Sukses

Sederet Pesan Menyentuh untuk Eril Anak Ridwan Kamil

Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah memanjatkan doa untuk Eril, putranya.

Liputan6.com, Jakarta - Untaian doa dan lautan manusia mengiringi kepergian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil, ke tempat peristirahatan terakhirnya di pemakaman keluarga, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin siang, 13 Juni kemarin.

Bahkan diberitakan, peziarah yang datang bukan hanya warga sekitar. Mereka ada juga yang berasal dari Jawa Tengah. Hal ini diungkap salah satu warga yang ikut berziarah melepas kepergian putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tersebut.

"Bahkan ada yang datang dari Jawa Tengah," tutur Darya (39).

Sementara itu, Kang Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh masyarakat yang telah memanjatkan doa untuk Eril, putranya.

"Saya yang pertama menghaturkan terima kasih atas doa-doa yang dipanjatkan yang mungkin dibantu oleh media. Saya saksikan berjuta-juta sangat luar biasa kedatangan kami ke sini pun diiringi oleh doa dan dukungan dari masyarakat," ujarnya setelah prosesi pemakaman Eril telah selesai.

Dia pun meyakini, doa-doa tersebut akan membuat putranya bahagia dan tenang di tempat peristirahatan terakhirnya. Diketahui, almarhum Eril dimakamkan di sebelah Masjid Al Mumtadz yang kini tengah dalam tahan pembangunan.

Adapun masjid tersebut merupakan hasil karya Ridwan Kamil yang memiliki nama yang sama dengan putra sulungnya.

"Dear Eril. Rumah akhirmu berada di sebelah masjid. Masjid yang bertempat di kampung ibumu. Masjid yang didesain dan sedang dibangun ayahmu. Dan yang terpenting, masjid ini dinamai seperti namamu," tulis Ridwan Kamil.

Sementara itu, sederet pesan menyentuh disampaikan Atalia, istri Ridwan Kamil, setelah acara pemakaman Eril selesai. Lewat akun Instagram @ataliapr, sang ibu mengatakan dirinya ikhlas melepas kepergian sang putra, karena itu menjadi bentuk cinta yang paling tinggi dari keluarga untuk Eril.

"Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, A Eril.." tulis Atalia.

Selain dari keluarga, kekasih almarhum Nabila Ishma juga mengunggah pesan menyentuh di akun media sosialnya. Begitu mengetahui jasad Eril ditemukan pada Rabu, 8 Juni lalu, Nabila juga mengatakan dirinya sudah ikhlas.

"Aku sayang kamu ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku," tulisnya.

Berikut sederet doa serta pesan menyentuh dari keluarga untuk almarhum Eril anak Ridwan Kamil: 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Sang Bunda, Atalia Praratya

Sang ibu, Atalia Praratya menyebut sudah mengikhlaskan kepergian Eril. "Melepasmu dengan keikhlasan adalah bentuk cinta tertinggi kami padamu, a Eril," ujar Atalia dikutip dari akun Instgram pribadinya @ataliapr.

Atalia yakin Eril meninggal dengan husnul khotimah. Istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil itu berharap Eril mendapatkan tempat terbaik di sisi Sang Pencipta.

"Semoga Aa tenang di surga dalam balutan kasih sayang Allah Subahanahu wa Ta'ala. Surga yang digambarkan begitu indah yang mengalir di bawahnya sungai-sungai," kata Atalia.

Kasih sayang Atalia pada Eril juga tersirat dalam baris-baris pesan berikutnya.

"Ijinkan kami memelukmu lagi nanti bila waktunya tiba...

Tunggu ya sayang..Insya Allah kita akan bersama lagi.."

Putra sulung Gubernur Jawa Barat itu dimakamkan di Cimaung, kampung halaman sang ibu, Atalia Praratya.

Ribuan warga Jawa Barat serta peziarah dari daerah lain mengiringi perjalanan pemilik nama lengkap Emmeril Kahn Mumtadz menuju rumah akhir yang telah sediakan oleh sang ayah. Lantunan doa dan salawat dari warga yang berdiri di sebagian tepi jalan rute menuju pemakaman pun berkumandang.

Jenazah Eril pun disambut hangat masyarakat sekitar lokasi pemakaman. Berbondong-bondong mereka ingin ikut serta mengantar kepergian pemuda itu ke peristirahatan terakhir. 

3 dari 4 halaman

Pesan Sang Ayah, Ridwan Kamil

Selain Atalia, Ridwan Kamil pun ikut mengunggah pesan menyentuh usai pemakaman Eril.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu meminta izin putranya untuk melanjutkan hidup dengan semangat Eril di setiap langkah.

"Dear Eril, selamat beristirahat dengan tenang sekarang. Doa-doa kami akan selalu menerangi alam kuburmu."

"Mulai esok Ijinkan papap, mamah, zara dan arka melanjutkan kehidupan fana ini dengan semangatmu di setiap langkah kami," lanjutnya.

Terakhir, Ridwan Kamil berterima kasih atas kenangan dari sang putra.

"Hatur nuhun atas segala memori dan pelajaran itu."

Sebelumnya, jenazah Eril tiba di permakaman pukul 10.55 WIB, diiringi lantunan selawat. Sang ayah, Ridwan Kamil dan ibunda, Atalia Praratya Kamil, serta adiknya, Camillia Laetitia Azzahra dan keluarga besar turut mengiringi perjalanan Eril menuju peristirahatan terakhirnya.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rajiun telah berpulang seorang hamba Allah yang dititipkan menjadi putra kami. Eril telah selesai tugas di dunianya dengan paripurna tidak kurang tidak lebih," kata Ridwan Kamil, usai prosesi tabur bunga dan doa bersama.

Selaku orang tua, Ridwan Kamil mengaku sudah sangat ikhlas melepas kepergian sang putra tercinta. Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil meyakini, Eril saat ini dalam kondisi tenang dan bahagia.

"Eril pasti sangat bahagia dan tenang. Kami orangtuanya sudah sangat ikhlas dan mengucapkan syukur alhamdulillah ditempatkan di tempat dan proses yang baik," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Kekasih Eril, Nabila Ishma

Selain keluarga dan teman, sosok yang juga teramat kehilangan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril adalah Nabila Ishma. Usai jenazah Eril terkonfirmasi ditemukan, sang pacar menuliskan pesan di media sosialnya.

Nabila tampak tak kuasa menahan sedih tapi juga tenang karena jenazah pacarnya yang merupakan anak Ridwan Kamil itu ditemukan.

Hanya satu kalimat tulisan Nabila Ishma untuk Eril yang sungguh mendalam.

"Hati-hati di jalan ya a, aku tunggu kamu disiniii," tulis Nabila di Instagram Stories miliknya diakhiri tanda hati warna merah.

Tulisan itu diunggah Nabila dengan berlatarkan foto Eril sedang tersenyum di atas sebuah tempat yang tinggi. Di foto itu, Eril tampak sedang memperlihatkan keindahan alam yang ada di bawahnya.

Nabila juga mengatakan bahwa dirinya sudah mengikhlaskan kepergian Eril untuk selama-lamanya. Hal ini ia sampaikan lewat unggahan di akun Instagramnya sepekan lalu.

"Aku sayang kamu ril. Tapi sekarang juga aku belajar untuk menyayangi kamu karena Allah. Jadi aku ikhlas apapun rencana Allah untuk mu dan untuk aku," tulisnya.

Nabila juga mengatakan bahwa pacarnya itu merupakan sosok yang teramat baik. Sejak berpacaran, Nabila mengungkapkan sering protes karena Eril sering terlalu baik kepada orang-orang.

Namun, usai kepergian pria 23 tahun itu untuk selama-lamanya Nabila sadar bahwa kebaikan Eril yang menjadi jutaan doa yang dilantunkan oleh orang-orang untuk sang kekasih.

"Ini jadi luka yang manis karena menyaksikan banyak sekali kasih sayang yang mengalir," tulis Nabila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.