Sampaikan Belasungkawa, Khofifah: Semoga Pak Ridwan Kamil dan Keluarga Diberikan Ketabahan

Oleh Huyogo Simbolon pada 12 Jun 2022, 22:56 WIB
Diperbarui 12 Jun 2022, 22:56 WIB
Khofifah
Perbesar
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melayat almarhum Eril di Gedung Pakuan, Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

 

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berduka dan turut menyampaikan ucapan belasungkawa secara langsung kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Ungkapan belasungkawa Khofifah setelah jenazah almarhum Emmeril Kahn Muntadz alias Eril, putra sulung Ridwan Kamil disemayamkan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022) malam.

"Semoga almarhum ananda Eril diterima oleh Allah, khilafnya semua diampuni Allah, dan Pak Ridwan Kamil dan seluruh keluarga mudah-mudahan dikuatkan Allah dan diberikan kesabaran, ketegaran, dan keikhlasan," tutur Khofifah.

Khofifah pun mengajak masyarakat mendoakan Eril. Ia juga mendoakan seluruh keluarga almarhum agar diberikan ketabahan dan keikhlasan dalam menghadapi musibah ini.

"Mudah-mudahan itu menjadi bagian yang mempermudah ananda Eril masuk surganya Allah," ucapnya.

Khofifah mengaku sudah berkomunikasi dengan Ridwan Kamil atas musibah yang dialami. Namun, baru pada kesempatan takziah ini ia bisa menyampaikan langsung.

"Ini baru datang, tapi kami memang sudah melakukan komunikasi via Whatsapp kepada Pak Ridwan Kamil dan ini baru menyampaikan duka cita. Pasti kita ingin memberikan kekuatan, kesabaran, dan keikhlasan beliau bahwa Allah menunjukkan kemuliaan yang begitu luar biasa pada proses pengantaran ananda almarhum Eril. Mudah-mudahan kemuliaan yang Allah tunjukan ini akan memberikan penguatan tambahan kepada keluarga," kata Khofifah menambahkan," tuturnya.

Putra sulung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz hilang terseret arus saat berenang di Sungai Aare, Swiss, Kamis (26/5/2022) lalu. Eril ditemukan di Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu 8 Juni 2022 pagi dalam kondisi utuh.

Jenazah Eril disemayamkan di Gedung Pakuan, Minggu (12/6/2022). Almarhum akan dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, Senin (13/6/2022).

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ridwan Kamil Pimpin Salat Jenazah

Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril telah tiba di Gedung Pakuan Minggu (12/6/2022) malam. Jenazah Eril akan disemayamkan di Gedung tersebut sebelum dimakamkan esok pagi.

Keluarga Eril dan pejabat Jabar langsung mensalatkan Eril. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil langsung memimpin salat jenazah untuk anak tercintanya. Setelah salat, Wagub Jawab Barat Uu Ruzhanul Ulum meminta masyarakat terus mendoakan Eril.

“Imbauan pada masyarakat tetap berdoa dan mendoakan anak pimpinan kita, mudah-mudahan masuk surga dan kami yakin itu husnul khatimah dan diterima amal baiknya oleh Allah SWT,” kata Uu, Minggu (12/6/2022).

Menurut Uu, saat ini hanya doa yang dibutuhkan Eril dan keluarga RK. “Doa yang dibutuhkan oleh keluarga dan almarhum,” kata dia.

Selain itu, Uu mengenang sosok Eril sebagai anak yang baik dan kalem. “ Orangnya kalem, tenang, memang baik orangnya,” kata dia.

 


Persilakan Warga Melayat

Sebelumnya, Ridwan Kamil dan keluarga mempersilakan masyarakat bertakziah untuk Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Gedung Pakuan mulai dari Minggu (12/6/2022) pukul 22.00 WIB hingga, Senin 13 Juni 2022 pukul 08.00 WIB.

Istri RK, Atalia Praratya meminta masyarakat yang melakukan takziah memperhatikan beberapa imbauan dan aturan, demi kelancaran acara.

“Imbauan tanpa mengurangi rasa hormat, setiap tamu yang bertakziah diimbau untuk melapor ke petugas keamanan,” tulis Atalia dikutip dari Instagram @ataliapraratya, Minggu (12/6/2022).

Atalia juga meminta masyarakat yang bertakziah tidak melakukan dokumentasi pribadi saat takziah hingga pemakaman.

“Untuk tidak melakukan dokumentasi pribadi momen takziah dan pemakaman demi kelancaran acara. Kami mohon simpati dan empatinya,” ujarnya.

Sebelumnya, jenazah Eril tiba di Gedung Pakuan Minggu (12/6/2022) pukul 20.00 WIB.

"Jika ingin takziah dipersilakan jika berkenan antara jam 22.00 Minggu malam sampai dengan jam 08.00 WIB Senin pagi di Gedung Pakuan," ujar Ridwan Kamil dalam akun Instagramnya @ridwankamil dikutip Liputan6.com, Minggu (12/6/2022).

"Jam 09.00 akan diberangkatkan ke makam keluarga di Cimaung, Banjaran, Kab. Bandung," kata Ridwan Kamil menambahi.

 

Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis 14 Hari Pencarian Eril di Sungai Aare Swiss. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya