Sukses

Jokowi Dikabarkan Reshuffle Kabinet Hari Ini, Zulkifli Hasan Jadi Menteri Perdagangan

Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi disebut akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet Indonesia Maju pada Rabu, (15/6/2022). Pelantikan para menteri baru akan dilakukan pukul 14.00 WIB di Istana Kepresidenan Jakarta.

Hal ini dibenarkan oleh sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan. Dia mengatakan, ada sejumlah tokoh yang akan mengisi posisi di kabinet.

"Hanya dua menteri (direshuffle). Pelantikan jam 14.00," kata sumber Liputan6.com di lingkungan pemerintahan, Rabu pagi.

Sumber yang sama menyebut Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan akan mengisi posisi Menteri Perdagangan (Mendag). Jika benar, Zulhas akan menggantikan posisi M. Luthfi.

Selain itu, mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga akan masuk ke kabinet dengan jabatan Menteri Agararia dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional. Dia menggantikan Sofyan Djalil.

"Mendag Pak Zul (Zulkifli Hasan). Pak Hadi sebagai Menteri ATR," ucap dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Lantik 3 Wamen

Jokowi juga dikabarkan melantik tiga wakil menteri. Namun, belum diketahui siapa saja tokoh yang akan dilantik menjadi wakil menteri.

"Wakil menteri (yang dilantik) tiga," ujar sumber tersebut.

3 dari 3 halaman

Panggil Sejumlah Tokoh

Sebelumnya, Jokowi memanggil sejumlah tokoh dan menteri ke Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 14 Juni 2022 sore. Mulai dari, Menteri Perdagangan (Mendag) M.Luthfi, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Kemudian, Wamen ATR/BPN Surya Tjandra dan Mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Jokowi dikabarkan turut memanggil Ketua Umum PAN Zulkifi Hasan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia
    Reshuffle Kabinet Jokowi - Jusuf Kalla adalah proses pergantian sejumlah menteri di struktur pemerintahan Republik Indonesia

    Reshuffle Kabinet

  • Perombakan kabinet adalah suatu peristiwa di mana kepala pemerintahan memutar atau mengganti komposisi menteri dalam kabinetnya.

    Reshuffle

  • Zulkifli Hasan