dan menuruni tangga Istana Negara.

Jokowi juga turut mengantar Megawati yang hendak pulang usai pelantikan. Usai berbincang-bincang sejenak, Jokowi ikut mengantar kepulangan Megawati hingga pintu keluar Istana Negara.

 

4 dari 4 halaman

Surya Paloh Ungkap Pembicaraan Saat Makan Siang

Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh mengungkapkan isi pembicaraan saat makan siang bersama Jokowi.

Dia mengatakan Jokowi bersama ketum parpol koalisi mengulas soal prediksi Bank Dunia atau World Bank dan Dana Moneter Internasional atau International Monetary Fund (IMF) soal negara terancam menjadi negara gagal.

"Satu hal yang saya pikir menjadi catatan serius adalah mengenai apa yang dipahamin AMF dan Wolrd Bank, yang akan mengindikasikan sedikit-dikitnya ada 40 negara berjarak keantara 60 minimum negara yang potensi menjadi negara faild state negara yang gagal," jelas Surya Paloh, Rabu.

Seperti diketahui, Jokowi melakukan reshuffle atau perombakan kabinet pada Rabu (15/6/2022). Total ada 2 menteri dan 3 wakil menteri baru yang dilantik Jokowi di Istana Negara Jakarta.

Dua menteri yang dilantik yakni, Ketua Umun PAN Zulkifli Hasan. Dia mengisi posisi Menteri Perdagangan menggantikan Muhammad Luthfi yang direshuffle Jokowi.

Kemudian, mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto ditunjuk Jokowi menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

Sementara itu, wakil menteri yakni, Sekjen PBB Afriansyah Noor menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan. Lalu, John Wempi Wetipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri, dan Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR/BPN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.