Dikabarkan Jadi Menteri, Intip Harta Kekayaan Mantan Panglima TNI Hadi Tjahjanto

Oleh Fachrur Rozie pada 15 Jun 2022, 09:56 WIB
Diperbarui 15 Jun 2022, 09:58 WIB
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan rapat kerja dengan jajaran TNI melalui video conference. Rapat tersebut dilaksanakan dengan para Kepala Staf Angkatan, Pangkotama dan seluruh Pejabat Utama TNI.
Perbesar
Marsekal Hadi Tjahjanto saat masih menjabat sebagai Panglima TNI. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, dikabarkan akan menjadi menteri dalam kabinet Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, hari ini (15/6/2022).

Hadi disebut bakal mengisi jabatan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (Menteri ATR/Kepala BPN), yang saat ini masih ditempati Sofyan Djalil.

Dalam laman laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang diakses Liputan6, Hadi Tjahjanto melaporkan hartanya pada 7 Juni 2021. Dia melaporkan hartanya saat masih menjadi Panglima TNI.

Tercatat harta yang dilaporkan Hadi secara keseluruhan sebesar Rp 20.565.908.278 atau Rp 20,5 miliar.

Hadi melaporkan memiliki enam bidang tanah dan bangunan yang berada di Jakarta Timur, Jakarta Selatan, dan Malang. Harta tidak bergerak Hadi ini tercatat senilai Rp 6.970.000.000.

Sementara harta bergerak yang dilaporkannya yakni empat alat transportasi berupa dua Toyota Innova, satu Honda CRV, dan satu sepeda motor Honda. Empat kendaraannya itu senilai Rp 486.450.000.

Harta bergerak lainnya yang tak dirinci senilai Rp 1.905.000.000. Surat berharga senilai Rp 3 miliar, kas atau setara kas lainnya senilai Rp 8.204.458.276. Hadi tercatat tak memiliki utang.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022). Pelantikan para menteri baru akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh sumber Liputan6 di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi WIB.

 

 

Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Kejengkelan Jokowi dan Ancaman Reshuffle Kabinet. (Liputan6.com/Abdillah)

Kabarnya 2 Menteri Kena Reshuffle

Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas
Perbesar
Ketua MPR Zulkifli Hasan atau Zulhas. (Liputan6.com/JohanTallo)

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul sebagai (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap dia.

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut.

Sebelumnya, Jokowi memanggil sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 sore. Mulai dari, Menteri Perdagangan (Mendag) M.Luthfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian, Wamen ATR/BPN Surya Tjandra dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya