Sukses

3 Fakta Roy Suryo Sedot Perhatian Usai Unggah Foto Meme Stupa Candi Borobudur Mirip Jokowi

Roy Suryo jadi perhatian usai mengunggah foto meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di akun Twitternya, Jumat lalu 10 Juni 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) belum lama ini menjadi sorotan publik.

Hal itu lantaran Roy Suryo mengunggah foto meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi di akun Twitternya, Jumat lalu 10 Juni 2022.

Dalam unggahan tersebut, Roy Suryo memamerkan dua foto meme stupa Candi Borobudur yang diduga sudah diedit sebelumnya sehingga wajahnya mirip Presiden Jokowi.

"Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN," ucap kalimat dalam foto yang diunggah Roy Suryo.

Roy Suryo pun dituding menghina warisan budaya Indonesia, sekaligus Jokowi. Kicauan yang dimaksud akhirnya dihapus, dan di unggahan berikutnya, ia menjelaskan bahwa gambar tersebut bukanlah buah karyanya.

"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi dan dianggap 'mengedit' karena ketidakpahamannya, posting-an tersebut saya drop (hapus), case closed. Jelas-jelas sudah ada dua akun asli pengunggah sebelumnya," tulisnya menyertakan tautan kicauan yang dimaksud.

Cuitan itu masih ia kutip lagi dengan menambahkan keterangan, "Biar semakin jelas (dan tidak ada lagi BuzzerRp yang memprovokasi murahan), ini kronologi meme-meme tersebut: meme pertama diuggah @IrutPagut 07/06/22 09.36. Diunggah kembali @NewOpang 09/06/22 08.05. Meme satunya diunggah @fly_free_DY 10/06/22 17.25. URL lengkap ada di Twit sebelumnya. Ambyar."

Berikut sederet fakta terkait Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang menjadi sorotan dihimpun Liputan6.com:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Unggah Foto Stupa Candi Borobudur Mirip dengan Presiden Jokowi

Usai banyak diperbincangkan karena wacana kenaikan tarif Rp750 ribu, Candi Borobudur kembali jadi perbincangan banyak orang.

Kali ini berkaitan dengan Mantan Menpora Roy Suryo yang mengunggah foto meme stupa Candi Borobudur mirip dengan Presiden Joko Widodo di akun Twitternya, Jumat lalu 10 Juni 2022.

Dalam unggahan itu, Roy Suryo memamerkan dua foto meme stupa Candi Borobudur yang diduga sudah diedit sebelumnya sehingga wajahnya mirip Presiden Jokowi.

Dalam foto yang diunggah Roy Suryo tersebut ada tulisan, “Pantas saja tiketnya mahal. Ternyata Opung sudah buat patung "I Gede Utange Jokowi" untuk tambahan dana bangun IKN.”

Sedangkan di foto kedua, Roy mengunggah meme patung stupa Candi Borobudur yang diduga sudah diedit sehingga wajahnya mirip dengan Presiden Jokowi.

Dalam meme itu ada tulisan, "Si stupa candi borobudur ada patung dewa anyar."

 

3 dari 4 halaman

2. Unggahan Dihapus

Usai ramai di media sosial, Roy Suryo lalu meresponsnnya, dan mengatakan bahwa dirinya tidak punya niat menghina Presiden Jokowi.

"Justru itu saya sengaja MENAMPILKAN Unggahan2 yg Sudah ADA sebelumnya. Makanya saya posting LENGKAP dgn Nama pemosting pertamanya, bukan hanya Meme-nya, Jelas khan?" kata Roy Suryo.

Dirinya juga mengatakan, mereka yang mempermasalahkan unggahan tersebut sebagai orang yang tidak paham UU ITE.

"Saya juga simpan semua URL Pemosting pertamanya kok, moso' gitu nggak faham UU-ITE sebenarnya," kata Roy Suryo.

Roy Suryo sendiri telah menghapus dua unggahannya tersebut di akun resmi Twitternya.

"Agar tdk ada yg memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' krn ketidakfahamannya, Maka postingan tsb saya drop, case close," tulisnya.

 

4 dari 4 halaman

3. Sudah Klarifikasi, Tagar Tangkap Roy Suryo Tetap Bergema

Roy Suryo pun menyebut dirinya telah menghapus cuitan itu dan menyebut kedua unggahannya sudah di-posting lebih dulu di akun lain, sehingga bukan dirinya yang membuat meme tersebut.

"Agar tidak ada yang memprovokasi lagi & dianggap 'mengedit' karena ketidakpahamannya. Maka postingan tsb saya drop, case close. Jelas-jelas sudah ada dua akun asli penggunggah sebelumnya," tulis Roy Suryo melalui akun Twitternya.

Lebih lanjut ia pun memberikan kronologi munculnya meme tersebut. Ia menjelaskan beberapa akun yang lebih dulu mengunggah meme tersebut di internet.

"Meme pertama diuggah @IrutPagut 07/06/22 09.36, diunggah kembali @NewOpang 09/06/22 08.05, meme satunya diunggah @fly_free_DIY 10/06/22 17.25. URL lengkap ada di twit sblmnya," tulis Roy menjelaskan.

Meski Roy Suryo sudah menjelaskan tidak bermaksud menghina Presiden Jokowi, dirinya tetap menjadi sasaran para warganet. Bahkan, tagar #TangkapRoySuryo sempat menjadi Trending Topic di Indonesia, Rabu (15/6/2022).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.