Sukses

Sorot Isu Lingkungan, NasDem Lakukan Restorasi Merawat Bumi

DPP Garda Pemuda NasDem (GPND) menanam mangrove serentak di 7 Provinsi yang berpusat di DKI Jakarta, tepatnya di Kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, (13/6/2022).

Liputan6.com, Jakarta - DPP Garda Pemuda NasDem (GPND) menanam mangrove serentak di 7 Provinsi yang berpusat di DKI Jakarta, tepatnya di Kawasan Suaka Margasatwa Muara Angke, Jakarta Utara, Senin, (13/6/2022). Ketua Umum DPP GPND, Prananda Surya Paloh, mengatakan, ekosistem Mangrove dapat menjaga keseimbangan ekologis pesisir agar tetap terjaga.

“GP NasDem berkomitmen penuh memperjuangkan isu-isu lingkungan,” kata Prananda dalam keterangan tertulis diterima, Senin (13/6/2022).

Prananda menjabarkan, Indonesia memiliki garis pantai mencapai 95.181 KM. Fakta tersebut menggambarkan tantangan besar, sebab data BPS tahun 2021 mencatat luas ekosistem mangrove di Indonesia baru mencapai 3,63 Juta HA atau 20,37% dari total luas ekosistem mangrove dunia.

“Angka tersebut merupakan tantangan sekaligus kesempatan untuk Indonesia menempatkan Mangrove sebagai prioritas utama dalam upaya menjaga keseimbangan ekologis pesisir,” dorong Prananda.

Prananda berterima kasih, karena giat dilakukan kelompoknya mendapat dukungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Dia memastikan, upaya penanaman serentak ini dapat menyelesaikan dan mengantisipasi permasalahan lingkungan hidup di masa depan.

“Kita harus melihat kedepan, salah satu program ramah lingkungan adalah program yg berorientasi masa depan dan masa kini, nasdem sebagai partai modern partai yang terbuka untuk semua,” Prananda memungkasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Semangat Restorasi Merawat Bumi

Ketua Pelaksana Penanaman Mangrove GPND Peduli Mangrove, Chepy Aprianto menambahkan, penanaman manggrove tersebut merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Oleh sebab itu, panitia mengambil tema “Semangat Restorasi Merawat Bumi” sebagai bentuk kampanye atau mengajak masyarakat untuk merawat bumi.

“Kami juga berharap, KLHK selalu bersama sama anak-muda Indonesia untuk bersinergi dan bekerjasama dalam menjaga lingkungan, tidak hanya dalam konservasi Mangrove, tapi juga menjadi konsolidator menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk lebih peka terhadap lingkungan,” Pungkas pria asal Subang Jawa Barat tersebut.

3 dari 3 halaman

Kick Off Serentak

Sebagai informasi, gerakan hari ini adalah kick off serentak dengan 7 provinsi lainnya yaitu Deli Serdang-Sumatera Utara, Dumai-Riau, Balikpapan-Kalimantan Timur, Bolaang Mongondow Timur-Sulawesi Utara, Kendari-Sulawesi Tenggara, dan Probolinggo-Jawa Timur dan disambungkan melalui sambungan teleconfence.

Nantinya, hal senada akan dilakukan di 34 provinsi se Indonesia bersama GP NasDem untuk melestarikan dan menjaga alam Indonesia.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya yang juga ketua dewan pakar DPP Partai NasDem, Menteri Komunikasi dan Informatika RI sekaligus Sekretaris Jenderal Partai NasDem, Johnny G. Plate, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo, Ketua Fraksi NasDem Robert Rouw serta sejumlah anggota DPR RI dan DPRD DKI Jakarta serta pejabat eselon 1 dan 2 kementrian Lingkungan hidup dan kehutanan RI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.