Sukses

Rachmat Gobel Dinilai Layak Jadi Capres 2024

Nama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel muncul sebagai sosok yang layak untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Nama Wakil Ketua DPR RI Rachmat Gobel muncul sebagai sosok yang layak untuk maju pada kontestasi Pilpres 2024.

Nama dia muncul saat diskusi internal yang dilangsungkan Forum Diaspora Indonesia di Jepang (Fordisia).

Koordinator Fordisia Reza Rustam menyebut, munculnya nama mantan Menteri Perdagangan menjadi calon presiden lantaran memiliki relasi bisnis dengan berbagai perusahaan.

"Dalam diskusi tersebut, Rachmat Gobel dinilai layak maju di Pilpres 2024, karena kepribadian dan relasi bisnis dengan berbagai perusahaan-perusahaan besar di Jepang yang beliau miliki," ujar Reza dalam keterangannya, Selasa (14/6/2022).

Reza menyebut, diskusi internal Fordisa digelar secara daring di Jepang untuk mengeksplorasi potensi peran aktif para diaspora Indonesia di Jepang dalam mengakselerasi pembangunan nasional, khususnya di masa pasca pandemi.

"Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh pemikiran bahwa para diaspora Indonesia, baik itu pekerja migran, mahasiswa, atau pun pengusaha memiliki kekuatan untuk berkontribusi lebih nyata dalam mengakselerasi pembangunan di tanah air, selain hanya dari sekeder memberikan pemasukan berupa devisa kepada negara," ujar dia.

Mahasiswa pascasarjana di Hiroshima University ini menjelaskan, berbagai pengalaman, pengetahuan, keterampilan, dan network internasional selama tinggal di Jepang memberikan peluang bagi masyarakat Indonesia yang pernah atau tinggal di Jepang berbuat lebih bagi kemajuan bangsa.

Dalam diskusi itu muncullah nama Rachmat Gobel yang dinilai memiliki relasi bisnis yang baik. Padahal, menurut Reza, membangun relasi bisnis dengan masyarakat Jepang sangat tidak gampang, karena standarnya tinggi.

"Artinya Pak Gobel ini sosok yang mengedepankan kualitas, kedisiplinan, dan kesetiaan dalam menjalankan usahanya. Dan ini kan memang karakter yang perlu dijunjung oleh siapapun yang tinggal di Jepang, termasuk kita orang Indonesia," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Relasi Bisnis

Selain itu, adanya relasi bisnis dengan Jepang ini menunjukkan bahwa Gobel memiliki perspektif global, hal ini sangat penting di era Industri 4.0 yang cepat dan terbuka untuk memajukan perekonomian Indonesia saat ini.

“Dengan kepribadian tersebut, ditambah dengan berbagai relasi Internasional dengan perusahaan-perusahaan besar di Jepang, seyogyanya beliau bisa memajukan perekonomian khususnya di bidang perdagangan dan industri di tanah air,” kata Reza.

Dengan demikian, menurut Reza, Rachmad Gobel sosok yang sangat layak maju di Pilpres 2024 mendatang. Pihaknya pun akan mengadakan diskusi dengan mengundang diaspora lebih banyak lagi untuk memperkuat dukungan terhadap Rachmad Gobel.

“Terkait wacana nama Pak Gobel ini, kami akan adakan forum yang lebih besar karena kami menilai secara objektif bahwa beliau ini sosok yang layak untuk memimpin negeri. Setidaknya ini menjadi salah satu sumbangsih dari kami sebagai para diaspora Indonesia di Jepang. Soal apakah beliau bisa terpilih atau tidak tentu kan itu biarkan masyarakat Indonesia seluruhnya yang menilai dan memutuskan,” jelasnya.

 

3 dari 3 halaman

Cukup Dikenal

Sementara itu, Feri Fahrianto, salah satu peserta diskusi mengutarakan bahwa munculnya nama Rachmat Gobel tersebut karena sosoknya cukup dikenal oleh para warga Indonesia di Jepang.

Feri yang merupakan mahasiswa doktoral Fukuoka University ini menilai namanya muncul dalam diskusi ini sangat wajar karena dia juga merupakan Ketua Persatuan Alumni dari Jepang (Persada).

“Bagi kami para pelajar atau mahasiswa Indonesia di Jepang, beliau ini sosok yang inklusif dan bersahabat. Dalam berbagai kesempatan, beliau meluangkan waktu untuk diskusi dengan kami di forum-forum informal dengan para pelajar Indonesia dan pekerja migran kita di Jepang. Beliau pernah menjadi Menteri Perdagangan di Kabinet Pak Jokowi periode pertama dan saat ini menjabat Wakil Ketua DPR RI. Jadi jika melihat rekam jejak tersebut wajar jika nama beliau muncul dalam diskusi kami,” tutur Feri.

Fordisia berencana mengadakan diskusi lanjutan dengan peserta yang lebih besar untuk membahas hasil-hasil diskusi tersebut, termasuk posibilitas mengusung sosok Rachmad Gobel dalam Pilpres 2024 nanti.

“Ya itu kan baru sekedar wacana saja yang muncul dalam diskusi, hasilnya perlu bahas lagi dalam forum yang lebih besar tentunya. Karena kan forum tersebut tidak untuk mengambil sikap apapun,” ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.