Sukses

Sekjen PDIP Sebut Kepemimpinan Jokowi Perkuat Peran Indonesia di Level Dunia 

Kepemimpinan Presiden Jokowi dinilai berhasil menguatkan peran bangsa. Bahkan Jokowi dianggap mampu menjadikan Indonesia kian diakui oleh negara-negara maju di dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa kepemimpinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah berhasil menguatkan peran bangsa. Bahkan Jokowi dianggap mampu menjadikan Indonesia kian diakui oleh negara-negara maju di dunia.

Hal itu disampaikan Hasto Kristiyanto pada Seminar Kebangsaan bertajuk 'Strategi Pemerintahan Jokowi Menjaga Keamanan Nasional' yang digelar di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Salatiga belum lama ini.

Hasto mengatakan, kepemimpinan Jokowi yang telah memasuki periode kedua ini dapat menjadi cerminan baik. Terutama dalam menumbuhkan semangat persatuan di masyarakat.

Kondisi ini sebagaimana yang terlihat saat Jokowi menerima hangat kunjungan kenegaraan oleh para perdana menteri hingga presiden dari negara-negara sahabat. Begitu juga sambutan hangat ketika Jokowi berkunjung ke negara-negara sahabat.

"Di tengah salaman yang nampak akrab itu pada dasarnya terkandung suatu tekad untuk membangun kepemimpinan Indonesia di antara bangsa-bangsa lain di dunia," ujar Hasto dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (21/7/2022).

Karena dengan begitu, kata Hasto, akan terbangun sebuah pemerintahan yang dapat menciptakan beragam kebermanfaatan. Khususnya dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dia menyatakan, kepentingan nasional menjadi satu tujuan strategis pemerintahan Jokowi. Apalagi yang berkaitan dengan skala prioritas untuk merealisasikan setiap target pencapaian dalam menjalankan roda pemerintahan.

"Ke dalam skala prioritas kepentingan Nasional, dalam periode waktu tertentu dalam dialektikanya dengan persoalan global," ucap Hasto.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungan Jokowi ke Ukraina dan Rusia Diapresiasi Tiongkok

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Wang Yi beserta delegasi di Istana Merdeka Jakarta, Senin (11/7/2022).

Dalam pertemuan itu, RRT mengapresiasi pemerintah Indonesia dalam mengupayakan resolusi damai terhadap dua negara Ukraina dan Rusia.  

"RRT sekali lagi memberikan apresiasi atas berbagai upaya Indonesia untuk mencoba mencari atau mengupayakan resolusi damai, penyelesaian secara damai terhadap situasi yang sedang terjadi di Ukraina termasuk secara spesifik disebutkan mengenai kunjungan Presiden ke Kyiv dan Moskow," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai mendampingi Jokowi, dikutip dari siaran pers Sekretariat Presiden, Senin.

Retno menjelaskan bahwa Presiden Jokowi beserta delegasi RRT juga membahas berbagai isu bilateral. Mulai dari, komitmen antara Indonesia hingga RRT untuk terus meningkatkan hubungan bilateral yang saling menguntungkan.

Retno menyampaikan perdagangan kedua belah pihak mengalami peningkatan yang sangat signifikan lebih dari 54 persen dan mencapai nilai USD110 miliar pada 2021. Kenaikan perdagangan ini juga diikuti dengan defisit dari Indonesia yang terus menurun.

"Dan kita lihat akses pasar untuk produk-produk unggulan Indonesia makin lama makin banyak memasuki pasar Tiongkok," jelas Retno.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.