Reshuffle Kabinet, Wapres Ma'ruf: Itu Urusannya Presiden

Oleh Delvira Hutabarat pada 15 Jun 2022, 12:42 WIB
Diperbarui 15 Jun 2022, 12:42 WIB
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin
Perbesar
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin. (Liputan6.com/Delvira Hutabarat)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden atau Wapres Ma’ruf Amin angkat bicara soal kabar reshuffle kabinet yang akan digelar di istana negara hari ini, Rabu (15/6/2022).

Ma’ruf menyebut, pernyataan resmi terkait kabar reshuffle akan disampaikan oleh Presiden Joko Widodo. Ia mengatakan, perombakan kabinet adalah wewenang dari Jokowi. "Itu tunggu saja Presiden itu, itu urusannya Presiden nanti," kata Ma’ruf Amin dalam rekaman suara saat kunjungan di Pangkal Pinang, Rabu (15/6/2022).

Ma'ruf menyatakan kepastian adanya reshuffle akan dijelaskan hanya oleh Jokowi. "Saya kira apa akan ada atau tidak nanti Presiden yang akan menjelaskan itu, kan belum ada," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle pada Rabu, (15/6/2022) sekitar pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan membernarkan hal tersebut.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi WIB.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Lutfi.

Zulhas sendiri telah tiba di Istana siang ini (15/6/2022). Selain itu, PAN juga sudah membenarkan bahwa sang ketua umum masuk jajaran Kabinet Indonesia Maju.

 

 


Lantik 3 Wamen

Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas
Perbesar
Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan atau Zulhas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Zulhas tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pukul 11.53 WIB. Dia mengenakan jas hitam, kemaja putih, dan peci bewarna hitam.

Zulhas enggan berbicara saat dicecar pertanyaan oleh awak media. Dia langsung masuk ke dalam Istana dan melambaikan saat turun dari dalam mobil.

"Setelahnya ya," ucap Zulhas.

Selain Zulhas, Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) Afriansyah Noor juga telah tiba di Istana. Dia mengaku ditunjuk menjadi Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker).

"Wamenaker," kata Afriansyah.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya