Hari Donor Darah Sedunia, Anies Apresiasi PMI DKI dan Pendonor Darah

Oleh Winda Nelfira pada 14 Jun 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 12:53 WIB
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri kegiatan sosialisasi dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia
Perbesar
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menghadiri kegiatan sosialisasi dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh pada Selasa (14/6/2022). (Foto: Humas Balai Kota)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengapresiasi Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta dan para pendonor yang telah melakukan kegiatan donor darah lebih dari 150 kali.

Hal itu disampaikan Anies ketika menghadiri kegiatan sosialisasi dalam rangka memperingati Hari Donor Darah Sedunia yang jatuh hari ini, Selasa (14/6/2022).

Anies hadir didampingi jajaran pimpinan wilayah administratif membuka acara sekaligus talkshow dengan tema "Mendonorkan Darah adalah Tindakan Solidaritas, Bergabunglah dengan Upaya dan Selamatkan Nyawa”.

Anies mengapresiasi PMI DKI Jakarta yang terus berinovasi memudahkan masyarakat yang membutuhkan darah. Selain itu, kata Anies pendonor juga telah mendapatkan kemudahan dalam melakukan kegiatan donor di berbagai wilayah di Jakarta.

"Terobosan-terobosan ini menjadi amat penting karena kebutuhan akan darah memerlukan operasi efisien yang efektif," ucapnya.

"Karena itu hari ini di saat kita memperingati hari donor darah, kita juga memberikan penghargaan kepada mereka yang telah secara ikhlas mendonorkan darahnya yang dipakai untuk menyelamatkan sesama," kata Anies di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Selasa (14/6/2022).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas konsistensi para pendonor. Menurut dia, pendonor yang secara sukarela sudah melakukan donor darah adalah pahlawan kemanusiaan, karena menyelamatkan banyak nyawa.


Makin Banyak yang Donor Darah

PNM Gelar Aksi Donor Darah dalam Rangka Perayaan Ulang Tahun ke-23
Perbesar
PT Permodalan Nasional Madani (PNM) bekerja sama dengan RSUP Fatmawati menggelar aksi donor darah pada hari ini, 13 Juni 2022 di Menara PNM, Jakarta. (Foto: Dok.Permodalan Nasional Madani)

"Penghargaan ini tentu bukan sekadar tanda untuk diri sendiri, tapi penanda untuk masyarakat agar ini menjadi inspirasi pribadi berhati mulia. Insya Allah menjadi contoh di masyarakat sekitarnya, keluarga, lingkungan, dan harapannya makin banyak lagi yang melakukan kegiatan donor," kata Anies.

Anies menegaskan bahwa Pemprov DKI Jakarta bersama PMI DKI Jakarta akan terus mendukung program donor darah. Sosialisasi kata dia, akan lebih gencar dilakukan pada kalangan anak muda, mengingat donor darah dapat menjadi gaya hidup sehat yang punya banyak manfaat untuk kesehatan.

"Melalui donor darah, kita dapat membangun rasa solidaritas generasi muda, sehingga tercipta kesatuan dan persatuan untuk mengawal keberlanjutan pembangunan serta ketahanan negara," jelas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya