Nostalgia Tanah Kelahiran Ibunda, Erick Thohir Ingin Potensi Majalengka Makin Berkembang

Oleh Liputan6.com pada 12 Jun 2022, 21:04 WIB
Diperbarui 12 Jun 2022, 21:57 WIB
Erick Thohir
Perbesar
Menteri BUMN Erick Thohir saat acara silaturahmi dan halal bihalal Paguyuban Warga Kabupaten Majalengka di Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Bagi Menteri BUMN, Erick Thohir, Kota Majalengka, Jawa Barat menjadi daerah yang tak akan dilupakan. Nostalgia masa kecil akan tanah kelahiran ibundanya itu terus membekas sehingga ia memiliki amanah agar berperan memajukan potensi kabupaten yang terletak di timur bumi Pasundan itu.

Hal itu diungkapkan Erick Thohir di depan warga Majalengka pada acara silaturahmi dan halal bihalal Paguyuban Warga Kabupaten Majalengka di Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022).

"Hingga kini, Majalengka selalu di hati. Bukan hanya karena ibu saya, Edna Thohir masih sering memasak makanan khas kota itu, seperti katel atau ampas di rumah, tapi saya selalu ingat momen-momen pulang kampung waktu kecil saat melewati wilayah cadas pangeran. Saya tak akan lupa kota kelahiran ibu saya, dan ingin seperti kota lainnya, Majalengka harus maju," kata dia.

Perhatian besar yang diberikan Erick Thohir kepada Majalengka cukup beralasan. Dengan posisi geografis sebagai salah satu pintu masuk ke Jawa Barat, banyak potensi yang bisa dikembangkan.

"Majalengka harus berkembang. Karena itu, kita harus memikirkan ulang potensi yang di miliki sektor pariwisata, dan UMKM. Berbagai program BUMN juga sudah berjalan di Majalengka, seperti program Mekaar dan Makmur. Di kesempatan ini saya ingin ajak seluruh warga Majalengka untuk lebih terbuka dalam mengoptimalkan sinergi, bagi kemajuan daerahnya dan negara," Erick menambahkan.

Program Makmur di Majalengka saat ini total meliputi 4.340 Ha, dan melibatkan 1.408 petani. Sedangkan di seluruh Jawa Barat terdapat 15.473 Ha, dengan 7.130 petani dengan fokus pada komoditas tebu dan padi.

Sedangkan program Mekaar yang mendorong pemberdayaan ekonomi untuk Ibu-ibu yang ingin menjadi pengusaha di Majalengka, sudah menyalurkan Rp 341 Miliar untuk 96.268 nasabah di tahun 2021 dan Rp157 Miliar serta 38.680 nasabah pada 2022.

"Saya ingin warga Majalengka menjadi motor bagi daerahnya sendiri untuk berperan lebih jauh dan berani mengambil resiko, namun tetap dalam perhitungan, agar kota ini menjadi modern dan mencapai kemajuan di berbagai sektor, terutama kemajuan ekonomi," ujarnya.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Ingin Jabar Pusat Kreatif

Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri Telkomsel Fest 2022 yang diadakan di Lapangan Brigif Manunggal Kujang II, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (11/6/2022).

Di sana, Erick Thohir menyatakan rasa salutnya atas kemeriahan industri kreatif dan panggung festival yang tumbuh di Jawa Barat.

Bahkan daerah yang kerap menjadi tren setter perkembangan seni musik dan hiburan ini akan terus didorong untuk menjadi pusat kreatif dan festival di Indonesia.

Di depan para penonton yang berjumlah 30 ribu dan mayoritas milenial tersebut, Erick ikut bernyanyi bersama para penghibur seperti Denny Caknan, Gangga, Noah, Bunga Citra Lestari, Fiersa Besari, Prince Husein dan lain-lain.

"Saya apresiasi Telkomsel yang gelar festival musik ini untuk para pelanggan. Dan kita saksikan, bagaimana 30 ribu penonton milenial nyanyi bareng. Saya rasa Jawa Barat pantas jadi pusat kreatif dan festival di tanah air. Warganya menikmati sajian musik tanpa batas. Bahkan Denny Caknan yang nyanyi dengan bahasa Jawa, tapi semua penonton yang mayoritas Sunda ikut nyanyi. Inilah Indonesia," ujar Erick Thohir, Minggu (12/6/2022).

Dalam kesempatan itu, Erick juga menyerukan solidaritas kepada kaum muda yang menjadi harapan bangsa menuju Indonesia Emas 2045.

Generasi penerus yang akan menjadi pemimpin masa depan diharapkan punya semangat merebut semua peluang sehingga Indonesia akan sukses dan mandiri.

"Momen nyanyi bareng ini harus dimanfaatkan agar kebersamaan yang muncul makin memperkuat solidaritas antar kaum muda. Ayo, terus jaga kebersamaan dan saya akan terus dorong kegiatan seperti ini agar industri kreatif kita maju," lanjutnya.

 

Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno
Perbesar
Infografis Sahabat Jadi Saingan, Erick Thohir Vs Sandiaga Uno. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya