Sukses

Potret Kala Jenazah Eril Anak Ridwan Kamil Pulang ke Tanah Air hingga Tiba di Rumah Duka

Kepulangan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil ditunggu-tunggu oleh masyarakat se-Tanah Air. Beribu-ribu orang berbondong-bondong berjajar di sejumlah tempat menunggu kepulangannya.

Liputan6.com, Jakarta Kepulangan Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, anak Ridwan Kamil ditunggu-tunggu oleh masyarakat se-Tanah Air. Beribu-ribu orang berbondong-bondong berjajar di sejumlah tempat menunggu kepulangannya.

Putra sulung Ridwan Kamil itu meninggal dunia setelah tenggelam di Sungai Aare Swiss beberapa waktu lalu.

Eril dipulangkan melalui Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Pukul 15.50 WIB, Minggu (12/6/2022), sirene patwal dan ambulans meraung menuju Cargo Jenazah Soetta untuk menjemput jenazah Eril.

Ridwan Kamil dan kakaknya, datang pukul 15.56 WIB mengenakan baju dan peci serba hitam. Begitu keluar dari mobil, Ridwal Kamil, langsung menyapa media dengan menelangkupkan kedua tangannya ke dada. 

Tak lama, istri Ridwan Kamil dan putrinya, juga datang. Pukul 15.38 WIB, keluarga diizinkan masuk ke Cargo Jenazah.

Sejumlah menteri disebut datang ke Cargo Jenazah Bandara Soekarno-Hatta. Diantaranya adalah Menteri BUMN Erick Tohir tiba, Mensesneg Pratikno, Menko PMK Muhadjir Efendi dan Ketum PSSI M Iriawan.

“Tadi di dalam kami bertemu di antaranya, Pak Menko Muhadjir, Menyeri Erick, Menyeri Teten, Mensesneg Pratikno, Ketua PSII Iriawan, kemudian Anindya Bakrie, Wali Kota Tangerang Bapak Zacky, itu mihon maaf bila ada yang terlewat,” kata Paman Eril, Elpi Nazmuzzaman, Minggu (12/6/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ridwan Kamil, Atalia dan Azzahra Dampingi di Mobil Jenazah

Usai menyelesaikan administrasi penjemputan jenazah putranya, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyempatkan diri untuk menyapa media.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada masyarakat dan media yang ikut melepas Eril.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat siap membawa jenazah putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu (12/6/2022). Ridwan Kamil langsung membawa jenazah Eril menuju Bandung Jawa Barat untuk di makamkan. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Usai mengucapkan terima kasih, Ridwan Kamil bergegas menuju mobil jenazah.

Selain Ridwan Kamil, sang bunda, Atalia Praratya beserta adiknya Camillia Azzahra, turut mendampingi jenazah di mobil jenazah, dalam perjalanan menuju Bandung.

Baik Ridwan Kamil, Atalia, maupun Azzahra mengenakan busana serba hitam pada prosesi tersebut.

3 dari 4 halaman

Tiba di Gedung Pakuan

Jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril tiba di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat. Jenazah Eril tiba pukul 20.00 WIB, Minggu (12/6/2022).

Begitu tiba, jenazah disambut oleh dua nenek Eril dari kedua orangtuanya Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang telah menunggu, Minggu (12/6/2022).

Eril akan disemayamkan di ruang utama Gedung Pakuan Bandung.

Sebelumnya, rombongan pertama tiba di Gedung Pakuan Bandung pukul 19.15 WIB.

Jenazah anak Ridwan Kamil Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril saat tiba di Gedung Pakuan, Bandung. (Liputan6.com/Huyogo Simbolon)

Jenazah Eril dibawa ke Bandung via darat setelah dipulangkan dari Swiss. Ridwan Kamil, istri dan putrinya mendampingi Eril di mobil jenazah. 

Eril dipulangkan ke Tanah Air melalui Cargo Jenazah atau human remains transit lounge di Terminal Bandara Internasional Soekarno Hatta.

Sebelumnya, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, pun meminta maaf kepada masyarakat. Sebab, kata dia, pelaksanaan penjemputan hingga pemakaman Emmeril Kahn Mumtadz, akan mengganggu kegiatan masyarakat.

"Mohon maaf apabila nanti pada pelaksanaannya ada kegiatan warga yang terdampak, baik sisi traffic maupun dari sisi situasi di lokasi," ujar Elpi, di Cargo Jenazah Soetta, Minggu (12/6/2022).

4 dari 4 halaman

Langsung Disalatkan

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin salat jenazah sang putra, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat.

Ridwan Kamil mengenakan jas, peci, dan celana hitam saat memimpin salat tersebut.

Salat dilaksanakan sekitar 20 menit setelah jenazah Eril tiba di Gedung Pakuan, Minggu (12/6/2022).

Suasana salat jenazah anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, di Gedung Pakuan, Bandung, Jawa Barat, Minggu (12/6/2022). (Youtube Humas Jabar)

Sebelumnya, jenazah Eril tiba pukul 20.00 WIB. Begitu tiba, jenazah disambut oleh dua nenek Eril dari kedua orangtuanya Ridwan Kamil dan Atalia Praratya yang telah menunggu.

Eril akan disemayamkan di ruang utama Gedung Pakuan Bandung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.